Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Memilih Amplifier Untuk Masjid Dan Harga Amplifier TOA Untuk Masjid

Tips Memilih Amplifier Untuk Masjid Dan Harga Amplifier TOA Untuk Masjid

Tips Memilih Amplifier Untuk Masjid Dan Harga Amplifier TOA Untuk Masjid - Amplifier adalah sebuah rangkaian elektronika yang mampu untuk menguatkan sinyal audio output dari suara. Perangkat elektronika amplifier ini sering digunakan untuk kegiatan seperti acara hajatan pesta, acara konser musik ataupun untuk keperluan ibadah pada masjid seperti halnya ceramah atau untuk mengumandangkan suara adzan.

Sangat beragam jenis dari audio amplifier ini, dan dapat di beli melalui toko offline ataupun toko online. Namun sebelum memilih dan membeli amplifier untuk masjid sebaiknya perhatikan dulu beberapa hal yang harus di pertimbangkan.

Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih perangkat audio amplifier untuk masjid


1. Spesifikasi Amplifier

Untuk sebuah perangkat audio amplifier sangatlah beragam dan disesuaikan untuk kebutuhan nya masing-masing. Begitu juga disaat memilih jenis amplifier untuk masjid. Tentunya jenis amplifier untuk audio mobil atau amplifier untuk musik pastinya tidak jadi rekomendasi untuk digunakan pada masjid. Karena spesifikasinya sangat jelas berbeda.

Untuk penggunaan audio amplifier di masjid tentunya memerlukan daya Watt yang cukup besar, kenapa hal ini sangat penting? Karena dengan keluaran Watt yang besar mampu menghasilkan jangkau suara yang lebih luas, seperti contohnya untuk mengumandangkan adzan, memberitahukan pengumuman penting atau untuk kegiatan ceramah jumat’an.


Apabila menggunakan sebuah rangkaian amplifier seperti audio mobil atau musik diterapkan menjadi amplifier untuk masjid tidak akan bisa menghasilkan suara yang kuat dan nyaring dengan jangkauan yang luas.

2. Sesuaikan Ukuran Ruangan Dan Lokasi

Apabila akan digunakan untuk ruangan dan lokasi yang luas, maka memerlukan sebuah perangkat amplifier yang memiliki daya keluaran yang cukup kuat. Selain itu konsumsi penggunaan listrik akan lebih besar dibandingkan jika menggunakan amplifier dengan daya yang lebih rendah.

Sudah pasti jika amplifier digunakan untuk keperluan masjid maka perlu menggukan amplifier dengan daya Watt yang cukup besar. 

Namun, pada umumnya hampir di setiap masjid selalu menggunakan jenis amplifier TOA untuk masjid, dan penggunaan amplifier TOA masjid ini terus digunakan hingga sekarang karena mampu menghasilkan suara yang nyaring dengan jangkauan yang cukup luas.

3. Model Dan Jenis Amplifier

Model dan bentuk amplifier pada zaman dahulu biasanya berbentuk kotak berukuran besar dan ini sangat sulit di bawa kemana-mana tidak portable. Tapi pada zaman sekarang sangat banyak dijual perangkat amplifier dengan dimensi yang lebih kecil dan juga portable, namun kekurangan ya suara yang dihasilkan tidak begitu kuat dibandingkan dengan amplifier konvensional.

Untuk Amplifier yang biasanya digunakan pada masjid adalah jenis audio amplifier yang merupakan rangkaian elektronika yang terdiri dari mosfet, IC Power dan kombinasi dari IC power serta trafo. Namun itu semua kembali sesuai dengan dana yang dimiliki.

4. Jenis Power Amplifier Terbaru

Untuk jenis audio amplifier terbaru sekarang ini biasanya sudah mengalami banyak perubahan, dan telah dilengkapi dengan berbagai macam pengaturan suara diawali dari tone control hingga equalizer EQ.

Apabila ingin menggunakan amplifier jenis baru untuk kebutuhan masjid sebaiknya tambahkan sebuah rangkaian limiter pada corong TOA agar meminimalisir terjadinya kerusakan.

Dengan menambahkan limiter maka akan menghindari terjadinya overload di saat mengumandangkan adzan ataupun di saat menggelar pengajian atau ceramah di masjid.

Tentunya penggunaan limiter ini akan menghasilkan suara dari amplifier TOA masjid tetap nyaring namun tetap enak di dengar.

5. Kelengkapan Dan Harga Amplifier TOA Untuk Masjid

Untuk melengkapi sebuah audio amplifier pada masjid tentunya tidak hanya diperlukan sebuah perangkat amplifier TOA saja, tapi hal pendukung lainya juga perlu diperhatikan.

Seperti penggunaan speaker indoor, kabel audio, microphone, corong TOA dan lain-lainnya. Sedangkan harga amplifier TOA untuk masjid sangat bervariasi, biasanya penawaran harga di sesuai dengan kelengkapan apa saja yang dibutuhkan pada sebuah masjid. Harga bisa dimulai dari kisaran 1,5 Juta untuk seperangkat amplifier, TOA dan mic. Apabila menginginkan paket yang lebih komplit bisa mencapai harga 6 hingga 7 juta, namun itu bisa disesuaikan dengan anggaran dan besar lokasi dan ruangan masjid.


Perangkat audio amplifier merupakan alat elektronika yang sangat penting pada sebuah masjid, karena mampu membuat suara adzan dan ceramah menjadi lebih kuat, nyaring dan juga jernih. Namun untuk memilih jenis dan harga dari amplifier untuk masjid sesuaikan lah dengan anggaran yang ada.

Post a comment for "Tips Memilih Amplifier Untuk Masjid Dan Harga Amplifier TOA Untuk Masjid"