-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara Merawat Baterai Laptop Agar Tahan Lama

6 Cara Merawat Baterai Laptop Agar Tahan Lama

Cara merawat baterai laptop agar awet dan tahan lama - Aktifitas sehari-hari banyak orang sekarang disertai dengan laptop. Banyak tugas yang mungkin dapat diselesaikan dengan bantuan laptop dan bantuan koneksi internet. Laptop dapat digunakan untuk belajar, bekerja, mendengarkan musik, dan menonton film. Baterai adalah salah satu komponen laptop yang paling penting. Sangat penting untuk memahami cara merawat baterai laptop untuk memperpanjang umurnya.

Mayoritas baterai laptop pada tipe terbaru menggunakan teknologi non-removable battery atau baterai tanam. Karena baterai yang dapat dilepas lebih mahal daripada baterai tanam, maka cukup banyak tipe laptop sekarang ini tidak menggunakan baterai jenis removable. Umur panjang baterai laptop dipengaruhi tidak hanya oleh kualitas baterai, tetapi juga oleh cara penggunaan dan perawatannya.


6 Langkah cara untuk merawat baterai Laptop agar tahan lama

Pengguna komputer laptop seringkali tidak menyadari kebutuhan perawatan baterai. Baterai, sama seperti komponen lain dalam laptop, memiliki masa pakai. Jika baterai dirawat dengan benar, mungkin baterai laptop bisa bertahan lebih lama dari yang diklaim oleh produsen laptop. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu baterai laptop Anda lebih awet dan tahan lama.

1. Hindari Daya Baterai Laptop Menjadi 0%

Setiap laptop saat ini memiliki pengingat daya baterai. Lebih baik hindari menggunakan baterai sampai benar-benar habis, atau 0 persen. Ketika sistem mengeluarkan peringatan, segera isi ulang baterai. Sebelum mengisi ulang daya, beberapa ahli menyarankan untuk menjaga daya baterai minimum 50 persen hingga 70% sebelum melakukan pengisian ulang baterai.

2. Cabut Charger Saat Daya Baterai Laptop Terisi 100%

Ketika baterai laptop benar-benar terisi penuh, bukan ide yang baik untuk tetap melekat pada pengisi daya atau adaptor. Ini merupakan tindakan sia-sia karena baterai laptop tidak lagi membutuhkan lebih banyak daya. Terus mengisi daya baterai laptop justru akan memperpendek umur baterai laptop itu sendiri.

3. Pastikan Daya Baterai Laptop Selalu Ada

Ada baiknya untuk memeriksa apakah baterai laptop Anda terisi daya sebelum membiarkan tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama. Kami menyarankan agar baterai laptop diisi setidaknya 50% sebelum ditinggalkan. Ini mungkin tampak mudah, tetapi dapat memberikan dampak yang baik agar baterai laptop memiliki umur yang lebih lama.

 

4. Atur Tingkat Kecerahan Layar LCD Laptop

Layar laptop dengan cahaya lebih cerah tentunya akan mengkonsumsi daya baterai yang jauh lebih banyak daripada pencahayaan yang rendah. Atur pencahayaan monitor laptop ke tingkat yang lebih rendah. Ini dapat memperpanjang masa pakai baterai. Di sisi lain, harus disesuaikan dengan keadaan dan kesehatan masing-masing individu.

5. Jaga Suhu Laptop Tetap Dingin

Salah satu masalah paling umum yang dihadapi pengguna laptop adalah suhu yang terlalu panas. Salah satu cara merawat baterai laptop adalah dengan menjaga suhu laptop tetap dingin atau tidak terlalu panas. Hindari untuk meletakan laptop Anda di bantal atau kasur. Karena kedua kebiasaan ini dapat membuat laptop menjadi panas akibat sirkulasi udara dari fan tidak berjalan dengan baik sehingga membuat baterai laptop lebih cepat panas.

6. Selalu Pakai Adaptor Pengisi Daya yang Asli

Selalu gunakan adaptor pengisian daya asli sebagai langkah merawat baterai laptop. Disarankan agar Anda membeli adaptor pengganti asli ( original ) jika adaptor pengisian daya bawaan rusak. Batrai Laptop tidak akan mengalami kebocoran daya jika Anda menggunakan adaptor pengisian daya baterai asli. Daya baterai yang bocor di laptop pasti dapat mengakibatkan kerusakan laptop pada bagian lainya.

Banyak pengguna laptop tidak merawat baterai laptop mereka dengan benar, sehingga baterai yang cepat terkuras dan tidak bertahan lama. Hindari perilaku yang dapat menyebabkan baterai non-removable laptop menjadi soak, rusak dan membuat umur baterai laptop menjadi lebih singkat.

Itulah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk merawat baterai laptop agar tahan lama. Sehingga bisa menghemat keuangan anda tanpa harus menggonta ganti baterai laptop.

Posting Komentar untuk "6 Cara Merawat Baterai Laptop Agar Tahan Lama"