Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Cara Terbaik Untuk Memperbaiki Samsung J1 Mini SM-J105F Blank LCD

3 Cara Memperbaiki Samsung J1 mini SM-J105F Blank LCD

Samsung J1 mini SM-J105F Blank LCD dan Not Backlight - Ponsel Android Samsung Galaxy SM-J105F merupakan salah satu smartphone yang cukup sering digunakan setiap orang.

Terlebih ponsel Samsung J1 mini ini sudah didukung dengan jaringan internet 4G, walaupun untuk spesifikasi nya sudah tertinggal jauh dibanding dengan ponsel tipe sekarang.

Walaupun memiliki spesifikasi yang tidak tergolong oke, namun masih banyak jenis aplikasi yang bisa di instal pada smartphone Samsung Galaxy J1 mini SM-J105F.

Untuk menginstal beberapa aplikasi sosial media seperti Facebook lite, twitter, instagram ataupun WhatsApp sepertinya ponsel Android Samsung J1 mini ini masih bisa diandalkan.

Namun kali ini Dfixed tidak akan membahas mengenai spesifikasi dari j1 mini secara luas, tetapi kita akan fokus pada permasalahan kerusakan yang sering sekali terjadi pada sebuah smartphone Android.

Dimana kerusakan ini sering terjadi pada smartphone Samsung J1 mini SM-J105F, dan kerusakan tersebut adalah Blank LCD atau Not Light Display.

Biasanya kerusakan ini akan menyebabkan tampilan pada layar ponsel akan putih tanpa gambar atau sama sekali tidak ada tampilan seperti halnya ponsel yang mati.

Akan tetapi kamu tetap bisa mendengarkan suara nada dering dari panggilan telepon dan juga nada notifikasi dari pesan atau chat yang masuk.

Namun dikarenakan LCD pada ponsel Blank atau Not Light Display maka sangat sulit untuk mengoperasikan ponsel Samsung Galaxy J1 mini secara normal.

Untuk menganalisa kerusakan Samsung SM-J105F Blank LCD atau Not Light Display maka perlu dilakukan beberapa langkah perbaikan, berikut ini Dfxed akan membagikannya kepada agan/sis semua.


3 Cara untuk memperbaiki Samsung J1 mini SM-J105F Blank LCD atau Not Light Display

 

1. Periksa socket LCD

Sebagai langkah awal agan/sis bisa melakukan pemeriksaan pada soket LCD pada ponsel Android Samsung j1 mini.

Terjadinya kerusakan blank hitam atau blank putih pada LCD ponsel juga bisa diakibatkan korosi pada soket LCD. maka coba lakukan pemeriksaan dan bersihkan soket LCD.

Jika terjadi korosi pada pin konektor soket LCD pada mainboard, maka lakukan solder ulang pada bagian tersebut agar setiap kaki pin konektor terhubung kembali dengan sempurna.


2. Ganti Layar LCD

Jika ternyata kondisi soket LCD dalam keadaan baik-baik saja, maka untuk langkah selanjutnya bisa mencoba mengganti layar LCD pada HP Samsung Galaxy J1 mini.

Kerusakan Samsung J1 mini SM-J105F Blank LCD hitam atau putih bisa diakibatkan karena ponsel terjatuh atau tertimpah benda yang berat, sehingga menyebabkan kerusakan pada Panel LCD.

Agan/sis bisa coba mengganti LCD yang baru dan uji fungsi nya. Jika tampilan layar kembali normal maka ponsel bisa agan/sis rakit kembali ke posisi semula dan siap digunakan.

Namun jika Samsung J1 mini SM-J105F Blank LCD, maka perlu dilakukan pemeriksaan lanjutan.


3. Ganti Komponen Dan Periksa Jalur Di PCB

Untuk membantu agan/sis dalam menganalisa kerusakan no display, blank LCD atau not backlight pada smartphone Samsung Galaxy J1 mini, make Dfixed akan memberikan sebuah gambar diagram sebagai panduan.

Lakukan pengukuran pada setiap komponen dan pastikan semua tegangan yang dihasilkan oleh komponen sesuai dengan yang ada pada gambar diagram.

Cara Memperbaiki Samsung J1 mini SM-J105F Blank LCD
Sumber Gambar : tiandercellular.blogspot.com

Pengukuran dilakukan pada posisi ponsel menyala, bukan pada posisi sleep mode, agan/sis bisa mengira-ngiranya agar mendapatkan hasil pengukuran yang akurat.

Jika terdapat komponen yang mengalami keruskan maka segera lakukan pergantian dengan jenis komponen yang sama.

Untuk gambar garam kedua, agan/sis bisa cukup melepaskan saja komponen kapasitor yang tidak menghasilkan tegangan. Dan cara ini biasanya berhasil untuk mengatasi kerusakan blank LCD, no display atau no backlight pada ponsel Samsung Galaxy J1 mini SM-J105F.

Memperbaiki Samsung J1 mini SM-J105F Blank LCD

Demikianlah informasi dan tutorial untuk memperbaiki kerusakan pada Hp Android Samsung J1 mini SM-J105F Blank LCD dan not backlight. Semoga cara ini bisa bermanfaat bagi agan/si semua nya. Thanks.

Posting Komentar untuk "3 Cara Terbaik Untuk Memperbaiki Samsung J1 Mini SM-J105F Blank LCD"