Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Cara Terbaik Memperbaiki Xiaomi Redmi Note 3 Pro Mati Total Dan Not Charging

Xiaomi Redmi Note 3 Pro Mati Total Dan Not Charging - Mungkin bagi para agan/sis pernah mengalami kendala kerusakan pada HP Xiaomi redmi note 3 pro yang mati total dan tidak bisa di cas atau not charging.

Dan juga buat para terknisi perbaikan HP atau tuser yang pernah mendapakan kendala kerusakan yang sama. Maka pada kesempatan ini Dfixed akan mencoba berbagi informasi dan tutorial untuk mengatasi masalah kerusakan pada ponsel smartphone Xiaomi redmi note 3 pro tersebut.
 

Jika mendapatkan kasus kerusakan mati total dan tidak bisa di charger pada ponsel Xiaomi redmi note 3 pro. Maka perlu dilakukan beberapa langkah analisa sederhana hingga yang lebih mendetail.

Berikut ini solusi perbaikan Xiaomi redmi note 3 pro mati total dan not charging


1. Periksa kondisi baterai

Untuk langkah awal agan/sis bisa mencoba memeriksa kondisi baterai dengan bantuan Multimeter. Lakukan pengukuran tegangan pada pin konektor baterai apakah terdapat sumber tegangan. Jika pada baterai masih terdapat tegangan seharusnya ponsel bisa dilakukan pengisian daya jika di sambungkan ke charger.

Namun bila ponsel tetap tidak menyala saat di sambungkan ke charger maka kerusakan bukan berasal dari baterai. Besar kemungkinan terdapat masalah pada komponen yang ada di motherboard ponsel Xiaomi tersebut.

2. Periksa konektor USB charger

Konektor charger xiaomi redmi note 3 not charging

Ponsel yang mati total dan tidak bisa di cas, bisa disebabkan oleh konektor cas yang kendor ataupun terjadinya sambungan solderan yang rusak. Maka untuk memastikanya coba lakukan pembersihan pada area konekor charger dan lakukan solder ulang pada kaki pin konektor cas.

Langkah selanjutnya sambungkan kabel cas dan coba ukur tegangan pada konektor cas, apakah terdapat tegangan sebesar 4Volt DC. Jika tegangan input normal dan tetap saja ponsel Xiaomi redmi note 3 pro tidak bisa menyala, maka di anjurkan melakukan pemeriksaan pada mainboard utama pada bagian atas.


Mengatasi kerusakan Xiaomi redmi note 3 pro mati total dan not charging dengan mengganti komponen internal dan IC


3. Ganti atau copot komponen dioda

Sering dijumpai masalah kerusakan not charging pada smartphone Xiaomi redmi note 3 pro disebabkan akibat kerusakan pada komponen internal.

Pada gambar diagram yang Dfixed berikan bisa membantu agan/sis untuk melakukan analisa dan perbaikan kerusakan tersebut. Lakukan pengukuran pada komponen dioda yang ditandai, apakah mengalami kerusakan atau short (hubung singkat). 

Cara Memperbaiki Xiaomi Redmi Note 3 Pro Mati Total Dan Not Charging

Jika hal tersebut terjadi coba lakukan pergantian dengan komponen dioda dengan kondisi baik. Atau apabila tidak terdapat komponen pengganti maka cukup cabut saja komponen dioda yang rusak tersebut. Lalu rapikan jalur yang terdapat pada area tersebut agar terhindar dari kerusakan yang semakin bertambah.

Langkah selanjutnya lakukan pengujian apakah ponsel bisa diakukan pengisian daya dan dapat menyala. Jika langkah perbaikan ini berjalan sukses maka segeralah rakit kembali setiap bagian ponsel ke posisi semula ya.

 

Tambah pengetahuanmu dengan membaca tutorial dan Cara Perbaiki Mode Headset Pada Xiaomi Redmi 3S Dan 3 PRO 

4. Ganti IC audio atau IC charger

Untuk seri Xiaomi redmi note 3 pro ini ada yang ber chipset Mediatek dan juga Qualcomm. Maka jika proses pergantian komponen dioda tetap saja belum memberikan hasil terbaik dari masalah kerusakan ini. Maka dianjurkan untuk memeriksa kompoen kapasitor di sekitar IC audio ( pada chipset Qualcomm ) dan juga IC Charger ( pada chipset Mediatek ).

Xiaomi Redmi Note 3 Pro Mati Total Dan Not Charging

Lakukan pengukuran kapasitor dengan Multimeter, jika pengukuran menunjukan semua komponen kapasitor korslet, maka bisa dipastikan terjadi kerusakan pada IC audio ataupun IC charger. Sehingga menyebabkan komponen dioda menjadi rusak dan berdampak ke HP Xiaomi redmi note 3 pro tidak bisa di charger dan mati total.
 

Sebagai langkah perbaikan nya maka diwajibkan untuk negganti IC audio dengan kode WCD9326 ataupun IC charger dengan kode BQ24296M. Dan setelah dilakukan pergantian IC maka periksa kembali setiap komponen kapasitor di sekeliling IC tersebut, apakah sudah dalam kondisi baik dan tidak korslet lagi.
 

Dan selajutnya uji kembali fungsi ponsel Xiaomi redmi note 3 pro apakah sudah dapat dilakukan pengisian daya dan dapat dinyalakan dengan normal. Jika semua fungsi ponsel berjalan normal, maka susun kembali setiap bagian ponsel ke posisi semula dan ponsel siap digunakan kembali.

Demikianlah solusi dan juga tutorial perbaikan pada Xiaomi redmi note 3 pro mati total dan not charging, semoga informasi ini bisa bermanfaat buat agan/sis semua ya. Mohon maaf jika tulisan nya rada amburadul. Tetapi Dfixed harap agan/sis bisa memahami nya. Thanks.

Posting Komentar untuk "4 Cara Terbaik Memperbaiki Xiaomi Redmi Note 3 Pro Mati Total Dan Not Charging"