Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Touchscreen Xiaomi Redmi 4x Tidak Bisa Sentuh? Berikut 5 Cara Terbaik Dalam Perbaikannya 100% Sukses

Cara memperbaiki touchscreen xiaomi redmi 4x tidak bisa sentuh
Jalur touchscreen xiaomi redmi 4X - salah satu ponsel smartphone yang cukup laris setelah xiaomi redmi 4A dan juga Xiaomi redmi 5A yaitu Xiaomi Redmi 4X.

Sedangkan dengan tipe Xiaomi 4A dan juga Xiaomi 5A, smartphone Android Xiaomi redmi 4X ini cukup memiliki fitur dan spesifikasi yang lebih baik dibandingkan kedua saudara nya tadi.

Dimana smartphone Xiaomi redmi 4X ini sudah dilengkapi dengan fitur fingerprint  dan untuk spesifikasi tentunya sudah didukung dengan jaringan internet 4G.

Selain itu terdapat juga tipe Xiaomi redmi 4X  yang memiliki kapasitas memori internal dengan ukuran sebesar 32GB dan Ram sebesar 3GB.

Tentunya dengan spesifikasi seperti ini sudah cukup mendukung buat kamu yang sering menggunakan perangkat gadget untuk kegiatan bermain game atau multimedia.

Namun terkadang terdapat masalah pada sebuah smartphone dan tidak menutup kemungkinan akan terjadi pada ponsel Xiaomi redmi 4X, dimana layar sentuh atau touchscreen xiaomi redmi 4X tidak berfungsi secara tiba-tiba.

Tentunya jika hal ini terjadi akan cukup mengganggu aktivitas kamu saat menggunakan handphone ya.

Lalu bagaimana cara mengatasi dan memperbaiki HP Xiaomi tidak bisa disentuh?

Kamu jangan dulu panik apabila masalah kerusakan HP Xiaomi tidak bisa disentuh terjadi pada perangkat smartphone yang kamu gunakan.

Maka pada artikel ini Dfixed akan coba memberikan beberapa solusi yang mungkin saja bisa kamu lakukan untuk mengatasi layar sentuh Xiaomi tidak berfungsi. Berikut ini ulasannya.

5 Cara memperbaiki touchscreen Xiaomi redmi 4X tidak berfungsi


1. Restart handphone

Apabila layar sentuh atau touchscreen Xiaomi redmi 4X milikmu secara tiba - tiba tidak bisa disentuh. Maka cara pertama yang bisa dilakukan adalah melakukan restart ponsel.

Untuk melakukanya, kamu bisa menekan tombol on/off atau power selama kurang lebih 30 sampai 50 detik, biasanya ponsel melakukan restart dan booting kembali menuju tampilan menu awal.

Setelah proses booting selesai, coba kau uji fungsi dari touchscreen HP Xiaomi redmi 4X.

2. Cabut battery non-removable

Apabila metode pertama tidak berhasil untuk melakukan restart pada smartphone Xiaomi, maka mau tidak mau kamu harus mencoba melepaskan baterai yang terpasang pada ponsel Xiaomi redmi 4X tersebut.

Diperlukan keahlian khusus dalam membuka back cover ponsel Xiaomi untuk bisa menemukan baterai non-removable yang menjadi sumber tenaga bagi ponsel.

Gunakan juga obeng untuk membuka baut penutup papan PCB pada ponsel. Lakukan hal tersebut secara hati-hati agar terhindari dari semakin bertambahnya kerusakan.

Jika baterai ponsel sudah terlihat, maka kamu cukup melepaskan soket penghubung dari baterai ke Mainboard ponsel saja dan diamkan ponsel sekitar 5 menit.

Selanjutnya pasang kembali soket baterai non-removable dan menyalakan ponsel Xiaomi milikmu dan uji fungsi dari layar sentuh atau touchscreen Xiaomi redmi 4X.

3. Lakukan hard reset

Masalah kerusakan seperti layar sentuh Xiaomi 4X tidak berfungsi atau HP Xiaomi tidak bisa disentuh, besar kemungkinan disebabkan oleh error pada software nya.

Maka untuk mengatasinya, kamu bisa melakukan hard reset atau pengaturan setelan pabrik pada ponsel.

Untuk menemukan fitur hard reset kamu harus mengakses nya pada menu pengaturan pada ponsel. Loh bagaimana cara untuk masuk ke menu setting handphone padahal layar touchscreen nya tidak bisa disentuh?

Sebagai alternatif atau trik yang bisa kamu lakukan adalah dengan cara menggunakan sebuah muse milik PC atau laptop.

Hubungkan mouse ke HP Xiaomi dengan perantara kabel OTG, maka nanti pada layar HP akan muncul tanda panah layaknya seperti pada layar laptop.

Selanjutnya kamu sudah bisa mengakses tampilan menu setting pada ponsel dengan menggunakan navigasi berupa mouse dan kabel OTG.

Baca Juga: Memperbaiki Layar Touchscreen Xiaomi 4A Tidak Bisa Di Sentuh

 

4. Ganti LCD Atau Touchscreen

Apabila layar sentuh Xiaomi 4X tidak berfungsi diakibatkan ponsel yang terjatuh atau tertekan benda berat atau keras dan mengakibatkan cacat fisik pada layar LCD atau Touchscreen.

Maka cara terbaiknya adalah dengan melakukan penggantian LCD ataupun touchscreen. Namun jika kamu ingin mengganti LCD Xiaomi 4X biasanya menjadi 1 set dengan touchscreen nya juga.

Tentunya harga yang dikeluarkan akan semakin mahal untuk membeli 1 set LCD dan touchscreen Xiaomi redmi 4X.

Jika kamu ingin menekan biaya perbaikan menjadi lebih murah, maka kamu bisa mencoba memisahkan touchscreen dari panel LCD dengan cara membelah nya menggunakan “ kawat pemisah LCD dan touchscreen” alat ini cukup banyak dijual secara online maupun pada toko sparepart HP.

layar sentuh xiaomi 4x tidak berfungsi
Untuk memisahkan LCD maka diperlukan juga penggunaan hair dryer atau solder blower jika ada untuk melunakan lem loca UV yang merekatkan antara LCD dan touchscreen.

Selain itu pastinya membutuhkan sebuah keahlian khusus, kesabaran dan juga ketelitian disaat memisahkan LCD dan touchscreen pada HP Xiaomi redmi 4X.

5. Periksa soket dan jalur touchscreen

Kerusakan pada komponen, soket touchscreen dan juga jalur touchscreen redmi 4x bisa juga menyebabkan layar sentuh xiaomi tidak berfungsi dan disentuh.

Untuk mengatasinya, kamu harus memeriksa kondisi soket touchscreen Xiaomi 4X apakah terjadi kerusakan atau korosi.

Jika hal tersebut dijumpai, maka lakukan pembersihan dan juga solder ulang pada setiap pin soket touchscreen nya.

Selain itu, pemeriksaan pada jalur touchscreen redmi 4X juga diperlukan. Untuk melakukan pemeriksaan jalur touchscreen harus menggunakan multimeter atau AVO meter.

Jika terdapat jalur yang terputus maka segera lakukan jumper jalur agar kondisi bisa kembali normal.

Berikut ini adalah gambar diagram Xiaomi redmi 4X touch screen way jumper. Dengan menggunakan panduan dari gambar tersebut bisa membantu kamu untuk menganalisa kerusakan touchscreen redmi 4X tidak bisa sentuh.
Jalur touchscreen xiaomi redmi 4X

Demikianlah informasi dan tutorial memperbaiki touchscreen Xiaomi redmi 4X tidak bisa sentuh. Semoga dengan adanya informasi ini kamu bisa lebih terbantu dalam menyelesaikan kerusakan layar sentuh Xiaomi 4X tidak berfungsi dan tidak bisa sentuh. Thanks.

Tag: How to fix Xiaomi Redmi 4X touchscreen does not work, Xiaomi Redmi 4X touchscreen ways,
fix touchscreen Xiaomi Redmi 4X can not touch, Xiaomi 4X touchscreen not work and can not touch

Posting Komentar untuk "Touchscreen Xiaomi Redmi 4x Tidak Bisa Sentuh? Berikut 5 Cara Terbaik Dalam Perbaikannya 100% Sukses"