-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

2 Cara Merangkai Lampu LED Dengan Baterai HP

2 Cara Merangkai Lampu LED Dengan Baterai HP2 Cara Merangkai Lampu LED Dengan Baterai HP

Cara Merangkai Lampu LED - Jika kita memahami berbagai teori elektronik, kita bisa melakukan banyak hal. Salah satunya adalah mengembangkan dan membuat alat dasar yang mungkin membantu dalam kehidupan sehari-hari seperti membuat lampu emergency dengan LED.

Pada artikel ini, Dfixed mengajak Anda untuk mempelajari cara merangkai beberapa rangakaian lampu LED bersama-sama dan menghubungkannya ke sumber daya, seperti baterai HP, baterai AAA, baterai 9 volt, atau bahkan catu daya adaptor bekas milik ponsel.

Penting untuk dipahami bahwa LED memiliki dua kaki: anoda dan katoda. Jadi, kita dapat menyatukan dua kaki yang berbeda dalam salah satu dari dua cara: yaitu dengan rangkaian paralel dan juga rangkaian seri.


Langkah-Langakah Untuk Membuat Rangkaian Lampu LED Dengan Baterai HP, Adaptor Atau Sumber Daya listrik DC Lainya

Perbedaan antara rangkaian LED seri dan paralel tidak hanya dalam urutan, tetapi ada juga terdapat kelebihan dan kelemahan untuk menggunakan salah satu dari dua jenis rangkaian LED tersebut. Namun pilihan itu kembali kepada anda akan menggunakan jenis rangkaian yang mana.


1. Cara Merangkai Lampu LED Secara Seri

Cara Merangkai Lampu LED Secara Seri

Sebelum Anda mulai menghubungkan lampu led secara seri, ada beberapa hal yang harus Diingat untuk menghindari kesalahpahaman. Oke, berikut adalah beberapa hal penting yang perlu diingat mengenai lampu LED yang terhubung dalam seri.

  • Setiap LED menerima jumlah arus yang sama.
  • Tegangan total sirkuit sama dengan tegangan di setiap LED.
  • Jika satu LED mengalami kerusakan, maka seluruh LED lainya juga tidak bisa menyala.
  • Setiap LED dengan rangkaian seri lebih mudah dirakit dan membutuhkan lebih sedikit kabel instalasi.


2. Cara Membuat Rangkaian Lampu LED Secara Paralel

Cara Membuat Rangkaian Lampu LED Secara Paralel

Sebelum Anda mulai merangkai lampu LED secara paralel, ada beberapa hal yang harus Anda ingat sehingga Anda tidak membuat kesalahan. Oke, berikut adalah beberapa hal penting yang perlu diingat mengenai lampu LED yang disusun secara paralel.

  • Setiap LED memiliki persyaratan tegangan yang sama.
  • Total arus yang berjalan melalui sirkuit sama dengan arus yang mengalir melalui setiap LED.
  • Setiap baris paralel LED membagi arus output.
  • Setiap LED diatur dengan cara yang agak lebih kompleks, mengharuskan penggunaan kabel tambahan.


Menghubungkan Lampu LED dengan Baterai HP

Jadi, setelah Anda mengetahui cara merangkai lampu LED dengan rangkaian seri dan paralel, silakan sambungkan ke baterai. Anda jangan bingung karena ada informasi ukuran voltase dan kutub negatif dan positif pada baterai HP. hal ini agar terhindar dari kesalahan selama instalasi.

Menghubungkan Lampu LED dengan Baterai HP

Perhatikan juga tegangan output baterai. Baterai dalam contoh di atas, misalnya, memiliki output tegangan 3,7 volt DC. Maka sesuaikan dengan jumlah LED yang Anda sambungkan. Anda dapat menggunakan resistor jika Anda menggunakan sejumlah LED yang lebih sedikit.

Intinya, Anda dapat menggunakan berbagai sumber tegangan, seperti baterai HP, charger adaptor bekas, power bank selama nilainya sesuai dengan persyaratan jumlah dan rangkain LED yang sebelumnya Anda tetapkan. Gunakan sedikit lampu LED jika catu daya Anda sederhana, dan sebaliknya.

 

Semoga informasi tersebut akan sangat membantu siapa saja yang tertarik untuk mencoba membangun atau ingin tahu cara merangkai lampu LED dengan  menggunakan komponen elektronika yang cukup sederhana dan murah.

Posting Komentar untuk "2 Cara Merangkai Lampu LED Dengan Baterai HP"