Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Dan Trik Memperbaiki Baterai Tanam Ponsel Yang Rusak

Bagaimana cara memperbaiki baterai tanam ponsel yang rusak? - Perkembangan teknologi terutama di  perangkat elektronik seperti ponsel smatphone semakin pesat dan cukup banyak brand yang bersaing. Seperti halnya merek ponsel Samsung galaxy, xiaomi, vivo, Lenovo, oppo, nokia, sony xperia dan juga bermacam merek ponsel lain nya.

Dan hampir rata-rata ponsel tipe sekarang menggunakan baterai tanam (Non-removable battery). Penggunaan baterai tanam ini memang la sangat efisien dan biasanya memiliki daya yang cukup besar. Sehingga ponsel bisa bertahan cukup lama di saat agan/sis gunakan.

Namun apa jadinya bila terdapat masalah atau kerusakan pada baterai tanam (Non-removable battery) pada ponsel. Dan mengkibatkan ponsel menjadi terganggu kinerjanya.
 

Beberapa tanda dan gejala kerusakan baterai tanam pada ponsel android ataupun iPhone:

  • Ponsel tidak bisa dinyalakan.
  • Ponsel didak dapat dilakukan pengisian daya atau di charger.
  • Ponsel menjadi restart terus menerus tanpa bisa masuk ke menu utama.
Setelah agan/sis mengetahui gejala kerusakan dari sebuah baterai tanam ponsel, lalu bagaimana cara untuk memperbaiki nya. Untuk cara mudah nya sih memang dengan cara mengganti saja dengan baterai yang baru. Namun terkadang baterai baru memiliki kualitas yang lebih rendah dibandingkan dengan baterai original ponsel itu sendiri.

Maka di kesempatan ini Dfixed akan berbagi cara bagaimana mempertahankan baterai original dari ponsel dengan cara memperbaiki nya. Dan biasanya kerusakan baterai sering disebabkan masuknya tegangan yang berlebih di saat agan/sis melakukan pengisian daya. Kemungkinan ini bisa terjadi akibat penggunaan charger yang kurang bagus atau pun tegangan listrik yang tidak setabil pada rumah agan/sis tinggal.

Sehingga menyebabkan kerusakan komponen elektronika seperti sekering pada papan sirkuit protector baterai tanam (Non-removable battery).
 

Untuk melakukan perbaikan baterai tanam ponsel android atau iPhone bisa dengan menggunakan cara berikut ini:

PERIKSA KOMPONEN SEKERING

Pada gambar diagram yang Dfixed berikan terlihat komponen sekering yang terletak pada papan sirkuit protector, coba lakukan pengkuran dengan menggunkan multimeter atau AVO meter. Jika hasil pengukuran tidak menujukan hasil apa-apa. Bisa dipastikan komponen sekering  rusak sehingga ponsel tidak bisa meyala.

Tips Dan Trik Memperbaiki Baterai Tanam Ponsel Yang Rusak

Untuk membuka bagian papan protector baterai cukup gampang karena hanya terbungkus oleh bahan sejenis lakban saja. Namun tetap lakukan pembongkaran secara hati-hati agar tidak terjadi krusakan yang semakin parah seperti baterai bocor.

Jika memang ternyata komponen sekering rusak bisa dilakukan pergantian dengan komponen sejenis. Agan/sis bisa mendapatkan nya pada baterai ponsel lain nya yang sudah tidak terpakai. Namun apabila tidak ada komponen perngganti maka cukup lakukan jumper jalur saja pada sekering yang rusak tadi. Letak komponen sekering pada baterai tanam ponsel berbeda-beda. Namun jenis dan bentuk nya tetaplah sama.
 

UJI KONDISI PONSEL

Setelah agan/sis berhasil mengganti komponen sekering atau melakukan jumper jalur. Maka langkah berikutnya uji kondisi, pasang kembali baterai pada ponsel dan coba nyalakan kembali ponsel android atau iPhone milik agan/sis. Jika ponsel kembali meyala maka cara ini sukses. Dan agan/sis bisa memasang kembali seluruh bagian ponsel ke posisi semula.

Namun jika ponsel tetap tidak bisa menyala besar kemungkinan komponen IC pada sirkuit protector baterai tanam (Non-removable battery) rusak.

Atau bisa juga terjadi kerusakan pada komponen internal ponsel lain nya. Maka harus dilakukan analisa lebih dalam lagi.

Jika agan/sis kesulitan dalam menganalisa kerusakan pada komponen internal pada ponsel maka dianjurkan membawa ponsel ke tempat service terpercaya di dekat agan/sis tinggal.

Demikianlah tutorial, tips dan trik untuk memperbaiki baterai tanam ponsel yang rusak, semoga cara ini bisa bermanfaat bagi agan/sis ya. Thanks.

Posting Komentar untuk "Tips Dan Trik Memperbaiki Baterai Tanam Ponsel Yang Rusak"