Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Solusi Terbaik Untuk Memperbaiki Lenovo A6000 Tidak Bisa Di Cas No Charging

Lenovo A6000 tidak bisa di cas no charging - Mungkin saja beberapa dari agan/sis masih ada yang memiliki ponsel smartphone Lenovo A6000. Walaupun dalam segi spesifikasi ponsel Lenovo ini sudah cukup tertinggal jauh dibandingkan dengan ponsel smartphone keluaran terbaru sekarang ini. Namun android Lenovo A6000 ini masih tetap layak digunakan untuk aktifitas ringan seperti Internetan,Facebook,Whatsapp dan lain nya.

Pada kesempatan ini Dfixed akan berbagi informasi dan tutorial perbaikan pada HP smartphone android Lenovo A6000 yang tidak bisa di cas atau not charger. Kerusakan ini bisa saja terjadi akibat umur masa pakai ponsel yang cukup lama. Sehingga menyebabkan terjadi masalah pada komponen internal sehingga ponsel Lenovo A6000 tidak bisa di charger.

Walaupun agan/sis sudah mencoba mengganti kabel cas dan juga kepala charger, namun tetap saja baterai ponsel tidak bisa terisi daya. Pastinya hal ini kan sangat merepotkan, mau tidak mau solusi nya yaitu dengan mengisi baterai dengan charger desktop atau sering di sebuat cas batok.

Namun tidak selamanya agan/sis melakukan pengecasan baterai ponsel dengan cara ini. Karena besar kemungkinan baterai ponsel lama-kelamaan akan mengalami kerusakan seperti halnya menjadi kembung dan soak, karena dilakukan pengisian daya baterai secara tidak normal.

Lalu bagaimana cara memperbaiki kerusakan  Lenovo A6000 tidak bisa di cas atau not charging ini? Berikut ini Dfixed akan memberikan beberapa langkah perbaikan yang bisa agan/sis lakukan untuk menyelesaikan kerusakan tersebut. Simak langkah perbaikan nya dibawah ini ya.

 

Dapatkan artikel lengakap tentang Cara Memperbaiki Android Lenovo A7000 Pengisian Palsu

Cara memperbaiki Lenovo A6000 tidak bisa di cas not charging


1. Ganti Lobang Port USB Charger
Apabila agan/sis sudah mencoba mengganti kabel cas dan juga kepala charger, namun tetap saja HP Lenovo A6000 tidak dapat melakukan pengisian daya pada baterai. Maka agan/sis bisa mencoba melakukan pemeriksaan pada lobang USB charger yang terdapat pada motherboard HP Lenovo. Coba bersihkan lobang konektor cas dengan cairan alkohol atau pun thiner. Setelah itu solder ulang setiap kaki pin konektor cas agar terhubung dengan baik ke jalur yang ada pada papan PCB.

Selanjutnya uji kembali apakah ponsel bisa mengecas secara normal, jika tetap tidak ada perubahan maka dianjurkan untuk melakukan pergantian pada port USB charger dengan part yang baru. Dan lakukan pengujian kembali setalah dilakukan penggantian pada konektor cas nya.


2. Lakukan Jumper Jalur
Jika setelah dilakukan penggantian konektor cas, namun tetap saja ponsel android Lenovo A6000 tidak dapat melakukan pengisian daya baterai atau no charging. Maka agan/sis bisa mencoba melakukan metode jumper jalur yang telah Dfixed berikan melalui gambar diagram di bawah ini.

Solusi Lenovo A6000 tidak bisa di cas no charging

Namun sebelum melakukan metode jumper jalur ini, sebaiknya coba lakukan pemeriksaan pada komponen di sekitar konektor cas. Mungkin saja terdapat komponen yang mengalami kerusakan sehingga mengakibatkan ponsel Lenovo A6000 tidak bisa di cas.

Jika terdapat komponen yang rusak maka sebaiknya dilakukan pergantian dengan komponen berjenis dan nilai ukuran yang sama.

Setelah dilakukan pergantian komponen dan juga penerapan jumper jalur. Maka langkah selanjutnya yaitu melakukan pengujian apakah HP Lenovo sudah bisa melakukan pengisian baterai. Jika langkah perbaikan berhasil, maka selanjutnya rakit kembali setiap bagian ponsel kembali keposisi semula dan ponsel pun siap di gunakan kembali ya.
 

Itulah tutorial perbaikan kerusakan smartphone android Lenovo A6000 tidak bisa di cas not charging. Semoga informasi tentang perbaikan ponsel ini bisa bermanfaat ya buat agan/sis semua. Thanks.

Posting Komentar untuk "3 Solusi Terbaik Untuk Memperbaiki Lenovo A6000 Tidak Bisa Di Cas No Charging"