Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Merek Solder Uap Terbaik Dan Bagus Buat Para Teknisi Update 2022

5 Merek Solder Uap Terbaik Buat Para Teknisi

Solder uap merupakan salah satu alat yang penting bagi seorang teknisi dalam memperbaiki perangkat elektronika yang rusak. Kegunaan solder uap berfungsi untuk melepaskan komponen seperti resistor, kapasitor, dioda ataupun IC dari sebuah mainboard PCB. biasanya setiap komponen direkatkan oleh timah pada sebuah PCB, maka fungsi solder uap iyalah untuk melelehkan timah agar komponen lebih mudah dicabut atau dipasang.

Selain model analog, ternyata terdapat juga solder uap blower dengan tipe serta pengaturan digital dengan berbagai fitur dan juga merek. Tentunya dengan beraneka ragam merk serta harga yang ditawarkan akan membuat agan/sis bingung untuk memilih produk solder uap yang tepat sesuai kebutuhan.

Nah untuk menjawab keinginan itu,maka pada artikel ini Dfixed akan memberikan beberapa rekomendasi produk solder uap yang bagus, dari mulai harga serta fitur yang dimilikinya. Maka simak terus ulasnya nya.


5 Produk solder uap blower yang bisa menjadi rekomendasi buat para teknisi



1. WEP 858D SMD Rework Station Solder Uap

WEP 858D SMD Rework Station Solder Uap

Solder uap blower ini memiliki ukuran yang kecil serta dilengkapi dengan layar display digital untuk menunjukkan tekanan udara serta temperatur panas yang dihasilkan dari elemen pemanas solder uap tersebut.

Fitur Produk

Bahan material body mesin utama terbuat dari paduan besi yang unggul, yang kebal terhadap suhu tinggi dan tahan lama.
Fitur kipas brushless pada gagang solder uap:

  1. Kipas motor brushless pada solder uap memiliki masa pakai      hingga 20000 jam. Aliran udaranya lembut, kuat dan merata.
  2. Elemen pemanas solder uap menggunakan inti pemanas baru yang dikembangkan dengan bahan keramik, memiliki stabilitas yang kuat, ketahanan terhadap benturan dan mampu menahan getaran.
  3. Nosel  pada solder uap terbuat dari stainless steel unggul dengan konduktivitas yang lebih baik dan ketahanan oksidasi yang kuat.


Cocok untuk digunakan dalam perbaikan SMD, chip terintegrasi dengan beberapa pin,perbaikan komponen kecil, untuk penggantian konektor cas pada HP.
Solder uap ini juga cocok digunakan untuk perbaikan perangkat elektronika, ponsel, perbaikan komputer dan sebagai kelengkapan alat praktek di sekolah.

Untuk harga dari solder uap WEP 858D SMD Rework Station dibanderol dengan harga 450 ribu sampai 500 ribu.


2. Solder Uap Quick 850A

Solder Uap Quick 850A

Jenis solder uap ini merupakan tipe yang sangat konvensional dimana segala pengaturan nya masih menggunakan jenis analog dengan batuan potensiometer.

Tentunya harus memiliki keahlian khusus untuk mengatur tekanan udara serta temperatur untuk mendapatkan setingan panas yang tepat. Karena semua pengaturan masih menggunakan tipe manual.

Akan tetapi Solder Uap Quick 850A merupakan produk yang cukup bagus, handal dan banyak digunakan para teknisi. Untuk bandrol dari produk Solder Uap Quick 850A berkisar harga 700 ribuan saat ini.



3. WEP 3in1 Blower Uap Power Supply Soldering Station 853D Plus

WEP 3in1 Blower Uap Power Supply Soldering Station 853D Plus

Buat agan/sis yang memiliki ruang kerja yang tidak terlalu luas untuk menempatkan bermacam alat perbaikan elektronika. Maka salah satu produk solder uap ini bisa menjadi rekomendasi yang tepat dimana solder uap WEP 3 in 1 Blower Uap Power Supply Soldering Station 853D Plus memiliki 3 fungsi yang berbeda di dalam 1 produk.

Solder uap tentunya merupakan fungsi utama dari produk ini, namun terdapat 2 kelebihan lainya dimana terdapat power supply dan juga solder konvensional baisa. Semua pengaturan sudah bersifat digital dan dilengkapi panel display, sehingga agan/sis bisa menentukan tekanan udara serta temperatur panas yang diinginkan secara tepat. 

Untuk urusan harga solder uap WEP 3 in 1 Blower Uap Power Supply Soldering Station 853D Plus di bandrol di angka 1,6 jutaan.


4. Cody 909D 4-in-1 Solder Uap

Solder Uap Cody 909D 4-in-1

Tidak mau kalah dengan produk solder uap WEP 3 in 1 Blower Uap Power Supply Soldering Station 853D Plus, ternyata solder uap merk Cody memiliki fitur yang lebih lengkap dimana terdapat 4 fitur berbeda pada 1 produk.

Tentunya 4 fitur itu berguna untuk mendukung agan/sis dalam menganalisa dan memperbaiki kerusakan pada sebuah perangkat elektronika seperti pada HP, laptop ataupun televisi.

4 fitur yang bisa didapatkan dari solder uap Cody ini adalah: Solder Uap CODY 909 Digital 4 in 1 ini memiliki 4 fungsi dalam satu produk yakni Solder Uap, Solder Temperatur, Power Supply dan USB sehingga akan sangat ekonomis, lebih efisien dan tidak memakan banyak ruang dalam penempatanya.

Blower CODY 909D+ ini juga dilengkapi dengan sensor otomatis pada gagang blowernya sehingga ketika gagang blower diletakkan maka suhu akan turun dan ketika gagang blower diangkat kembali maka suhu akan naik sesuai dengan suhu yang telah tersetting sebelumnya. Serta Dilengkapi layar Digital LED untuk melihat akurasi suhu dan udara yang sedang dipergunakan.

Untuk urusan harga Solder Uap CODY 909 Digital 4 in 1 di bandrol di harga pasaran 1,3 jutaan.


5. Solder Uap Gordak 952 Double Digital Display

Solder Uap Gordak 952 Double Digital Display

Untuk urusan desain dan bentuk solder uap ini tidak jauh berbeda dengan Solder Uap Quick 850A. Namun kelebihan dari Solder Uap Gordak 952 adalah sudah dibekali dengan display digital setara penambahan solder jenis konvensional temperatur di sisi kanan nya.

Untuk embusan udara juga termasuk stabil karena menggunakan tabung udara bukan menggunakan kipas. Selang pengalir udara ke gagang solder uap juga memiliki ketebalan yang baik, serta gagang solder uap juga dibuat dari material plastik yang tebal anti meleleh akibat panas.

Dengan dukungan layar digital display , maka akan mempermudah pengoprasian dan mempermudah tekanan udara setara temptarur panas.
Harga yang di bandrol untuk produk Solder Uap Gordak 952 di kisaran angka 1, 2 jutaan saat ini.


Agan/sis boleh saja membeli merek solder uap dengan harga murah sesuai dengan anggaran yang ada, namun tetap pastikan keaslian dari produk tersebut serta pastikan juga setatus garansi dari solder uap tersebut,sehingga jika ada kerusakan bisa dilakukan klaim garansi.

Namun jika agan/sis memiliki anggaran yang lebih bisa memilih jenis solder uap solder blower digital dengan beragam fitur untuk mendukung kinerja yang lebih maksimal dalam memperbaiki kerusakan pada perangkat elektronik.

Demikianlah ulasan tentang produk solder uap terbaik yang telah Dfixed rangkum. Semoga bisa menjadi referensi buat agan/sis dalam memilih merk solder uap yang tepat sesuai kebutuhan. Thanks.

Posting Komentar untuk "5 Merek Solder Uap Terbaik Dan Bagus Buat Para Teknisi Update 2022"