Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

How To Test Point Xiaomi Mi6 : Unbrick Method

How To Test Point Xiaomi Mi6 : Unbrick Method

Metode Unbrick Testpoint Xiaomi Mi6 - Smartphone flagship baru Xiaomi Mi 6 merupakan salah satu smartphone dengan fitur dan spesifikasi yang cukup mantap.

Namun sebelum membahas lebih lanjut cara test point smartphone android Xiaomi Mi6 yang mengusung chipset Snapdragon 835 milik Qualcomm, yuk kita sedikit mengenai spesifikasi perangkat smartphone Android Xiaomi Mi 6 ini.

Spesifikasi Smartphone Android andalan Xiaomi Mi 6


Dari segi spesifikasi, itulah alasan mengapa orang selalu melihat Xiaomi. Karena brand ini selalu menawarkan spesifikasi komponen dengan grade yang tinggi namun harganya yang paling terjangkau. Begitu pula dengan Mi 6 yang tentunya juga menawarkan spesifikasi flagship-class yang bisa menjadi alternatif yang lebih terjangkau untuk produk kelas iPhone 7, Samsung Galaxy S8, dan LG G6.

Mi 6 memiliki layar IPS 5.15 inci dengan resolusi Full HD, digerakkan oleh 2.45GHz Snapdragon 835 SoC (Octa-Core Kryo 280 + GPU Adreno 540), RAM 6GB, dan penyimpanan internal 64GB.

Untuk fitur kamera, perangkat ini dilengkapi dengan sensor Sony Exmor RS IMX386 12MP+ 12MP dengan spesifikasi sensor utama seperti ukuran sensor 1/2,9 inci, lensa 27mm, ukuran piksel 1,25 μm dan aperture f/1.8, dan dukungan OIS 4-sumbu. Meskipun sensor kedua memiliki fungsi Tele, sensor ini memiliki ukuran lensa 52mm, ukuran piksel 1,0 μm, serta aperture f/2.6. Di bagian depan, terdapat sensor 8 MP untuk kamera depan.
kamera ganda

Mi 6 mendukung pengisian cepat Qualcomm dari Quick Charge 3.0, di mana baterai non-removable yang terpasang memiliki kapasitas 3.350 mAh. Kemampuan lain yang juga tersedia termasuk akselerometer, gyro, proximity, kompas, dan barometer. Mi 6 memiliki konektivitas USB Type C serta konektivitas lainnya seperti NFC, Wi-Fi, dan tentunya Bluetooth.

Mi 6 hadir dengan slot kartu SIM ganda, yang sudah mendukung jaringan 4G LTE. Hanya saja perangkat ini tidak memiliki dukungan slot kartu Micro SD untuk tujuan ekspansi memori tambahan. Selain itu, meski belum dilengkapi dengan slot jack 3,5mm untuk kebutuhan earphone, perangkat ini sudah dilengkapi dengan speaker stereo untuk kebutuhan multimedia.


Kita kembali ke diskusi tentang cara Test Point Xiaomi Mi6

Jajaran smartphone baru Xiaomi yang dikeluarkan oleh Xiaomi saat ini memang hadir dengan konfigurasi bootloader yang terkunci secara default.

Kelemahan dari ini adalah bahwa jika perangkat itu brick atau sering disebut sebagai hardbrick dengan kondisi seperti HP akan terjebak pada logo Mi, atau terjebak dalam mode Fastboot atau bahkan benar-benar mati hanya getar yang ditemukan jika menekan tombol daya, maka cara untuk memperbaikinya adalah dengan mem-flash-nya kembali.

Namun, sangat disayangkan bahwa flashing ulang akan sangat tidak mungkin dilakukan pada Xiaomi dengan kondisi bootloader yang terkunci.

Meski dulu smartphone Xiaomi bisa di flash dengan menggunakan mode EDL, kini fitur EDL dikunci oleh Xiaomi, dan Xiaomi hanya mengizinkan penggunanya ke Fastboot untuk menginstal ulang, jika perangkat Xiaomi telah membuka kunci Bootloader.

Tahukah Anda bahwa masih ada satu cara lagi untuk memperbaiki Xiaomi Mi6 yaitu mengalami masalah seperti hard brick, bootloop dengan flashing melalui metode Test Point?

Namun, ditekankan di sini bahwa Anda memerlukan keahlian khusus dalam mengikuti tutorial ini, karena metode ini berhubungan langsung dengan perangkat keras pada smartphone android Xiaomi Mi6, berikut caranya:


Cara Test Point Xiaomi Mi6 untuk unbrick dan mengatasi bootloop

  • Siapkan Xiaomi Mi6 yang sudah dalam kondisi hardbrick, mati total bergetar atau semacamnya, lalu buka casing belakang smartphone dengan hati-hati agar tidak merusak komponen lainya.
  • Kemudian Anda akan melihat komponen pelindung motherboard, di sini Anda perlu melepas pelindung dan Anda hanya akan melihat 2 pin Test Point yang akan digunakan nanti, yang terletak di kiri atas.
  • Harap sambungkan kedua pin ini menggunakan kawat, pinset, atau benda besi lainnya.
  • Terakhir, jika ponsel telah terdeteksi pada PC atau laptop dan proses instalasi Driver Qualcomm berjalan silahkan flash perangkat Xiaomi Mi6 dengan menggunakan aplikasi Mi flash tools.

How To Test Point Xiaomi Mi6 : Unbrick Method
Metode Unbrick Test Point Xiaomi Mi6 memang terkesan sederhana, namun tantangannya adalah ketika melepaskan casing belakang smartphone yang jika rusak akan sulit dipasangkan kembali.

Oleh karena itu, diperlukan kemampuan khusus untuk menggunakan metode test point Xiaomi Mi 6 ini dan tidak semua orang bisa menerapkannya.

Posting Komentar untuk "How To Test Point Xiaomi Mi6 : Unbrick Method"