Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Jitu Mengatasi URL Artikel Yang No Index Di Google Webmaster Tools (Discovered Currently Not Indexed)

Mengatasi URL Artikel Yang No Index Di Google Webmaster Tools Discovered Currently Not Indexed

Mengatasi URL Artikel yang no index Dengan status Discovered - currently not indexed", dan "Crawled - currently not indexed - Masalah url artike yang tidak bisa di index pada googel search console atau sering di sebut webmaster tools ini pernah Dfixed alami dan pastinya membuat pusing 7 keliling. Karena udah capek-capek nulis artikel tapi kok tetap gak muncul di pencarian Google.
 

Karena memang cukup aneh, biasanya dalam hitungan beberapa menit saja jika melakukan index artikel secara manual melalui google webmaster tools maka artikel sudah bisa muncul. Namun setelah ditunggu beberapa jam tetap saja tidak muncul di google search.
 

Maka Dfixed pun mencoba menunggu hingga 24 jam dan berharap artikel sudah muncul di google, dan ternyata hasilnya tetap mengecewakan.  Dan coba kembali melihat ke Google search console tetap saja status nya Discovered - currently not indexed dan ada juga URL artikel yag berstatus Crawled - currently not indexed.
 

Dfixed lakukan sebuah inisiatif dengan merubah robot txt, kebetulan Dfixed masih menggunakan platform Blogspot. Di bekali pencarian sana-sini dan mampir di blog yang membahas tentang robot txt dengan setingan terbaik, maka format robot txt dan juga tags tobot txt nya digunakan sebagai berikut
pengaturan robot txt blogspot

pengaturan tags blogspot

Selanjutnya Dfixed submit ulang sitemap di webmaster tools dan biarkan selama 1 harian. Setelah itu mencoba kembali meminta index url artikel secara manual melalui google webmaster tools yang bermasalah tadi. Dan ternyata hasilnya cukup luar biasa mengecewakannnnnn sodara sodara, tetap saja URL artikel gak muncul juga di google search. Hik hik hik sedihnya.
 

Sempat memutuskan untuk menghapus url blog karena Dfixed anggap terkena pinalti dari Google

Iya pemikiran itu sempat terlintas di benak Dfixed untuk menyudahi blog ini karena percuma saja nulis artikel sebanyak apapun bakal tidak terindek oleh google. Namun karena masih penasaran dengan masalah tersebut, maka tetap melakukan langkah-langkah terakhir untuk menyelesaikan masalah no index artikel ini.
 

Dfixed juga mencoba mengecek apakah URL blog masih terindek atau tidak di google dengan mengetik format site:www.namablog.com dan ternyata URL blog Dfixed masih muncul. Berarti belum ada sangsi pinalti yang diberikan oleh pihak Google. Maka berbekal hasil tersebut semakin besar saja rasa penasaran untuk menyelesaikan masalah tersebut.
 

Mencoba mengganti template Blog

Berfikiran juga apakah terjadi masalah pada struktur template yang digunakan. Maka dengan berat hati mencoba mengganti template blog yang selama ini digunakan untuk mengetahui dimana sumber masalah no index url artikel di Google search console.
 

Setelah mengatur dan otak-atik tata letak template dan agar terlihat rapih, selanjutnya Dfixed melakukan submit ulang sitemap ke Google search console dan setatusnya sukses. Namun kembali Dfixed biarkan selama 1 harian, lalu kembali melakukan index URL artikel secara manual. Dan setelah di tunggu selama 10 menit ternyata kembali lagi tetap saja artikel gak muncul di pencarian Google. Bikin kesel, nyesek, seperti pekerjaan sia-sia saja nulis di blog tapi gak bisa terindex.
 

Mencoba Tanya Sana-Sini soal no index Artikel Discovered - currently not indexed", dan "Crawled - currently not indexed

Dfixed juga coba tanya-tanya ke blogger lain yang sudah cukup lama berkecimpung di dunia blogging, dan hampir rata-rata jawabanya soal pengaturan robot txt di blogspot yang tidak pas atau bisa jadi ada masalah pada scrip HTML pada template blogspot yang digunakan.
 

Dan jawaban-jawaban itu semua telah Dfixed lakukan tetapi tidak memberikan hasil. Ya Dfixed tetap menghargai masukan dan juga jawaban dari mereka, mungkin saja itu merupakan dari pengalaman mereka. Karena kasus no index artikel ini bisa berbeda-beda penyebabnya. Namun yang Dfixed alami ini diluar hal tersebut dan tergolong unik dan juga aneh.
 

Mencoba menghapus URL blog dari properti di akun webmaster tools

Entah ide dari mana, namun pemikiran ini terlintas begitu saja malam ini. Dan iseng-iseng Dfixed mencoba menghapus URL blog dari properti webmaster tools. Dan ini merupakan langkah terakhir yang bisa dilakukan. Kalau tetap saja hasilnya sama ya mau di stop saja nulis artikel di blog Dfixed.com ini.
 

Untuk menghapus url blog dari webmaster bisa dilihat pada menu pengaturan atau setting dan pilih hapus properti. Setelah sukses menghapus url blog ini, Dfixed melanjutkan membuat sebuah akun google baru untuk webmaster tools yang baru. Ini ibaratnya seperti migrasi URL blog ke akun webmaster yang baru, setelah penambahan properti selesai,maka perlu juga yang namanya memverifikasi kepemilikan blog dengan meletakan kode scrip HTML ke dalam template blog. Dan semua proses yang diminta oleh Google search console telah selesai terpenuhi. Tampilan dashboard tetap sama dengan Google search console terdahulu dimana url blog telah di hapus.
 

Ohh ya disini Dfixed tidak melakukan submit ulang sitemap, karena setelah dicek ternyata sitemap sudah ada dan bersetatus sukses. Selanjutnya Dfixed melakukan submit ulang URL artikel yang no index tadi satu persatu.
Dan setelah menunggu beberapa menit dan semua URL artikel sudah di lakukan index secara manual. Rasa penasaran ini tetap saja menghantui “apakah bakalan muncul gak ni artikel di pencarian Google?”
 

Gak butuh waktu lama Dfixed coba cek artikel yang pertama kali tadi di index secara manual, dan ternyata hasil nya cukup memuaskan Alhamdulillah artikel yang bermasalah dengan status Discovered - currently not indexed", dan "Crawled - currently not indexed sudah bisa terindex dan muncul di pencarian Google. Dan Dfixed cek juga semua artikel dan tenyata hasil nya mantap tap tap tap.

Mengatasi URL Artikel yang no index Dengan status Discovered currently not indexed

Dan akhirnya masalah yang bikin pusing 7 keliling ini bisa teratasi dengan cara membuat sebuah akun webmaster yang baru, walaupun sudah mencoba otak-atik robot txt dan juga ganti template blog dan hasilnya nihil. Dan malam ini pun Dfixed bisa tidur dengan nyenyak hehehehe.
 

Mungkin agan/sis juga pernah mengalami hal yang sama atau malahan saat ini terjadi masalah tersebut, udah coba gonta-ganti template, ubah robot txt dan juga tags nya tapi gak menyelesaikan masalah no index artikel. Maka bisa di coba metode yang Dfixed lakukan.
 

Semoga pengalaman beserta tutorial ala kebetulan karena iseng-iseng ini bisa bermanfaat ya buat agan/sis blogger semuanya. Thanks Hehehehe.

4 komentar untuk "Cara Jitu Mengatasi URL Artikel Yang No Index Di Google Webmaster Tools (Discovered Currently Not Indexed)"

  1. iya nih gan, di webmaster saya juga error It cannot be indexed :(

    BalasHapus
  2. Waduh masalahnya serupa nih. Berawal dari page view yang anjlok parah, pas ngecek webmaster ternyata indexnya pengecualian

    BalasHapus
    Balasan
    1. blog nya agan udah coba daftarkan ke google news? cara itu bsa juga mempercepat index di GSC juga gan.

      Hapus
  3. punyaku juga sama puluhan tulisan tidak bisa terindex google rasanya percuma menulis bagaimana cara mengatasinya mas tolong bantu. Ttapi anehnya ada beberapa juga tulisan yg terindex.

    BalasHapus