-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Merawat Dan Memperbaiki Mesin Cukur Rambut Yang Tumpul

Cara Merawat Dan Memperbaiki Mesin Cukur Rambut Yang Tumpul

Cara Memperbaiki Mesin Cukur Rambut Yang Tumpul - Banyak mesin cukur rambut memiliki fungsi penajaman otomatis yang mampu menjaga pisau tetap tajam, tetapi jika pisau tidak dilumasi dan dibersihkan secara teratur, itu akan mempercepat mata pisau di mesin cukur cepat tumpul. Pertajam mesin cukur rambut Anda jika menemukan masalah, untuk menghindari masalah berkarat dan tumpul.

Untuk mempertajam pisau cukur dengan benar, bersihkan terlebih dahulu mesin cukur dari rambut dan karat yang menempel.


Berikut tips untuk merawat mesin cukur rambut agar terhindar dari karat yang mengakibatkan mata pisau cukur menjadi tumpul



Membersihkan Mesin Cukur

Untuk langkah awal buka baut pisau cukur. Temukan baut yang menempelkan pisau ke mesin pencukur lalu buka. Sebagian besar pencukur memiliki dua baut di dekat pisau. Angkat pisau cukur yang telah terlepas tadi secara perlahan.

Menggunakan klip atau pinset untuk menarik bagian bawah pisau jika sulit untuk dibuka.
Perhatikan tata letak dan pengaturan setiap bagian dan cara pemasangan mata pisau cukur rambut. Hal ini dilakukan agar proses pemasangan ulang berjalan lancar.



Bersihkan rambut-rambut yang tersisa

Lebih mudah proses mempertajam alat cukur jika Anda membersihkannya. Untuk membersihkan rambut yang tersangkut di dalam pisau cukur, gunakan sikat kawat, benang baja, atau sikat gigi bekas.

 

Hilangkan karat dengan pembersih mata pisau cukur

Jika alat cukur rambut Anda memiliki kadar yang cukup banyak dan tidak mudah dihilangkan setelah menyikatnya, maka bisa gunakan cairan pembersih karat atau produk pembersih lain untuk dapat menghilangkan karat yang membandel.

Untuk menghilangkan karat, rendam pisau cukur rambut dalam mangkuk kecil berisi cairan alkohol selama beberapa menit atau celupkan kapas ke dalam alkohol dan gosokkan pada pisau.

Beberapa orang telah berhasil menghilangkan karat dengan isopropil alkohol, tetapi Anda akan membutuhkan larutan alkohol yang lebih kuat, seperti larutan alkohol 90%. Selain itu mungkin anda bisa menggunakan cairan WD 40 untuk menghilangkan karat yang menempel pada mata pisau cukur rambut milik anda.


Keringkan pisau cukur rambut

Untuk membersihkan dan mengeringkan cairan dari mata pisau cukur, perlu menggunakan handuk bersih. Jika karat tetap ada, ulangi prosedur pembersihan.
Tahap terakhir Anda mungkin perlu mengganti pisau cukur rambut jika karat sulit dihilangkan bahkan setelah digosok.

 

Lakukan percobaan terlebih dahulu dengan mata pisau cukur yang telah di bersihkan

Nyalakan mesin cukur rambut selama beberapa menit untuk memastikan bahwa semua fungsi berjalan dengan normal, dan kemudian cobalah pada rambut Anda. Jika pisau cukur masih terasa tumpul, lanjutkan ke langkah berikutnya untuk mempertajamnya.
Namun sebelum melangkah ke proses perbaikan selanjutnya, anda bisa mencoba menambahkan cairan oli pada mata pisau cukur dan uji kembali fungsi nya.


Berikut langkah yang tepat untuk memperbaiki mesin cukur rambut yang tumpul


Untuk menajamkan mata pisau mesin cukur rambut yang tumpul anda bisa melakukan beberapa langkah di bawah ini:
 

Pertajam pisau dengan menggosoknya ke batu asah. Batu asah ini dapat ditemukan di toko pasokan bahan angunan dan toko peralatan rumah tangga. Gosokah sekitar lima hingga sepuluh kali dengan posisi 1 arah sampai pisau mengkilap dan tajam. Apabila terdapat serbuk besi dari hasil penggosokan mata pisu cukur tadi, anda bisa membersihkanya dengan handuk kering atau kuas yang lembut. Ulangi cara ini pada sisi mata pisau cukur rambut yang lain hingga hasilnya sama.

Ulangi penggosokan mata pisau cukur dengan batu asah yang lebih halus. Sehingga membuat mata pisau cukur menjadi lebih mengkilap dan juga tajam. Gosok setiap sisi pisau lima hingga sepuluh kali ke arah yang sama pada batu penajaman, seperti langkah sebelumnya. Setelah itu, bersihkan pisau dengan handuk atau kuas halus jika terdapat serpihan debu besi hasil dari penggosokan tadi.

Pasang kembali pisau pencukur. Pastikan posisi dan tata letaknya pisau cukur sama seperti sebelum Anda membongkarnya, dan selanjutnya pasang semua baut dan kencangkan.

 

Berikan pisau cukur rambut dengan minyak khusus, apalagi jika pisau cukur baru saja dipertajam. Oleskan beberapa tetes minyak ke permukaan pisau untuk mencegah kerusakan akibat panas dan meminimalkan gesekan, yang dapat menyebabkan pisau menjadi tumpul lagi.

Anda bisa menggunakan jenis minyak khusus yang bisa digunakan untuk melumasi mata pisau cukur rambut, anda bisa mengecek nya melalui internet atau bertanya pada tukang cukur rambut di sekitar anda.

Nyalakan alat pencukur rambut dan biarkan berjalan selama beberapa detik.cara ini dilakukan agar posisi mata pisau cukur bisa kembali ke posisi semula. Selajutnya mesin cukur rambut Anda dapat digunakan untuk memangkas rambut, dengan pisau yang lebih tajam yang membuatnya lebih mudah digunakan.


Tips Tambahan

Jika anda mengalami kesulitan saat proses menajamkan mata pisau cukur rambut, maka anda bisa mencari informasi dan jasa yang mampu menajamkan alat cukur rambut milik anda.

Menggunakan batu asah yang murah bisa saja anda gunakan untuk menajamkan pisau cukur, namun sebaiknya cari produk batu asah terbaik yang bisa memberikan hasil yang lebih baik untuk ketajaman mata pisau cukur rambut anda.

Jenis mata pisau cukur rambut berbahan keramik sepertinya tidak perlu di tajamkan lebih rutin, karena akan membuat mata pisau kramik akan mudah rusak dan patah.

Posting Komentar untuk " Cara Merawat Dan Memperbaiki Mesin Cukur Rambut Yang Tumpul"