Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Cara Terbaik Memperbaiki Kerusakan Headset Mode Xiaomi Redmi 5A

Cara Memperbaiki Kerusakan Headset Mode Xiaomi Redmi 5A - Masalah kerusakan headset mode sering sekali terjadi pada ponsel berbasis system operasi android, windows mobile, iOS ataupun HP java. Kerusakan munculnya logo headset mode pada ponsel akan mengakibatkan suara dering pada HP akan hilang dan akan menyulitkan agan/sis di saat melakukan panggilan telepon merekam suara dan aktifitas multimedia lainya.

Pada kesempatan ini Dfixed akan coba berbagi informasi dan tutorial cara memperbaiki kerusakan headset mode pada smartphone Xiaomi Redmi 5A.

Pada umum nya kerusakan ini sering disebabkan karena HP yang terhubung kesebuah perangkat aktif speaker dengan bantuan kabel jack audio berukuran 3,5mm.

Memang pada saat agan/sis menghubungkan ponsel Xiaomi Redmi 5A pada aktif speaker akan berjalan dengan lancar. Masalah akan muncul setelah agan/sis melepas sambungan kabel jack audio tersebut.

Suara dering dari speaker buzzer tidak akan terdengar, begitu juga suara pada speaker telinga(earpiece) juga ikut hilang. Dan logo headset akan tetap muncul pada sisi kanan atas layar ponsel Xiaomi.

Lalu bagaimana cara untuk mengatasi masalah kerusakan headset mode tersebut? Ada beberapa cara yang bisa agan/sis lakukan sebagai langkah awal untuk memperbaiki kerusakan tersebut. Simak pejelasanya dibawah ini.

 

4 cara memperbaiki kerusakan headset mode di HP smartphone Xiaomi Redmi 5A Riva


1. Bersihkan lobang jack audio

Langkah pertama yang bisa agan/sis lakukan yaitu dengan mencoba membersihkan lobang jack audio pada HP Xiaomi Redmi 5A. gunakan cotton bud yang telah dibasahi dengan cairan alkohol ,lalu bersihkan secara perlahan di area lobang jack. Setelah dirasa cukup bersih lakukan restart pada ponsel dan perhatikan apakah logo mode headset telah hilang atau tetap muncul pada layar HP.
 

2. Sambungkan ke headphone atau earphone

Cara berikutnya yang bisa agan/sis coba yaitu dengan menyambungkan headphone atau earphone ke lobang jack audio lalu lepaskan kembali. Ulangi langkah itu sebanyak 4 hingga 5 kali lalu dalam kondisi headphone terpasang segera lakukan restart HP dan tunggu sampai boot selesai . lalu lepaskan kabel headphone dari lobang jack dan perhatikan apakah logo mode headset telah hilang.
 

3. Lakukan Hard reset
Jika kedua cara diatas belum memberikan hasil yang memuaskan. Maka agan/sis bisa mencoba melakukan hard reset atau pengaturan ulang ke pengaturan pabrikan. Cara ini bisa mengembalikan kondisi HP smartphone Xiaomi ke kondisi seperti di saat anda membelinya pertama kali. Cara hard reset ini juga akan memperbaiki file pada system yang mengalami error atau rusak. Untuk menu hard reset bisa agan/sis lihat pada menu pengaturan ponsel, dan pastikan sebelum melakukan hard reset pastikan untuk membackup semua data peribadi seperti foto,video,kontak telepon dan lainya ke sebuah flashdisk atau hardisk komputer atau laptop.
 

Dapatkan juga tutorial cara Memperbaiki Samsung Galaxy J2 Prime Suara Media Tidak Ada

4. Periksa kondisi komponen internal
Apabila masalah kerusakan headset mode tetap saja membandel. Maka bisa dipastikan terjadi masalah pada komponen internal yang ada di ponsel Xiaomi Redmi 5A Riva. Maka untuk melakukan pemeriksaan dan perbaikan nya wajib dilakukan pembongkaran pada setiap bagian ponsel tersebut agar langkah pemeriksaan lebih maksimal.

Cara Memperbaiki Kerusakan Headset Mode Xiaomi Redmi 5A

Pada gambar diagram yang Dfixed berikan bisa membantu agan/sis untuk meyelesaikan masalah kerusakan mode headset. Lakukan pengukuran pada setiap komponen dioda yang telah ditandai dengan bantuan alat Multimeter. Apabila terjadi kerusakan maka coba lakukan penggantian dengan komponen dengan jenis yang sama. Namun apabila agan/sis tidak memiliki komponen pengganti maka cukup buang saja komponen dioda tersebut.
solusi kerusakan headset mode xiaomi redmi 5a riva

Itulah 4 langkah yang bisa dilakukan untuk memperbaiki kerusakan headset mode pada HP smartphone Xiaomi Redmi 5A Riva. Semoga informasi dan cara perbaikan ini bisa bermanfaat dan membantu agan/sis yang mengalami kerusakan serupa ya. Thanks.

Posting Komentar untuk "4 Cara Terbaik Memperbaiki Kerusakan Headset Mode Xiaomi Redmi 5A"