6 Penyebab Suara Bass Speaker Aktif Kurang Nendang

6 Penyebab Suara Bass Speaker Aktif Kurang Nendang
Suara bass kurang nendang di speaker aktif - Jika agan/sis merupakan seorang penghobi yang doyan dengeri musik dengan dentuman bass yang ngebooom. Tentunya dengan pemilihan speaker sound system akan membuat suara dan juga bass lebih nendang dan padat.

Agar tidak salah dalam memilih sebuah speaker sound system, di bawah ini Dfixed telah memberikan ulasan dari penyebab suara bass pada speaker kurang nendang. 

6 Penyebab Suara Bass Speaker Aktif Kurang Nendang 

1. Amplifier memiliki daya output yang terlalu kecil


Jika agan/sis bernecana memiliki sebuah perangkat sound system dengan kualitas suara bass yang nendang. Maka hal utama yang harus diperhatikan adalah pemilihan dari daya output yang ada pada amplifier. Karena memang semakin besar daya output akan membuat kualitas suara semakin baik dan juga dentuman bass semakin oke. Karena pada dasarnya daya outut dari amplifier inilah yang akan menggerakan membran pada speaker.

Sebagai gambaran jika speaker sound system akan digunakan pada ruangan yang luas atau tempat terbuka. Maka output yang diperlukan bisa dimulai dari 100 watt keatas. Namun jika penggunaan speaker hanya diruangan kecil saja, maka perangkat audio bisa menggunakan daya output sebesar 10 watt hingga 30 watt.

2. Ukuran membran speaker tidak sesuai


Agan/sis juga perlu tahu hasil kekuatan yang di keluaran oleh amplifier tidak akan maksimal jika ternyata driver nya tidak sesuai atau terbatas. Sebagai contoh jika agan/sis memiliki amplifier dengan daya output sebesar 60 watt namun menggunakan speaker ukuran 3 inchi pasti jika disetel full bass akan tidak terasa enak. Untuk idealnya agan/sis bisa menggunakan speaker dengan ukuran 8 inchi atau bisa juga menambahkan double woofer. 

3. Bentuk kotak speaker


Disain dan juga bentuk dari box speaker juga bisa menjadi penyebab suara bass kurang nendang. Ada beberapa hal yang harus agan/sis ketahui untuk urusan pembuatan kotak speaker. Tentunya bentuk dan ukuran box speaker harus disesuaikan dengan kebutuhan. Kualitas suara bass bisa menjadi jelek jika box speaker terlalu kecil dibandingkan dengan diameter speaker yang digunakan.

4. Desain dari system speaker


Hal lainnya yang bisa membuat suara bass kurang nendang tau Booom pada speaker adalah dari system sound speakernya. Bagi para pemula tetunya hal ini jarang diketahui, karena sebenarnya didalam box speaker terdapat rangkaian elektronika bernama cross over. Dimana fungsi rangkaian cross over ini mampu memisahkan nada rendah dan tinggi pada speaker. Sehingga akhirnya nada-nada tersebut bisa di dengar oleh telinga. 

5. Fullrange atau woofer

Fungsi dari fullrange atau woofer tidak jauh berbeda dengan fungsi dari speaker, tentunya tetap menghasilkan suara yang dapat didengar.

Namun cukup banyak juga jenis loudspeaker seperti woofer, midrange dan speaker twitter, dimana fungsi dan respon nya akan berbeda-beda. Untuk nada dari suara bass sangat cocok jika dihasilkan oleh lousdspeaker berjenis fullrange/ woofer. 

Maka jika agan/sis sangat menginginkan sebuah loudspeaker yang memiliki suara bass yang cukup kuat, padat dan nendang. Maka sebaiknya memilih atau menambahkan sebuah speaker khusus untuk menghasilkan nada rendah (menggunakan woofer). Dan untuk memperbagusnya sebaik nya juga ditambahkan sebuah rangkaian cross over di dalam box speaker.

6. Pemilihan trafo dan kapasitor elco yang tepat

Dua komponen ini merupakan hal yang sangat vital pada sebuah rangkaian speaker sound system. Dengan menggunakan jenis trafo yang tepat dan berkualitas bagus bisa memberikan daya output audio yang lebih baik.

Begitu juga dengan pemilihan kapasitor elco pada power supplay di rangkaian sound system, akan menentukan hasil suara yang keluar pada speaker lebih setabil. Dan jika bass digeber kuat tidak akan terasa sember jika menggunakan ukuran kapasitor elco yang tepat. 

Demikianlah ulasan informasi dan tips yang bisa Dfixed berikan mengenai penyebab suara bass kurang nendang di speaker aktif. Semoga bisa bermanfaat ya. Thanks.

Post a comment

0 Comments