Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Tips Memilih Senar Gitar Akustik Anti Karat Terbaik (Update 2022)

4 Tips Memilih Senar Gitar Akustik Anti Karat Terbaik

Senar gitar akustik anti karat - Untuk jenis senar gitar akustik  memiliki 2 jenis yaitu string baja dan juga senar nylon. Biasanya penggunaan 2 jenis senar gitar ini akan disesuaikan dengan jenis musik apa yang akan dimainkan, selain itu antara senar gitar string baja da juga senar nilon memiliki keunggulan nya masing-masing.

Pada sebuah gitar akustik ataupun gitar elektrik, keberadaan senar gitar merupakan unsur penting saat kita akan memainkan gitar disebut. Karena senar adalah sumber suara ketika kita memetik senar pada gitar.


Cara memilih senar gitar akustik anti karat terbaik

Untuk memilih jenis senar gitar terbaik, maka harus disesuaikan dengan gaya permainan gitarmu. Maka sudah pasti kamu harus lebih cermat dalam memilih jenis senar gitar akustik terbaik agar performa dalam permainan gitar mu lebih maksimal dan juga terasa nyaman. Berikut ini Dfixed akan memberikan tips dalam memilih senar gitar akustik terbaik.


1. Pilih berdasarkan ukuran senar

Jika kamu sedang mencari senar gitar akustik atau gitar elektrik maka terdapat jenis ukuran pada bungkus senar gitar tersebut. Biasanya akan tertulis 0.010, 0.011, 0.012 dan lain-lain.
Angka-angka tersebut merupakan diameter dari senar gitar akustik tersebut. Dimana setiap ukuran senar akan mewakili teknik permainan gitar mu dan juga hasil suara yang kamu inginkan. So, pastikan kamu memilih ukuran senar gitar akustik yang tepat ya.


2. Perhatikan tension

Untuk masalah tension,kamu harus memperhatikan jenis senar berbahan apa yang akan kamu pilih, untuk jenis senar nylon biasanya akan memiliki diameter lebih besar bandingkan dengan senar gitar berbahan steel, sehingga tension yang dihasilkan oleh senar nylon lebih rendah.

Selain itu playability saat menggunakan senar gitar berbahan nylon akan lebih ringan dan empuk dibandingkan jika kamu menggunakan senar gitar akustik berbahan baja. Di sisi lain tension juga akan mempengaruhi besarnya suara yang di hasilakan oleh senar gitar.


3. Bahan dari senar gitar

Suara serta timber yang di hasilkan oleh senar gitar tentunya sangat dipengaruhi oleh bahan yang ada pada senar gitar tersebut. Pada umumnya bahan yang digunakan pada senar gitar terdapat 4 jenis yaitu:

  • Senar gitar berbahan 80/20 Bronze dengan hasil suara lebih bright.
  • Senar gitar belahan phosphor bronze , dengan hasil suara brilliance.
  • Senar gitar akustik berbahan silk steel, yang mampu menghasilkan suara lebih mellow.
  • Senar gitar berbahan flat tops , dimana dapat menghasilkan suara mellow, dan sedikit bright pada senar 1 dan 2


4. Amati tentang coated pada senar gitar

Bisanya senar gitar akan mengalami korosi atau mulai berkarat seiring pemakaian yang semakin lama. Apabila kamu ingin mendapatkan senar gitar akustik anti karat terbaik,coba pastikan pada kemasan senar gitar terdapat tulisan coated.

Dimana arti dalam tulisan adalah senar gitar memiliki bahan lapisan yang mampu melindungi dari karat dan juga korosi. Jenis senar gitar dengan lapisan coated ini sangat cocok bagi kamu yang memiliki tangan yang mudah berkeringat serta ruangan yang memiliki kelembaban cukup tinggi.

Berikut ini adalah 10 Rekomendasi Senar Gitar Akustik Terbaik Anti Karat

Ketika akan memilih senar gitar anti karat terbaik, sebaiknya lihatlah, kualitas, bahan yang digunakan dan apakah dilengkapi dengan lapisan coated. Sehingga hasil suara dari gitar bisa sesuai dengan keinginan yang kamu mau serta kenyamanan dalam permainan gita pun akan terpenuhi.

Posting Komentar untuk "4 Tips Memilih Senar Gitar Akustik Anti Karat Terbaik (Update 2022)"