6 Cara Untuk Memperbaiki Kipas Angin Rusak Mati Total

6 Cara Untuk Memperbaiki Kipas Angin Rusak Mati Total
Cara untuk memperbaiki kipas angin rusak mati total - Kipas angin merupakan salah satu perangkat elektronika yang sering dijumpai di rumah, buat agan/sis yang merasa gerah atau kepanasan biasanya  akan mencari dan menghidupkan kipas angin, ya kalau di rumah agan/sis enggak ada AC nya Hehehe. Kipas angin juga mampu membuat sirkulasi udara dari sebuah ruangan akan bergerak dan membuat Susana lebih dingin dan sejuk.

Kipas angin merupakan perangkat elektronik yang dapat bekerja dengan menggunakan arus listrik, kipas angin memiliki peran yang sangat penting.

Terlebih di daerah yang bercuaca panas seperti di Indonesia yang memiliki iklim tropis, dengan menggunakan kipas angin akan memberikan udara yang sejuk dikala  cuaca panas terlebih dimalam hari agar tidur agan/sis gak terasa kegerahan.

Kipas angin juga bisa menggantikan peran AC , karena penggunaan daya listrik yang lebih hemat dibandingkan jika memakai AC untuk penyejuk ruangan.

Namun yang namanya perangkat elektronik pasti akan ada masa pemakainnya dan akan mengalami kerusakan, terlebih lagi sebuah kipas angin yang biasanya diaktifkan dalam waktu yang lama, pastinya akan timbul kemungkinan terjadinya kipas angin menjadi rusak.

Maka dikesempatan ini Dfixed akan mencoba mengulas dan memberikan tips untuk merawat dan cara memperbaiki kipas angin rusak, biar agan/sis gak kepanasan dan kegerahan lagi kalau sedang tidur. Hehehe

Dan bisanya kerusakan yang terjadi adalah kipas angin mati total, dan bakal tidak akan bisa dinyalakan lagi, atau kipas angin putaran nya terasa kesat.
 

Untuk langkah perbaikan kipas angin rusak bisa di lihat di bawah ini:   

1.Puratan Dinamo Kipas Angin Menghilang

Kipas angin yang mengalami kerusakan mati total biasanya ditandai dengan melemah nya putaran dimano, dan semakin kelamaan  kipas angin rusak dan tidak bisa berputar lagi.Biasanya ini disebabkan menumpuknya kotoran seperti debu, bisa jadi agan/sis kurang rajin tu buat bersihin kipas angin nya, sehingga kotoran debu menempel pada poros dinamo kipas angin.

Sebenarnya dianjurkan selalu membersihkan kipas angin jika sudah terdapat kotoran atau debu yang menempel, agar meminimalisir kipas angin rusak mati total, namum apabila kerusakan bukan diakibatkan kotoran debu, maka agan/sis harus melakukan pemeriksaan lebih dalam lagi dari kerusakan tersebut.
 

2. Periksa Rangkaian Kabel Kipas Angin

Cara memperbaiki kipas angin rusak bisa juga dengan cara melakukan pemeriksaan pada kebel power, kabel power merupakan penghantar arus menuju rangkaian elektronik yang ada di dalam kipas angin.

Bagi agan/sis yang mahir dalam bidang elektronika  bisa melakukan pemeriksaan dengan bantuan alat Multimeter, jika di temukan kerusakan pada kabel power coba segera lakukan perbaikan, dan jangan lupa kerusakan pada kelapa stop kontak juga bisa menjadi peyebab kipas angin mati total.
 

3. Memeriksa Tombol Pengatur Kecepatan

Agan/sis wajib mengecek bagian tombol pengaturan kecepatan putaran pada kipas angin. Pengecekan ini dapat dicoba dengan memakai alat multimeter di tiap koneksi kabel yang tersambung dengan panel pengatur kecepatan kipas angin. Umumnya, terdapat 2 hingga 3 buah kabel yang tersambung pada dinamo kipas angin, serta satu kabel dari sumber arus listrik.

Di saat pengecekan, pastikan agan/sis memposisikan saklar AVO meter atau multimeter di nilai x1 ataupun x10, setelah itu tempelkan probe di tiap kabel yang tersambung pada dynamo secara bergantian. Apabila jarum multimeter bergerak ke arah kanan,berarti ini masih ada koneksi serta keadaan kumparan kipas angin masih dalam kondisi normal. Namun apabila jarum mulimeter tidak bergerak,bisa dipastikan terdapat kerusakan di kabel kumparan di rangkaian elektronik kipas angin.

Mungkin bagian yang rusak ataupun putus dapat terletak pada sekering ataupun thermofuse, kapasitor ataupun bisa pula di bagian kawat kumparan.
 

4. Buka Bagian Dinamo Kipas Angin

Langkah lainya untuk memperbaiki kipas angin rusak atau mati total bisa dengan malakukan pemeriksaan pada bagian panel.Besar kemungkinan terjadi kerusakan pada kabel kumparan dinamo kipas angin,Sebagai langkah perbaikan nya agan/sis harus melakukan pembongkaran secara keseluruhan pada kipas angin yang rusak tersebut, lalu coba cari komponen sekering atau thermofuse lalu lakukan pengukuran dengan multimeter tetap posiskan saklar mulimeter atau AVO meter di posisi x1 atau x10 dan letakan probe pada masing masing kaki pada sekering thermofuse.

Jika hasil pengkuran tidak menunjukan hasil apapun, bisa dipastikan terdapat kerusakan pada sekering thermofuse maka langkahnya agan/sis harus melakukan pergantiaan pada sekering tersebut, bisa jadi itu penyebab kerusakan pada kipas angin dan kipas angin menjadi mati total.  Setelah melakukan pergantian lakukan pemasangan kembali pada seluruh bagian kipas angin dan lakukan uji coba apakan kipas angin bisa menyala kembali.
 

5. Periksa Komponen Kapasitor Kipas Angin

Tahap selanjutnya agan/sis bisa melakukan pemeriksaan pada komponen kapasitor yang terdapat pada kipas angin, kerusakan pada komponen kapasitor bisa menyebabkan putaran kipas angin lambat dan bahkan tidak bisa berputar sama sekali.Bentuk dari komponen kapasitor biasanya kotak dan berwaran hitam dan terletak di bagian belakang dynamo kipas angin.

Dan biasanya ciri-ciri komponen kapasitor yang rusak bisa dilihat dari bentuk fisik nya saja,umumnya akan mengembung atau pecah, dan jika kondisi fisik kapasitor seperti itu bisa dipastikan telah mengalami kerusakan.

Maka dianjurkan buat agan/sis segera mengganti kapasitor tersebut dengan komponen yang baru, agan/sis bisa membelinya di toko penjual sparepart elektronik, atau bisa mengambilnya dari kipas angin rusak lainya yang sudah tidak layak pakai lagi. Karena memang peyebab kipas angin rusak atau kipas angin mati total bisa berbeda-beda penyebabnya.
 

6. Periksa Bos Pada Kipas Angin

Kerusakan pada bagian Bos kipas angin bisa menyebabkan putaran kipas angin melambat dan menjadi mati total, ini disebabkan Bos pada kipas angin sudah mengalami kerusakan seperti perubahan bentuk akibat panas yang berlebih karena pergesekan antara rotor poros dynamo kipas angin. Atau minyak pelumas yang berada pada sisi bagian Bos kipas angin sudah mengering,  maka agan/sis bisa melakukan pemeriksaan dan pergantian pada Bos kipas angin, agar putaran tidak kesat kembali.
 
Demikianlah informasi dan tutorial cara memperbaiki kipas angin rusak, mungkin bagi agan/sis yang sudah terbiasa dengan dunia elektronik tidak akan merasa canggung lagi dalam melakukan oprek-oprek barang lektronika. 

Namun jika agan/sis merasa kesulitan bisa saja membawa kipas angin yang rusak ke tempat service terdekat di daerah agan/sis tinggal, dari pada harus membeli kipas angin baru lebih baik mencoba menservice sendiri atau membawanya saja ke tempat service, agar menghemat biaya.

Post a comment

0 Comments