Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Plamir Tembok Sendiri, Kuat Dan Tahan Lama !

cara membuat plamir tembok


Cara Membuat Plamir Tembok Sendiri - Jika membeli plamir tembok bukan suatu pilihan bagi anda. Maka cara membuat plamir tembok bisa menjadi solusinya. Emang bisa ? Bisa lah, masa nggak. Banyak orang yang tidak ingin membeli sebuah plamir karena berbagai alasan. Dan tidak sedikit pula orang yang membuat plamir tembok dengan caranya sendiri dirumah.

Cara membuat adonan plamir tembok dempul tembok ini terbilang sangat praktis. Anda hanya perlu mengikuti panduan tutorialnya dibawah ini :


Bahan Membuat Plamir Tembok Sendiri

Jika bisa membuat, mengapa harus beli ! Begitulah kira-kira, kata yang menggambarkan sebuah penghematan uang. Namun bagaimana caranya ? Baik, langsung saja kita masuk ke langkah pertama :
 

1. Menyiapkan bahan

semen putih

lem putih (PVAc khusus plamir)

Tanpa bahan awal, semua akan terasa sia-sia. Sebelum melakukan proses selanjutnya, anda harus menyiapkan bahan berupa semen putih, lem putih (PVAc khusus plamir), alcasit dan air.
 

2. Proses pembuatan

Untuk proses pembuatannya cukup mudah, anda hanya perlu simak langkah demi langkah secara perlahan.

  1. Siapkan 1 bungkus lem putih (biasanya menggunakan lem fox atau rajawali).
  2. Semen putih (tiga roda)
  3. Ember cor plastik ukuran 2,5/3,5 L
  4. Alcasit secukupnya 1-3 sdm

Cara pembuatan :
Isi air kedalam ember kira-kira setengah dari ukuran ember tersebut. Lalu masukan 1/2 bungkus atau lebih lem putih kedalam ember yang berisikan air tadi. Aduk hingga lem bercampur rata dengan air. 
 
Setelah lem tercampur rata, lalu masukan semen putih secara bertahap dikuti penambahan alcasit secukupnya saja. Lalu aduk adonan hingga terasa seperti plamir pada umumnya. 
 
Jika adonan masih cair, tambahkan lagi semen putih secara sedikit demi sedikit, kemudian aduk hingga terasa kenyal. Jika dirasa sudah cukup. Maka plamir buatan sendiri bisa langsung diaplikasikan ke tembok.
 
 
Namun ingat !!! satu ember cor plastik tersebut harus dikerjakan oleh 3 orang. Sebab, jika terlalu lama, plamir tersebut dapat mengeras dan tentunya tidak bisa digunakan.
 
Jika ingin mengerjakan seorang diri. Sebaiknya membuatnya sedikit saja. Untuk takaran membuat plamir tembok, bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan, apabila dikerjakan oleh anda sendiri. Untuk takaran alcasit juga harus dikurangi, paling banyak 1/2 sdm saja.
 
Untuk proses pengaplikasian pada tembok, saya sudah jelaskan pada artikel yang berjudul Cara Plamir Tembok Dengan Tepat Dan Mudah


Bagaimana, apakah cara membuat plamir tembok dempul tembok diatas sudah bisa di mengerti ? Jika ingin mencoba tidak ada salahnya lakukan sedikit demi sedikit terlebih dahulu. Racikan tersebut sudah banyak dilakukan dan tentu hasilnya kuat dan tahan lama. Bisa anda aplikasikan pada luar ruangan maupun di dalam ruangan.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Plamir Tembok Sendiri, Kuat Dan Tahan Lama !"