Mengganti Touchscreen Pecah Harus Dengan LCD ? - Dfixed
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengganti Touchscreen Pecah Harus Dengan LCD ?

Apakah mengganti touchscreen yang pecah pada HP juga harus mengganti LCD
Apakah mengganti touchscreen yang pecah pada HP juga harus mengganti LCD nya? Sering orang bertanya jika ponsel yang dia miliki mengalami pecah pada layar touchscreen dan ingin melakukan pergantian, maka akan beranggapan harus mengganti LCD pada ponsel nya juga.

Pada umum nya LCD dan juga touchscreen pada perangkat HP android,tablet dan juga iphone merupakan bagian yang terpisah. Namun pada saat sekarang ini LCD dan touchscreen dijadikan menyatu dengan menggunakan sebuah lem yang sering di sebut lem Loca.

Penggunaan lem Loca ini sebenarnya memiliki tujuan yang baik, seperti halnya akan memberikan tampilan gambar dari layar HP menjadi lebih jernih dan juga mengindari masuknya debu ke sela-sela LCD pada HP.
 

Jadi apakah harus  tetap mengganti LCD jika touchscreen pada HP pecah?

Tidak semua jenis HP harus mengganti LCD jika memang touchsreen mengalami pecah atau retak. Untuk ponsel keluaran tahun 2015 kebawah biasanya touchscreen dan LCD masih dalam kondisi terpisah tanpa di rekatkan oleh lem Loca. Jadi untuk perbaikan nya cukup hanya touchscreen saja yang di ganti. Cukup banyak ponsel yang dimana touchscreen dan LCD nya terpisah seperti HP Samsung Galaxy Grand prime, Nokia windows mobile, Oppo Neo 3, ponsel advan, evercoss dan merek lainya. 

Bagimana dengan ponsel tipe keluaran terbaru sekarang ini, apakah LCD dan Touchscreen nya menyatu?

Untuk jenis HP keluaran 2016 ke atas sudah mengusug konsep LCD dan touchscreen yang menyatu. Maka untuk mengganti touchscreen nya jika pecah cukup sulit. Mau tidak mau beberapa orang dan juga teknisi perbaikan HP langsung mengganti LCD 1 set bersama touchscreen nya.

Namun untuk para teknisi yang memiliki modal yang lumayan besar bisa membeli sebuah alat pemisah LCD dan touchscreen pada HP yang di sebuat Separator LCD. Harga alat ini memang cukup mahal di kirasan harga 1juta ke atas. Namun ada juga cara yang anti-mainstream yaitu dengan memanaskan LCD dengan setrika dan memisahkan touchscreen dengan bantuan kabel baja berdiameter kecil.

Memisahkan LCD dengan separator LCD
Tapi tidak hanya cukup menggunkan alat LCD Separator itu saja, ada lagi alat yang disebut Bubble Remover. Alat ini berfungsi untuk menghilangkan gelembung udara yang terjebak antara LCD akibat proses pemasangan touchscreen yang baru dengan menggunkan lem Loca. Bubble Remover ini memiliki sistem kerja memberikan uap panas pada LCD HP dan juga memberikan tekanan udara, sehingga gelembung udara yang terjebak akan hilang.

Dan satu lagi alat yang diperlukan untuk proses pemasangan touchscreen adalah lampu UV. Dimana fungsi Lampu UV ultra violet ini untuk mengeringkan lem Loca. Karena memang lem Loca ini tidak bisa di keringkan dengan sinar matahari ataupun tiupan udara. Maka perlu di lakukan penyinaran dengan batuan Lampu UV ultra violet.

Alat untuk memisahkan dan memasang touchscreen ke LC 

Apakah Touchscreen pada layar AMOLED bisa diganti?

Layar ponsel berjenis AMOLED ini sering dipakai untuk produk HP keluaran Samsung berjenis flagship. Karena memang jenis layar AMOLED ini memiliki kualitas yang baik dan juga memiliki harga yang cukup mahal.

Lalu apakah touchscreen pada layar AMOLED bisa diganti? Sepertinya mustahil untuk mengganti layar touchscreen pada LCD AMOLED. Karena jenis touchscreen nya merupakan lembaran yang sangat tipis. Sedangkan untuk Layar pada sisi luar LCD AMOLED merupakan glass yang sering orang sebut Gorilla Glass. Kalau glass ini mengalami pecah ataupun retak masih bisa dilakukan pergantian, karena tidak akan mengganggu kinerja dari touchscreen.

Namun tetap saja untuk mengganti Gorilla Glass pada layar AMOLED tetap memerlukan alat2 yang telah disebutkan diatas. Dan juga tingkat kesulitanya cukup tinggi. Maka hanya orang ataupun teknisi yang memiliki keahlian khusus saja yang bisa mengerjakan nya.

Jadi kesimpulanya tidak harus mengganti LCD juga apabila touchsreen mengalami pecah atau retak. Karena beberapa jenis ponsel keluaran lama cukup gampang untuk memisahkan touchscreen dari LCD nya. Namun untuk tipe HP keluaran terbaru hampir semua touchscreen di satukan ke LCD dengan bantuan Lem Loca. Maka perlu keahlian khusus untuk memisahkan layar touchscreen.

Semoga informasi ini bisa bermanfaat ya buat kamu. Jadi tidak bakal bingung lagi soal pergantian touchscreen pada sebuah smartphone android ataupun iPhone. Terimakasih.

Post a comment for "Mengganti Touchscreen Pecah Harus Dengan LCD ?"