Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Rangkaian Power Bank Sederhana

Cara Membuat Rangkaian Power Bank Sederhana - Mungkin beberapa dari agan/sis memiliki aktifitas lebih di outdoor dan harus menggunakan ponsel saat bekerja. Tentu saja posel membutuhkan sumber daya tambahan jika baterai ponsel mulai habis. Tidak ada salahnya jika agan/sis mencoba membuat sebuah rangkaian Power Bank sederhana untuk menjadi sumber daya tambahan untuk mengisi baterai ponsel yang agan/sis miliki.

Dengan menggunakan rangkaian Power Bank ini bisa membantu agan/sis apabila cukup jauh dari sumber listrik untuk mengecas ulang baterai ponsel yang mulai habis. Dan tentunya rangkaian Power Bank ini juga cukup peraktis dan dapat dibawa kemana pun agan/sis pergi.
 

Berikut ini adalah contoh skema rangkaian Power Bank sederhana yang bisa agan/sis buat sendiri

sekema-rangkaian-power-bank-sederhana

Rangkaian Power Bank ini merupakan portable charger USB yang menggunkan komponen utama berupa IC LM7805 yang menghasilkan tegangan output sebesar 5 DC Volt. 

Kenapa harus menggunakan output tengangan sebesar 5 DC volt pada rangkaian Power Bank?

Sebuah baterai ponsel umunya memiliki tenganan sebesar 3,7 volt atau 3,8 volt DC. Maka pada saat proses pengisian ulang baterai harus menggunakan tengangan yang lebih dari kapasitas baterai ponsel tersebut. Jadi untuk dapat mengisi batrai ponsel yang berkapasitas 3,7 volt  dianjurkan sebuah rangkaian Power Bank memiliki output tegangan sebesar 5 hingga 6 DC volt. 

Berikut Ini Merupakan Skema jalur Rangkaian Power Bank pada tampilan PCB

Skema jalur Rangkaian Power Bank pada tampilan PCB

Komponen yang dibutuhkan untuk membuat rangkaian Power Bank:BT1 = Battery 7,4 v
  • U1 = IC LM 7805
  • C2 = 1000uf 16volt
  • C3 = 470uf 16volt
  • R1 = 150 ohm
  • D1 = Led

Rangkaian Power Bank sederhana USB Portable diatas mempunyai keunggulan seperti berikut:

  • Baterai yang menjadi sumber tengangan pada rangkaian Power Bank bisa dilakukan isi ulang dengan memanfaatkan regulator adaptor berteganan 10 volt dengan open switch SW1.
  • Memiliki lampu LED indicator saat proses penisian batrai ponsel berjalan.

Jika agan/sis tidak mau repot dalam membuat rangkaian Power Bank. Maka agan/sis bisa membeli sebuah rangkaian modul Power Bank buatan pabrik. Dan bisa memanfaatkan beberapa buah baterai bekas laptop 18650 3,7 volt /2200mA. Atau bisa juga membeli baterai sejenis di toko penjual sparepart elektronika. Untuk modul rangkaian Power Bank seperti contoh di bawah bisa di beli dengan kisaran harga 20 ribu rupiah.

rangkaian power bank sederhana

Seperti itulah contoh rangkaian Power Bank sederhana yang bisa agan/sis rakit sendiri. Agan/sis juga bisa kreasikan tata letak dari rangkaian Power Bank sederhana ini sesuai keinginan. Thanks.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Rangkaian Power Bank Sederhana"