Ketahui Ciri-Ciri IC eMMC Hp Android Mulai Rusak - Dfixed
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ketahui Ciri-Ciri IC eMMC Hp Android Mulai Rusak

Ciri-Ciri IC eMMC Hp Android Mulai Rusak
Ketahui ciri-ciri IC eMMC Android mulai rusak - Bagi para pengguna Android yang doyan oprek-oprek, IC eMMC ini merupakan komponen internal Hp android yang cukup sering menjadi perhatian.

Kenapa bisa begitu? Karena memang  IC eMMC cukup berpengaruh apabila agan/sis ingin melakukan Custome ROM ataupun di saat ingin melakukan root pada Smartphone Android
 

IC eMMC yang rusak bisa menyebabkan error pada sebuah HP Smartphone Android, seperti berikut ini:

  • Bootloop.
  • Muncul suatu notifikasi aplikasi terhenti.
  • Beberapa Aplikasi menjadi force close.
Namun sebelum kita membahas apa saja kerusakan yang bisa terjadi pada IC eMMC, mari kita ketahui dulu apa itu eMMC 

Apa Itu IC eMMC?

Seperti yang  kita ketahui bersama, pada ponsel Android terdapat berbagai macam IC chips yang terpasang pada papan motherboard dan memiliki fungsi masing-masing.

Salah satunya IC eMMC (Embedded Multi-Media Controller. Fungsi dari eMMC) merupakan tempat media penyimpanan dan juga driver controller pada system ponsel android.

Pada media penyimpanan internal yang terdapat pada IC eMMC data-data penting miliki pribadi dan juga data system tersimpan, seperti contohnya:

  1. Data Recovery
  2. Data Bootloader
  3. Data Sistem (OS)
  4. Dan juga data pendukung lain nya.

Ciri-ciri IC eMMC HP smartphone Android yang Mulai Rusak

Untuk ciri-ciri kerusakan  IC eMMC yang mulai lemah pada ponsel android bisa meliputi beberapa gejala seperti berikut ini: 

TIDAK BISA MELAKUKAN INSTALL CUSTOM ROM

Umum nya terjadi di saat proses install Custom ROM berjalan atau loading
  • masuk ke recovery
  • memilih sistem dari recovery
  • Proses install berjalan
Disaat proses install inilah sering terjadi tidak berjalan nya proses atau terhenti, hal ini besar kemungkinan disebabkan melemahnya IC eMMC. 

TERJADI BOOTLOOP

Bootloop android karena IC eMMC rusak
Kerusakan Bootloop sering sekali terjadi pada HP android. Kerusakan Bootloop ini bisa di sebabkan berbagi macam hal.

Terkadang kerusakan bootloop bisa di perbaiki dengan mencoba melakukan hardreset atau pun install ulang dan ponsel pun kembali menjadi normal.

Namun apabila proses flash ulang dan hardreset tidak berhasil, bisa dipastikan IC eMMC sudah mulai rusak.
 

TIDAK BISA DILAKUKAN INSTALL ULANG

Ponsel bootlop dan mencoba meakukan flash ulang pada Hp android. Namun tidak memberikan hasil terbaik seperti proses terhenti ataupun loading yang stuck. Bisa di pastikan IC eMMC mulai mengalami krusakan atau melemah. 

MUNCUL PESAN APLIKASI TERHENTI

Mungkin agan/sis pernah mendapatkan notifikasi pesan seperti aplikasi terhenti?

Hal ini bisanya di sebabkan space RAM mulai penuh dan aplikasi menjadi crash saat dijalankan. Namun apabila kondisi RAM terasa lega dan notifikasi aplikasi terhenti terus muncul bisa saja terjadi kerusakan pada eMMC.
 

TIDAK BISA INSTALL APLIKASI

Ingin mencoba memasang aplikasi baru atau game melalui Playstore ataupun website penyedia aplikasi APK namun selalu gagal. Hal ini bisa disebabkan oleh IC eMMC yang tidak mampu lagi menjalankan aktivitas write atau terjadi masalah pada penyimpanan internal HP android. 

HP JADI SERING MACET

Mungkin agan/sis pernah menggunkan HP android dan tiba-tiba menjadi macet atau hang. Bisa saja itu merupakn Tanda IC eMMC sudah melemah. Walaupun tidak selalu penyebabnya  eMMC yang rusak. Namun jika masalah macet atau hang pada ponsel android sering sekali terjadi kemungkinan system pada IC eMMC sudah tidak bekerja dengan baik. 

HARD RESET SELALU GAGAL

Ketahui Ciri-Ciri IC eMMC Hp Android Mulai Rusak
Biasanya tanda kerusakan pada eMMC yaitu tidak bisa dilakuakn hardreset. Apabila akan dilakukan wipe data akan selalu gagal dan error.

Malahan ada juga kasus yang tidak bisa masuk ke menu recovery mode karena sudah cukup parahnya kerusakan pada IC eMMC.

Sebenarnya komponen IC eMMC merupakan komponen yang awet dan memiliki daya tahan yang cukup lama. Namun kembali kepada para pengguna ponsel android itu sendiri, jika terlalu banyak meng oprek system dan merubah partisi internal maka bisa saja terjadi kerusakan pada eMMC.

Ataupun sering nya pengguna Hp android menginstal aplikasi yang berlebih atau aplikasi berjenis berat tidak sesuai dengan spesifkasi HP android yang dimiliki.

Karena sering juga Dfixed jumpai beberapa ponsel android tipe lama yang masih bisa bertahan dan berjalan normal hingga saat ini. Karena memang digunakan secara wajar dan normal.

Demikianlah sedikit informasi tentang ciri-ciri IC eMMC pada smartphone Android mulai rusak. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi agan/sis semua. Thanks.

Post a comment for "Ketahui Ciri-Ciri IC eMMC Hp Android Mulai Rusak"