Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Penyebab Baterai HP Lama Terisi Saat Di Charge Dan Cepat Mati

5 Penyebab Baterai HP Lama Terisi Saat Di Charge Dan Cepat Mati

Baterai HP lama terisi ketika di charge - cukup banyak pertanyaan mengenai masalah ponsel yang lama proses pengisian daya baterai nya saat di charge.

Terkadang masalah ini bisa saja muncul secara tiba-tiba disaat kita memerlukan ponsel untuk melakukan aktivitas seperti menelpon ataupun mengerjakan tugas penting.

Tidak sedikit para pengguna ponsel smartphone mengeluhkan tentang hal ini. Dimana sebelumnya kondisi ponsel sangat normal saat dilakukan pengisian daya baterai.

Namun ketika melakukan charge pada handphone malah memakan waktu yang cukup lama ada yang sampai 5 jam atau 8 jam, baru kondisi baterai bisa terisi dengan penuh.

Pada kasus berbeda, ada juga HP dicas malah berkurang daya baterainya. Ya tentunya hal ini bisa membuat repot para pengguna perangkat smartphone.

Untuk mengatasi masalah baterai HP lama terisi saat di charge maka perlu melakukan analisa dengan langkah sederhana dahulu.

Agan/sis jangn terburu-buru membawa smartphone Android atau iPhone ke tempat service HP, mungkin saja masalah pengisian daya baterai lambat di HP disebabkan oleh hal- hal yang sepele.

Maka pada artikel ini Dfixed akan coba berbagai cara dan solusi untuk mengatasi HP lama terisi saat di charge dan cepat mati

5 Cara mengatasi baterai HP lama terisi saat di charge dan HP di cas malah berkurang

 

1. Kabel USB Kurang Masuk

Ini merupakan salah satu hal yang bisa membuat baterai handphone lama terisi jika di charge, dimana kabel USB tidak terpasang dengan benar.

Agan/sis bisa mengecek kondisi kabel USB yang tertancap pada adaptor charger terlebih dahulu, lalu kembali charge ponsel dan perhatikan perubahan nya.


2. Kualitas Kabel USB Buruk

kabel usb rusak menyebabkan baterai handphone lama terisi
Cukup banyak beredar dipasaran jenis-jenis kabel USB charger untuk digunakan dalam proses pengisian daya baterai HP.

Dan terkadang terdapat kualitas kabel yang buruk, dimana kawat tembaga yang ada di dalam kabel cukuplah sedikit. Ini bisa menyebabkan arus daya listrik yang mengalir ke baterai handphone tidak maksimal.

Solusinya, agan/sis bisa membeli kabel USB charger dengan kualitas baik atau gunakan lah kabel charger original sesuai tipe dan merek ponsel yang digunakan.


3. Masalah Pada Adaptor Charger

Selaian dari kabel USB charger yang digunakan, ternyata pemicu masalah baterai Hape lama terisi juga bisa disebabkan penggunaan adaptor charger.

Bisa saja sudah terjadi kerusakan pada komponen elektronika dalam adaptor charger, sehingga membuat tegangan listrik yang menuju handphone tidak stabil.

Untuk memastikan nya agan/sis bisa coba mengganti adaptor charger dengan kualitas bagus. Atau bisa meminjam adaptor charger handphone milik teman atau anggota keluarga.

Gunakan juga adaptor charger dengan ukuran 1 ampere atau diatas 2 ampere, ini bisa membantu pengecasan ponsel smartphone agan/sis lebih cepat.


4. Port USB Pada HP Kotor Atau Rusak

Port usb kotor dan rusak mengakibatkan baterai handphone lama terisi
Selain dari faktor external seperti kabel USB dan juga adaptor charger, ternyata masalah pengisian baterai HP smartphone lambat bisa juga disebabkan oleh port USB pada handphone yang bermasalah.

Misalanya saja port USB yang kotor sehingga menutupi pin penghubung antara kabel USB ke port USB charger di handphone.

Untuk mengatasi nya agan/sis bisa coba membersihkan kotoran yang menempel di dalam port USB, dengan acara mencongkelnya dengan menggunakan jarum atau pinset secara perlahan.

Atau bersihkan dengan menggunakan sikat gigi bekas atau kuas kecil yang diberikan sedikit cairan alkohol, agar mempermudah pengangkatan kotoran yang menempel pada port charger di handphone.

Selain itu, kerusakan pada port USB di HP juga bisa menyebabkan baterai HP lama terisi saat di charge, atau bisa juga hp di cas malah berkurang daya baterainya.

Untuk memperbaiki kerusakan ini tentunya diperlukan keahlian khusus dan alat pendukung dalam proses perbaikan nya.

Jika agan/sis kesulitan dalam proses perbaikan port USB yang rusak maka sebaiknya diserahkan ke jasa service HP yang terpercaya saja.

Baca Juga : 6 Cara Perbaikan HP Tidak Bisa Di Charge Dalam Keadaan Hidup


5. Kerusakan Jalur Pengecasan Pada Mainboard Atau IC Charger

kerusakan pada jalur dan komponen IC menyebabkan baterai handphone  lama terisi
Selain 4 hal diatas, kerusakan pada jalur komponen dan juga IC charger bisa menimbulkan masalah baterai handphone lama terisi atau juga ada istilah nya fake charging atau pengisian palsu.

Dimana saat gan/sis melakukan pengisian daya baterai HP namun tidak kunjung terisi dan penuh, malah sebaliknya semakin berkurang dan ponsel pun menjadi mati.

Jika ternyata sumber masalah pengisian daya baterai handphone disebabkan oleh kerusakan komponen internal seperti IC charger, maka sebaiknya segera lakukan perbaikan dengan membawanya ke orang yang ahli dalam bidang perbaikan Handphone saja.


Nah itulah beberapa penyebab baterai HP lama terisi saat di charge dan cepat mati. Semoga dengan adanya informasi ini bisa membantu agan/sis untuk mengatasi masalah baterai HP lama terisi atau hp di cas malah berkurang daya baterainya.

Jika agan/sis memiliki pertanyaan seputar masalah kerusakan handphone bisa tinggalkan komentar pada kolom di bawah. Thanks.

Posting Komentar untuk "5 Penyebab Baterai HP Lama Terisi Saat Di Charge Dan Cepat Mati"