-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Langkah Memperbaiki Sensor Proximity Rusak Atau Error

6 Langkah Memperbaiki Sensor Proximity Rusak Atau Error

Bagaimana cara memperbaiki sensor proximity rusak atau error? Sensor proximity merupakan hardware yang memiliki fungsi untuk memadamkan layar ponsel smartphone disaat agan/sis melakukan panggilan telepon. Dimana sensor proximity ini akan menjalankan fungsi nya saat ponsel di dekatkan ke telinga. 

Hal ini agar layar sentuh pada ponsel tidak menjadi tersentuh dengan sengaja di saat agan/sis melakukan panggilan telepon.

Umumnya hardware proximity ini dirancang sangat kuat di sebuah ponsel smartphone seperti iphone. Atau jenis ponsel android seperti samsung, xiaomi, lenovo, vivo, oppo, sony xperia, nokia dan juga berbagai merek ponsel smartphone lainya.


Beberapa penyebab yang menjadikan sensor proximity rusak atau bermasalah antara lain :

  • Mungkin agan/ sis tidak sengaja menjatuhkan ponsel smartphone sangat kuat dan menghantam pada bagian earpiece atau speaker telinga pada ponsel.
  • Ponsel yang tertekan tanpa sengaja dalam waktu yang cukup lama pada bagian sisi depan ponsel.
  • Gangguan atau kerusakan pada sistem software ponsel smartphone.


Namun terkadang tanpa adanya penyebab seperti yang Dfixed sebutkan diatas. Bisa saja sensor proximity mengalami masalah, error, rusak atau tidak berfungsi. Dan pastinya hal itu akan membuat agan/sis kerepotan di saat menggunakan  ponsel untuk melakukan panggilan telepon. Dan kerusakan pada sensor proximity bisa juga menyebabkan masalah di saat agan/sis melakukan panggilan video call dengan menggunakan aplikasi seperti WhatsApp, Facebook atau jenis aplikasi yang berfitur video call.

Karena disaat agan/sis mencoba melakukan panggilan lewat video call maka layar ponsel akan langsung gelap atau padam. Sehingga agan/sis bakal tidak bisa melihat wajah lawan bicara, apalagi kalau lawan bicara nya itu pacar agan/sis waduh bisa repot tuh urusannya. Hehehehe

Namun jangan khawatir agan/ sis sekalian, di kesempatan ini Dfixed akan memberikan cara untuk memperbaiki sensor proximity yang bermasalah, error, rusak atau tidak berfungsi.
 

Berikut ini adalah 6  cara untuk memperbaiki sensor proximity HP yang bermasalah, error, rusak atau tidak berfungsi

 

1.LAKUKAN RESTART PONSEL

Cara ini bisa dilakukan sebagai langkah awal untuk mengatasi sensor proximity yang bermasalah atau error. Dengan melakukan restart pada ponsel akan mengembalikan kondisi ponsel kembali normal dan semua fungsi software kembali berjalan optimal.

2.GANTI TEMPERED GLASS

Terkadang sering Dfixed temukan masalah sensor proximity yang tidak bisa berfungsi disebabkan penggunaan anti gores atau tempered glass yang tidak sesuai dengan tipe ponsel smartphone. Kenapa bisa terjadi? Hal ini disebabkan tertutupnya area sensor proximity pada bagian depan ponsel oleh penggunaan tempered glass yang tidak cocok atau terlalu tebal.
 
Maka untuk langkah mengatasinya coba lakukan pelepasan pada anti gores tempered glass secara perlahan. Agan/sis bisa menggunakan bantuan kartu nama dengan ukuran tipis dan memberikan udara panas dari hair dryer agar lem perekat tempered glass menjadi lunak.

Cara ini agar menghindari terjadinya pecah layar touchscreen pada ponsel smartphone. Setelah melepas anti gores atau tempered glass maka coba uji kembali fungsi dari sensor proximity di ponsel agan/sis apakah bisa berfungsi dengan normal.

Coba lakukan panggilan telepon atau video call apakah layar langsung padam atau gelap secara tiba-tiba?

Dalam kondisi normal sensor proximity akan berfungsi baik jika ponsel di dekatkan ke telinga. Dan jika ponsel dijauhkan maka layar ponsel akan kembali menyala.

Apabila tetap tidak ada perubahan kemungkinan besar terjadi kerusakan pada sistem software atau komponen internal ponsel.

3. KALIBRASI SENSOR PROXIMITY

Jika setelah melakukan restart ponsel dan juga pergantian pada tempered glass namun belum memberikan hasil terbaik. Maka agan/sis bisa mencoba melakukan kalibrasi pada sensor proximity.

Cara ini terbukti sukses Dfixed lakukan di berbagai jenis tipe smartphone merek Xiaomi, agan bisa mencobanya dengan menggunakan kode rahasianya sebagai berikut:

  • Ketik kode * # * #6484 # * # * atau * # * #64663 # * # * pada dialpad ponsel Android Xiaomi.
  • Setelah itu agan/sis akan diarahkan ke menu hardware Test > pilih Proximity sensor > tekan tombol kalibrasi
  • Pastikan hasil kalibrasi menunjukan hasil sukses.
  • Langkah selanjutnya lakukan restart kembali pada ponsel Xiaomi dan coba agan/sis tes kembali dari kinerja sensor proximity nya.


 4. BERSIHKAN SENSOR PROXIMITY

Untuk melakukan pembersihan pada sensor proximity maka agan/sis harus melakukan pembongkaran pada ponsel smartphone android ataupun juga iphone.

Biasanya sensor proximity yang tidak berfungsi atau error bisa disebabkan terjadi penumpukan debu pada area tersebut. Maka agan/sis bisa membersihkan nya dengan menggunakan tisu, cotton bud atau juga dengan kuas yang halus.

Pastikan seluruh kotoran dan debu tidak ada lagi. Lalu pasang kembali seluruh bagian ponsel dan uji kembali fungsi dari proximity nya. Jika kondisi sensor proximity tetap tidak berfungsi dengan baik maka bisa dilakukan perbaikan selanjutnya.

5. INSTALL ULANG PONSEL

Melakukan install ulang ponsel dengan menggunakan Stock ROM yang sesuai tipe ponsel bisa memperbaiki masalah pada error software. Tidak menutup kemungkinan kerusakan pada fitur sensor proximity bisa diatasi dengan melakukan install ulang pada smartphone.

Tidak hanya kerusakan pada sensor proximity saja, namun dengan menginstal ulang ponsel maka kerusakan seperti masalah Touchscreen, hilang sinyal dan juga masalah insert SIM Card juga bisa teratasi.

Coba agan/sis lakukan install ulang dengan firmware sesuai dengan jenis dan tipe ponsel milik agan/sis sekalian. Untuk program nya seperti Miflash, SP tools, Miracle Box dan jenis program lainnya bisa dicari melalui Search Google.


6. GANTI HARDWARE SENSOR PROXIMITY

Ganti Sensor Proximity
Langkah terakhir adalah dengan cara mengganti komponen dari sensor proximity. jika setelah melakukan beberapa langkah seperti install ulang hingga pembersihan sensor namun tetap belum memberikan hasil terbaik. Maka disarankan agan/sis melakukan pergantian pada komponen sensor proximity.

Atau ada langkah yang lebih efektif yaitu dengan mencopot saja sensor nya. Maka masalah error pada sensor proximity yang menyebabkan layar padam bisa teratasi.

Namun efek samping nya layar ponsel akan tetap menyala di saat kita melakukan panggilan telepon. Namun hal ini bisa diatasi dengan menginstal beberapa jenis aplikasi lock screen pada ponsel android.

Demikianlah beberapa langkah cara perbaikan sensor proximity error atau rusak. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi agan/sis semua. Thanks

Posting Komentar untuk "6 Langkah Memperbaiki Sensor Proximity Rusak Atau Error"