Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Cara Terbaik dalam Memperbaiki Samsung Galaxy J2 Prime Suara Media Tidak Ada

Samsung Galaxy J2 Prime Suara Media Tidak Ada - Pada kesempatan ini Dfixed akan memberikan informasi dan tutorial perbaikan pada HP samsung galaxy J2 prime sm-g532g dimana suara media tidak ada.
 

Kerusakan seperti ini sering sekali terjadi pada tipe ponsel Samsung Galaxy J2 Prime, hal ini bisa disebabkan ponsel yang dihubungkan ke sebuah perangkat aktif speaker melalui kabel jack audio. Sehingga menyebabkan terjadi nya error sistem ataupun kerusakan pada komponen internal pada HP samsung galaxy J2 prime tersebut.
 

Jika kerusakan tersebut terjadi, maka akan menyebabkan suara dari speaker buzzer, earpiece tidak akan terdengar. Dan jika dilakukan pengaturan volume di menu setting pada ponsel akan menunjukan warna kuning di setiap level pengaturan suara.
 

Ini akan menyebabkan anda akan kesulitan jika melakukan panggilan telpon begitu juga menerima panggilan telpon. Karena tidak adanya suara yang dihasilkan oleh speaker.
Nada notifikasi pesan juga tidak dapat terdengar, suara disaat anda memutar video, musik ataupun di saat anda bermain game juga tidak terdengar, akibat kerusakan no sound media ini.
 

Sebagai langkah untuk mengatasi kerusakan no sound media speaker ponsel Samsung galaxy J2 Prime bisa dilakukan beberapa cara berikut ini

1. Bersihkan lobang jack audio

Sebagai langkah awal, coba anda lakukan pembersihan pada lobang jack audio yang ada di ponsel. Gunakan cotton bud yang telah di basahi dengan cairan alkohol dan lakukan pembersihan secara perlahan. Pastikan juga ponsel dalam keadaan mati di saat melakukan pembersihan lobang jack audio tersebut.
 

Setelah dirasa proses membersihan jack audio cukup, maka langkah berikutnya lakukan uji fungsi suara pada ponsel, apakah suara sudah bisa terdengar dari speaker phone. Jika tetap tidak ada perubahan bisa dipastikan terdapat kerusakan pada bagian lain pada ponsel.
 

2. Lakukan hard reset ponsel

Kerusakan no sound media ataupun tidak ada suara di speaker pada ponsel Samsung Galaxy J2 Prime, juga bisa disebabkan oleh error di sistem software nya. Sebagai langkah perbaikan yang bisa dilakukan adalah dengan cara hard reset ponsel agar kembali ke pengaturan awal seperti di saat anda pertama kali membeli HP tersebut.
 

Namun sebelum melakukan hard reset, pastikan terlebih dahulu melakukan backup semua data pribadi anda ke sebuah SD card ataupun ke hardisk laptop atau PC.
 

Dapatkan tutorial cara Jumper Jalur Papan PCB Yang Patah Samsung Galaxy J2 Prime
 

3. Periksa dan ganti komponen internal

Jika proses hard reset tetap tidak memberikan hasil terbaik dari kerusakan no sound speaker ataupun no sound media, maka bisa dilakukan pemeriksaan pada komponen internal ponsel.

Biasanya jika terjadi kerusakan seperti ini pada smartphone android Samsung Galaxy J2 Prime sm-g532g, maka komponen internal yang bermasalah ada pada bagian IC filter headset.  

Memperbaiki Samsung Galaxy J2 Prime Suara Media Tidak Ada

Pada gambar diagram yang telah Dfixed berikan bisa membantu anda untuk meyelesaikan kerusakan tersebut. Coba lakukan pergantian pada IC filter headset tersebut.
 

Anda bisa mengambil komponen IC pengganti dari motherboard ponsel android Samsung lainnya ataupun motherboard ponsel yang bertipe sama. Pastikan juga seri dan kode dari IC tersebut sama.
 

Demikanlah 3 langkah yang bisa dilakukan untuk memperbaiki kerusakan no sound media atau no sound speaker pada smartphone android Samsung Galaxy J2 Prime sm-g532g. Semoga informasi dan tutorial perbaikan ponsel ini bisa bermanfaat bagi anda semua. Thanks.

Posting Komentar untuk "3 Cara Terbaik dalam Memperbaiki Samsung Galaxy J2 Prime Suara Media Tidak Ada"