Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Website Dan Aplikasi Text To Speech Terbaik Bahasa Indonesia Update 2022

Website Dan Aplikasi Text To Speech Terbaik Bahasa Indonesia

Website dan aplikasi text to speech terbaik - Tahukah kamu dengan teknologi yang bisa merubah tulisan menjadi suara dan sering disebut text to speech. Sebenarnya teknologi sudah muncul sejak lama. Namun sekarang ini cukup banyak pengguna atau youtuber yang menggunakan text to speech (TTS) untuk mengisi suara pada konten video yang mereka buat.

Secara sederhana nya fitur atau teknologi text to speech adalah berguna untuk merubah tulisan atau text menjadi sebuah suara secara otomatis. Di beberapa negara maju dan berkembang penggunaan text to speech ini cukup sering digunakan misalnya di dalam dunia bisnis, pendidikan dan lainya. Namun sayangnya tidak semua Website text to speech atau aplikasi text to speech bisa mendukung bahasa indonesia.

Namun jika agan/sis tetap ingin menggunakan text to speech yang support bahasa indonesia, maka pada artikel ini Dfixed akan memberikan solusi terbaik buat agan/sis semua.

5 Daftar Website Dan Aplikasi Text To Speech Bahasa Indonesia Terbaik

Dfixed telah merangkum 5 Website dan aplikasi  text to speech cukup populer dan tentunya support untuk bahasa indonesia.

Selain kepopuleranya ternyata untuk masalah tingkat keakuratan dalam perubahan dari tulisan atau teks menjadi suara cukup baik dan tepat. Penasaran ingin tahu apa saja website dan aplikasinya , Yuk simak daftarnya dibawah ini.

1. Google Translate

Google Translate text to speech terbaik
Yang pertama ada Google Translate, salah satu layanan terbaik milik pihak Google yang mampu melakukan translate dari satu bahasa ke berbagai bahasa lainnya.

Namun Tidak hanya itu saja, ternyata Googe Translate juga memiliki fitur text to speech yang mampu mendukung sampai 100 bahasa termasuk untuk bahasa indonesia juga loh.

Google translate  juga support dan bisa berjalan untuk berbagai sistem operasi ataupun perangkat seperti PC , Laptop dan smartphone Android maupun iPhone iOS. Tentunya untuk cara penggunaan nya cukuplah mudah, agan/sis hanya perlu memilih referensi bahasa yang diinginkan seperti bahasa indonesia.

Lalu ketikan kata atau kalimat yang akan diubah menjadi suara, langkah selanjutnya agan/sis bisa mendengar hasil suaranya dengan menekan menu “listen” di samping kiri icon Microphone.

Namun perlu diketahui, untuk Google translate hanya bisa merubah tulisan menjadi suara tidak lebih dari 1500 karakter tulisan. Tapi agan/sis tidak perlu khawatir, agan/sis bisa menggunakan lebih dari 1 x fitur text to speech dari Google translate ini. Walaupun memiliki keterbatasan kata yang bisa di input, Google translate merupakan salah satu penyedia text to speech terbaik dengan hasil suara layaknya suara manusia dengan memiliki intonasi cukup baik, meskipun Google terus melakukan perkembangan untuk salah satu fitur andalan ini. 

 

2. ResponsiveVoice.org

ResponsiveVoice text to speech

Di urutan kedua di tempat oleh ResponsiveVoice.org, dimana ini merupakan website text to speech bahasa indonesia terbaik yang bisa agan/sis gunakan. Untuk hasil suara di ResponsiveVoice.org menggunakan suara wanita sebagai narator nya.

Untuk intonasi suara yang dihasilkan sangat bagus dan hampir serupa dengan suara manusia aslinya dan sangat nyaman untuk didengarkan. Para pengguna layanan text to speech pada website ResponsiveVoice memberikan nilai yang memuaskan untuk hasil artikulasi dari perubahan teks menjadi suara pada website tersebut.

Agan/sis tidak perlu untuk melakukan instalasi pada PC atau smartphone untuk menggunakan layanan text to speech terbaik ini, hanya cukup mengunjungi website nya dan bisa langsung menggunakan fitur perubah text menjadi voice ini.

Namun sayangnya, terdapat kekurangan dimana terletak di tanda baca seperti titik atau koma di saat dibacakan, dimana sang narator akan selalu berhenti untuk setiap 16 kata  tanpa adanya tanda baca seperti titik dan koma. Maka menjadikan sebuah kalimat kurang pas saat didengarkan.

3. Oddcast.com
Sama dengan ResponsiveVoice.org, Oddcast merupakan fitur text to speech terbaik yang berbasis Website. Akan tetapi untuk hasil suara dan intonasi nya cukup datar, berbeda jauh dengan yang ada pada Responsivevoice. Oddcast juga memiliki batasan karakter huruf seperti halnya dengan Google translate.

Namun di sisi lain, Oddcast memiliki sebuah kelebihan, dimana agan/sis bisa melakukan modifikasi pada suara narator sesuai keinginan. Seperti layanan text to speech indonesia terbaik ini bisa juga untuk dicoba.

 

4. Google text speech Android Aplikasi

Google text speech aplikasi android text to speech

Berikutnya adalah sebuah aplikasi text to speech terbaik android, dimana Google text speech bisa menjadi andalan untuk merubah tulisan atau text menjadi suara.

Aplikasi Google text speech ini sangat cocok untuk pengguna smartphone android yang gemar membaca namun terkadang dilanda rasa malas untuk membaca sebuah tulisan atau artikel.

Tentunya dengan menggunakan software text to speech terbaik dari Google ini serasa memiliki asisten pribadi untuk membacakan sebuah tulisan ataupun informasi lainya.

5. Narrator's Voice Android Aplikasi

Narrator's Voice text to speech terbaik

Aplikasi text to speech terbaik android lainya adalah Narrator's Voice. Aplikasi android ini bisa gan/sis download secara gratis melalui Google Playstore atau website penyedia aplikasi APK android lainya.

Untuk kelebihan dari aplikasi Narrator's Voice yaitu agan/sis bisa merubah suara dari narator dengan ciri khas dari berbagai macam negara seperti  china, amerika, russia maupun inggris. Sehingga hasil suara yang dihasilkan bisa disesuaikan dengan selera agan/sis ya.

Selain itu pada aplikasi Narrator's Voice hasil perubahan teks menjadi suara juga bisa diunduh dan disimpan sehingga agan/sis bisa mendengarkan nya setiap saat. Maka  tidak heran aplikasi Narrator's Voice ini sangat populer dan sering digunakan untuk mengisi suara pada konten video di Youtube. 

Itulah 5 rekomendasi layanan Website dan aplikasi text to speech terbaik support bahasa indonesia yang bisa agan/sis gunakan untuk kegiatan membaca artikel atau informasi berita. Dari  daftar website dan aplikasi text to speech terbaik diatas, kira-kira mana yang terbaik dan patut agan/sis coba?

Posting Komentar untuk "5 Website Dan Aplikasi Text To Speech Terbaik Bahasa Indonesia Update 2022"