5 Cara Memperbaiki Mesin Cuci Rusak 1 Tabung Dan 2 Tabung

5 Cara Memperbaiki Mesin Cuci Rusak 1 Tabung Dan 2 Tabung

Beberapa langkah untuk memperbaiki mesin cuci rusak - Perangkat  elektronik seperti mesin cuci bukan lagi merupakan sebuah barang mewah. Hampir di setiap rumah tangga akan memiliki salah 1 barang elektronik ni. Yang pastinya dengan menggunakan mesin cuci  akan meringankan tugas mencuci agan/sis sekalian.

Dengan harga yang relative terjangkau mesin cuci memiliki fitur yang berdeda beda. Dan bisanya merek yang bersaing antara lain seperti mesin cuci Samsung, mesin cuci LG, mesin cuci polytron ataupun mesin cuci sharp.

Namun harus di ketahui juga agan/sis cukup sering terjadi kerusakan pada mesin cuci atau washing machine, walupun kerusakan itu merupakan kendala kecil saja.

Tapi tidak menutup kemungkinan terjadi juga kerusakan lebih berat apalagi kalau mesin cuci sering agan/sis gunakan setiap hari untuk kegiatan mencuci pakaian. Kerusakan berat yang sering terjadi pada mesin cuci seperti mesin yang tidak mau berputar, atau mesin pengering juga tidak mau bekerja atau berputar.

Kerusakan berat ini sering di jumpai di mesin cuci  dua tabung. Yang terdiri oleh tabung untuk mencuci, bilas dan tabung pengering pakaian.

Maka di kesempatan ini Dfixed akan menjelaskan penyebab kerusakan mesin cuci dan juga langkah perbaikan nya sesuai dengan jenis-jenis mesin cuci tersebut.
 

Langkah dan cara memperbaiki kerusakan mesin cuci sesuai dengan kerusakan yang dialami

Sebelum agan/sis mencoba memperbaiki kerusakan pada mesin cuci maka coba dulu cari penyebab kerusakan nya . Dan bisanya kerusakan yang sering terjadi adalah tidak mau berputarnya mesin atau dimano (motor listrik) dan hanya terdengar suara dengung saja.

Dan juga kerusakan lain seperti terjadi masalah pada tabung pengering yang tidak mau berputar,  mesin cuci yang tidak mau membilas, atau mesin cuci yang bocor. Maka untuk mencoba memperbaiki mesin cuci  rusak di anjurkan agan/sis memahami dasar elektronika ya. Namun bagi agan/sis yang sudah paham luar kepala tentang elektronika ya pastinya cukup gampang dalam menganalisa dan memperbaiki kerusakan yang terjadi pada mesin cuci.

Bagi agan/sis yang membeli mesin cuci dan umur pakainya masih dalam beberapa bulan saja dan mengalami kerusakan bisa membawa nya kembali ke toko pembelian dan ajukan garansi. Namun apabila garansi telah habis dan mesin cuci mengalami kerusakan maka bisanya pihak toko akan meminta biaya ongkos perbaikan yang lumayan cukup mahal tergantung dari jenis kerusakan nya.

Maka di situasi seperti itu lah agan/sis bisa mencoba memperbaiki kerusakan mesin cuci sendiri tanpa harus membawa ke tempat service. Dan pastinya kan menghemat biaya juga kan. Hehehe.
 

1.MEMPERBAIKI MESIN CUCI BERDENGUNG DAN TIDAK BERPUTAR

Perlu agan/sis ketahui kenapa bisa terjadi suara berdengung dan mesin cuci tidak berputar. Ini bisanya terjadi akibat beban yang berlebihan atau overload, sehingga mesin, dynamo atau motor listrik mesin cuci kesulitan untuk bergerak.

Hal ini sering terjadi pada mesin cuci  2 tabung atau mesin cuci 1 tabung, pingin nya agan/ sis mencuci seluruh pakaian namun mengakibatkan overload dan mesin cuci tidak dapat berputar.

Untuk cara mengatasinya coba keluarkan dahulu seluruh pakaian dan dan buang air yang ada di tabung mesin cuci. Dan coba putar timer untuk memastikan dynamo atau motor listrik mesin cuci bisa berputar dan bekerja dengan baik.

Dan untuk mesin cuci 1 tabung bisanya sudah memiliki sensor pendeteksi kelebihan beban atau overload, maka apabila sensor menunjukan hal tersebut maka agan/sis bisa mengurangi jumlah cucian pakaian yang ada di dalam tabung mesin cuci.
 

2.CARA MENGATASI DYNAMO MESIN CUCI TIDAK BERPUTAR SAMA SEKALI

Berbeda hal nya dengan masalah mesin cuci tidak mau berputar di akibatkan beban berlebihan( over load ). Kasus kerusakan ini berbeda, walupun kondisi tabung kosong tanpa ada pakaian dan agan/sis mencoba memutar timer maka dynamo penggerak mesin cuci tidak berputar dan hanya terdengar suara dengung saja. Kerusakan seperti ini bisa disebakan kabel yang terputus di dalam rangkaian elektronik mesin cuci. Sehingga tegangan tidak tersalur optimal ke dynamo motor penggerak mesin cuci.

Kerusakan kabel bisa disebabkan korosi akibat air, kelembapan udara atau malah kabel di gigit tikus tuh. Memang biasanya ada beberapa bagian di sisi bawah atau belakang mesin cuci yang rawan dan dapat di masuki tikus.

Untuk langkah perbaikan nya maka agan/sis bisa memeriksa bagian belakang dan melihat kondisi instalasi kabel dan rangkaian elektronik pada mesin cuci apakah terjadi kerusakan.

Jika memang terdapat beberapa gigitan tikus di kabel, maka bisa dilakukan penyambungan kembali pada kabel tersebut. Tapi seandainya kondisi kabel sudah cukup parah dan sulit untuk dilakukan perbaikan. Maka agan/sis bisa membeli kabel baru untuk mesin cuci di toko sparepart elektronika di dekat tempat tinggal agan/sis sekalian.

Untuk instalasi kabel pada mesin cuci 1 tabung terdapat di bagian depan modul panel pengatur mesin cuci dan juga di bagian belakang nya. Berbeda dengan mesin cuci 2 tabung , kebel instalasi kelistrikan terdapat dibagian belakang dan terhubung dengan beberapa komponen kapasitor.

Agan/sis juga bisa memberikaan beberapa kapur barus dibagian belakang mesin cuci untuk mencegah tikus datang kembali. Setelah melakukan perbaikan instalasi pada kabel mesin cuci yang rusak.
 

3.CARA MENGATASI KERUSAKAN PENGERING MESIN CUCI TIDAK BISA BERPUTAR

Kerusakan pada bagian tabung pengering mesin cuci sangat sering sekali terjadi. Untuk memperbaiki masalah kerusakan pada bagian tabung pengering mesin cuci sebenarnya sangat gampang agan/sis. Biasanya sih kerusakan nya  pada door switch, door switch merupakan sensor di mana saat agan/sis menutup pintu tabung pengering pada mesin cuci 2 tabung. Maka proses pengeringan pakaian akan berjalan dengan di tandai berputarnya dynamo mesin pengering.

Dan biasanya apabila komponen door switch rusak akan menyebabkan tidak terjadi putaran pada tabung pengering. Dan bisa juga kerusakan pada tabung pengering mesin cuci di sebabkan oleh komponen kapasitor yang bermasalah.

Untuk langkah terbaiknya harus mengganti komponen yang rusak seperti door switch ataupun kapasitor. 
 Namun jika proses pergantian sudah dilakukan akan tetapi tabung pengering mesin cuci tidak  bekerja juga. Besar kemungkinan gulungan pada dynamo terbakar atau korosi diakibatkan korslet akibat air.
Baca Juga: 6 Cara Untuk Memperbaiki Kipas Angin Rusak Mati Total 

4.CARA MENGATASI MESIN CUCI TIDAK BISA MEMBILAS DENGAN BERSIH

Masalah ini bisa agan/sis amati apabila setelah selesai mencuci pakaian dengan mesin cuci. Coba lihat biasanya akan tersisa tumpukan busa deterjen atau pasir yang tidak bisa hilang.

Beberapa penyebab terjadinya mesin cuci tidak bisa membilas dengan bersih antara lain:

  • Kelebihan beban pada jumlah pakaian yang dimasukan, sehingga putaran dynamo mesin cuci melambat dan tidak maksimal.
  • Jumlah air yang dimasukan terlalu sedikit, membuat putaran berat dan pakaian tidak terendam secara keseluruhan.
  • Terlalu banyak menambahkan deterjen, memberikan deterjen berlebihan malah membuat pakaian tidak bersih dan masih terdapat banyak busa.
  • Water filter tersumbat atau banyak kotoran, sehingga air yang kotor tidak bisa tersaring dan bercampur ke pakaian.
Dan hal lain yang meyebabkan mesin cuci tidak dapat mencuci dengan bersih di sebabkan terdapat kotoran pada bagian dasar tabung. Dan hal itu sering di jumpai di jenis mesin cuci 1 tabung karena bagian dalam nya yang lebih kompleks sehingga sulit untuk di bersihkan.

Berbeda dengan model mesin cuci 2 tabung yang di disain lebih sederhana, sehingga kotoran tidak gampang tersangkut.
 

5.CARA MENGATASI MESIN CUCI YANG BOCOR

Mungkin agan/sis jengkel ya melihat mesin cuci yang selalu bocor dan membasahi lantai. Atau disaat ingin mengisi tabung malah air tetap keluar terus di selang pembuangan, ya pastinya tabung mesin cuci gak akan bakal penuh ya.

Hal ini bisa di sebabkan oleh karet seal yang sudah mulai keras. Atau bisa juga per pada pengait karet seal pada saluran pembuangan sudah kendor atau patah.

Untuk cara megatasi kerusakan dan masalah mesin cuci bocor maka agan/sis bisa melakukan pergantian pada karet seal atau per nya. Bawa contoh karet seal di saat agan/sis ingin membeli nya di toko sparepart. Karena karet seal banyak perbedaan dan jenis nya antara mesin cuci 1 tabung ataupun mesin cuci 2 tabung. Maka dianjurkan membawa contoh karet seal dan per agar tidak terjadi kesalahan pembelian.

Seal mesin cuci bocor
Demikianlah beberapa cara untuk memperbaiki masalah mesin cuci rusak, mungkin saja agan/sis bisa memperbaikinya sendiri tanpa harus membawanya ke tempat service, dan bakal menghemat biaya kan. Dan jangan lupa utamakan keselamatan juga di saat memeriksaa kerusakan mesin cuci ataupun jenis barang elektronika lainya. Thanks

Post a comment

0 Comments