Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Manfaat Terbaik Membaca Surat Yasin Setelah Sholat Maghrib

Manfaat membaca surat yasin setelah solat maghrib - Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, Jumpa lagi bersama Dfixed yang Pada kesempatan kali ini kita akan mengulas tentang 5 manfaat membaca surah Yasin.

Surat Yasin adalah surat ke-36 Al-Qur'an, dan diturunkan di Mekah pada masa pertengahan sebelum hijrah, sehingga tergolong surat Makkiyah.

Dalam tradisi masyarakat Indonesia Surat Yasin menjadi salah satu surat yang selalu dibaca oleh kaum muslim Khususnya ketika hari Jumat atau di saat tertimpa kemalangan atau meninggal dunia.

Titik kepercayaan pada hari Kebangkitan ditekankan dalam surat Yasin serta bukti-bukti yang menunjukkan Allah adalah satu. Surat Yasin juga menggambarkan syurga yang tersedia bagi orang-orang yang beriman.

Surat Yasin biasanya dibaca pada hari Jumaat, tetapi juga dapat dibaca setelah sakat maghrib, ketika ada orang dalam sakratul kematian, mengirimkan doa untuk keluarga, kerabat, atau teman yang telah meninggal. Surah Yasin juga bisa disebutkan sebagai inti dari Al-Quran, yang berisi 83 ayat.

5 Manfaat Membaca Surat Yasin Setelah Sholat Maghrib

 Berikut ini informasi lengkap mengenai 5 manfaat membaca Surat Yasin yang telah Dfixed rangkum untuk Anda.

 

5 Manfaat membaca surat yasin

 

1.Akan selalu diberikan kebahagiaan

Manfaat membaca Surat Yasin yang pertama dapat membawa kebahagiaan, terutama jika dilakukan setiap hari atau membaca surat yasin setelah sholat maghrib.

Dengan izin Allah subhanahu wa ta'ala akan membuat pikiran lebih tenang terhindar dari rasa cemas.

“Orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah Ingatlah hanya dengan mengingat Allah lah hati menjadi tenteram” (Ar-ra’ad :28)


2. Membuat rezeki menjadi lancar

Keuntungan membaca Surat Yasin selanjutnya adalah memperoleh kelancaran rezeki, kelancaran rezeki ini berupa kemudahan segala keinginan dan hajat nya dengan melanjutkan Istiqomah dan melakukan usaha yang terbaik, maka Allah Subhanahu Wa Ta'ala akan membuat segalanya menjadi lebih mudah baginya.

“Barangsiapa yang membaca surat Yasin dari pagi hari ini maka pekerjaan di hari itu dimudahkan dengan keberhasilan, dan jika membacanya di akhir suatu hari maka tugasnya hingga pagi hari berikutnya agar dimudahkan juga” (Sunnah damiri juz 2 halaman 549).


3. Mendapatkan ampunan dosa

Membaca Surat Yasin, selain dapat memberikan keselamatan, kebahagiaan juga bisa memperbanyak pahala yang diterima.

Selain itu dengan membaca surat yasin maka dosa berlangsung seumur hidup, bahkan dosa seukuran gunung akan lebih mudah bagi Allah subhanahu wa ta'ala untuk memaafkan nya.

“Siapa yang baca surat Yasin pada malam hari dengan mengharap keredhaan Allah maka diampuni dosa-dosanya” (HR. At Thabrani dan Al-Bayhaqi, dari Abu Hurairah ra).


4. Terhindar dari malapetaka

Membaca surat Yasin adalah cara lain untuk menghindari bencana. Allah subhanahu wa ta'ala akan lebih melindungi dan menyelamatkan Anda sepanjang hidup Anda di dunia jika Anda membaca surat Yasin.

Tidak akan mudah terkena penyakit berbahaya, mati syahid, dipermudah ketika roh keluar dari raga, bahkan akan tetap dilindungi Allah SWT di akhirat nantinya.

“Barang siapa yang lebih seakan membaca Yasin setiap malam maka tanpa terduga dia menemui ajal Nya maka matinya dalam keadaan Syahid” (HR. At Thobroni, dari pernyataan Anas Bin Malik).


5. Membuat hidup menjadi lebih berkah

Manfaat membaca Surat Yasin berikutnya ternyata dapat meningkatkan keberkahan hidup, Hal ini dikarenakan Pahala membaca ayat suci Al Quran ini.

Apabila kehidupan seseorang diberkati selama di dunia, maka sudah pasti segala urusan di dunia dan akhirat nanti akan lebih mudah.

Allah selalu memberikan jalan kepada hamba-hambanya yang taat seperti membaca ayat suci Al-Quran salah satunya Surat Yasin.
 
“Barangsiapa yang membaca surat Yasin sepenuhnya dan saat mencapai ayat 58 surat Yasin tersebut diulang sebanyak tujuh kali maka Allah SWT akan mempermudah dan mengabulkan hajat”

 

Sungguh banyak serta besar karunia Allah SWT yang bisa di dapat dari membaca surat Yasin. Maka sangat baik untuk mengamalkan bacaan surat Yasin ini setiap hari maupun setelah sholat maghrib. 

Posting Komentar untuk "5 Manfaat Terbaik Membaca Surat Yasin Setelah Sholat Maghrib"