Cara Memperbaiki Android Lenovo A7000 Pengisian Palsu

Android Lenovo A7000 mengalami pengisian palsu pada baterai - Ponsel android Lenovo bertipe A7000 di luncurkan pada tahun 2015 dan telah dibekali dengan Ram 2GB, memori internal sebesar 16GB dan juga mendukung jaringan 4G. Sangat cocok untuk mendukung aktifitas agan/sis seperti bermain game, internetan dan juga kegiatan multimedia lainya.

Namun sering juga terjadi kendala ataupun masalah kerusakan yang dialami oleh HP android Lenovo A7000 ini, seperti halnya kerusakan pada kinerja pengisian daya baterai sering juga disebut pengisian palsu (fake charging)

Apa yang dimaksud pengisian palsu atau fake charging pada ponsel?

Ini merupakan kasus kerusakan dimana apabila agan/sis melakukan pengisian daya baterai pada HP smartphone tetapi baterai ponsel tidak mengalami peningkatan. Malah sebaliknya  daya baterai akan semakin habis walaupun indikator pada layar HP menunjukan bahwa baterai sedang dilakukan pengisian daya.

Cukup banyak penyebab yang bisa menimbuklan masalah pengisian palsu atau fake charger ini. Seperti kualitas kabel cas yang kurang bagus, kepala charger yang juga mulai mengalami kerusakan ataupun terjadi kerusakan pada komponen internal ponsel tersebut.

Maka pada kesempatan ini Dfixed akan memberikan solusi dan tutorial cara mengatasi dan juga langkah perbaikan smartphone  android Lenovo A7000 yang mengalami kerusakan pengisian palsu atau fake charger.


3 Langkah perbaikan pengisian baterai palsu atau fake charging di Lenovo A7000


1. Periksa kondisi kabel cas dan kepala charger

Kondisi kabel cas yang mulai rusak juga bisa menyebabkan terjadinya fake charging. Ini di sebabkan sumber arus tegangan tidak bisa tersalurkan secara optimal karena kabel yang kurang bagus. Kepala charger juga bisa menjadi salah faktor pendukung terjadinya masalah tersebut. 

Maka untuk memastikanya agan/sis bisa mencoba mengganti kabel dan kepala charger dengan kualitas yang lebih baik. Lalu amati kembali apakah pengisian daya baterai pada ponsel Lenovo A7000 kembali berjalan dengan normal. Jika tetap tidak ada perubahan berarti terdapat kerusakan pada ponsel tersebut.

2. Periksa kondisi lobang port charger

Pemakaian ponsel yang telah diatas 1 tahun bisanya akan menimbulkan kerusakan pada lobang port charger. Hal yang sering terjadi adalah port charger yang mulai longgar sehingga untuk terhubung ke sumber daya listrik akan mengalami gangguan.

Dan ini juga bisa menyebabkan munculnya masalah pengisian palsu pada baterai HP android. Maka untuk memperbaikinya segeralah ganti lobang port charger USB dengan part yang baru.

Setelah dilakukan pergantian port USB charger, maka langkah selanjutnya lakukan pengujian dengan mencoba mengisi daya baterai ponsel. Jika tetap belum memberikan hasil terbaik maka perlu dilakukan pemeriksaan dan analisa kerusakan selanjutnya.
 

3. Lakukan trik jumper dengan dioda

Untuk dapat mengisi daya baterai secara normal, sebuah ponsel memerlukan tegangan input sebesar 4volt DC hingga 4,3 volt DC.

Agan/sis bisa mengecek nya dengan bantuan multimeter dan posisikan saklar pada pengukuran arus DC. Lalu hubungkan HP Lenovo A7000 pada sebuah kabel charger tanpa memasang baterai. Lalu ukur tegangan pada pin konektor baterai apakah jarum pada multimeter menunjukan nilai 4volt DC atau di bawah nya. Jika ternyata tegangan yang masuk tidak mencapai 4volt maka perlu dilakukan perbaikan pada komponen internal nya.

Atau agan/sis juga bisa melakukan metode trik jumper dengan tambahan sebuah komponen dioda penyearah ataupun dioda zener.

Dibawah ini Dfixed telah memberikan sebuah gambar diagram yang bisa menjadi panduan buat agan/sis untuk memperbaiki kerusakan pengisian palsu atau fake charging pada smatphone Lenovo A7000.
Lenovo A7000 pengisian palsu fake charging
Untuk komponen dioda nya agan/sis bisa mengambilnya dari perangkat eletronika lain nya yang tidak terpakai ataupun pada motherboard ponsel rusak lainya ya.
 

Itulah 3 langkah perbaikan yang bisa dilakukan untuk memperbaiki kerusakan pengisian palsu (fake charging) pada baterai ponsel Lenovo A7000. Semoga informasi dan tutorial perbaikan ini bisa bermanfaat bagi agan/sis semua nya ya. Thanks.

Post a comment

0 Comments