Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Plamir Tembok Dengan Tepat Dan Mudah

Cara Plamir Tembok Dengan Tepat Dan Mudah

Cara Plamir Tembok Dengan Tepat Dan Mudah - Pada kesempatan ini, saya akan berbagi dengan anda mengenai cara plamir tembok yang mudah dan cepat. Untuk itu, yuk simak sampai habis ulasan yang ada dibawah ini.
 

Apa Itu Plamir

Plamir pada tembok merupakan sebuah proses awal sebelum melakukan tahap cat dinding selanjutnya. Apa fungsinya ? Ada beberapa fungsi plamir tembok, diantaranya :

  1. Meratakan hasil plaster yang bergelombang.
  2. Menutup pori-pori pada tembok
  3. Menutup warna asli dinding
  4. Membuat hasil cat menjadi lebih bagus.
  5. Menjadikan permukaan tembok menjadi halus.
  6. Membuat proses pengecetan menjadi mudah dan cepat.
  7. Membuat warna cat terlihat seragam saat diaplikasikan.
  8. Sebagai dempul hasil plaster yang retak



Setelah mengetahui fungsi plamir pada tembok. Selanjutnya kita masuk ke pembahasan utama yakni cara plamir tembok dengan tepat, mudah dan cepat. Berikut tahapannya :
 

1. Membersihkan permukaan tembok

Tahap yang paling awal dalam melakukan plamir tembok ialah membersihkan permukaan tembok tersebut. Jika tembok tersebut belum pernah di cat atau masih baru selesai di plester. Maka anda bisa membersihkan kotoran atau debu yang menempel pada dinding/tembok sebelum melakukan plamir. Tujuannya agar proses plamir tembok menjadi lebih mudah melekat.

Namun, jika tembok tersebut sudah pernah dicat sebelumnya. Anda harus lebih ekstra membersihkan sisa cat yang ada sebelum melakukan proses plamir. Walupun plamir dapat menutup sisa cat lama, alangkah baiknya anda bersihkan terlebih dahulu, agar proses pengerjaan menjadi lebih mudah.
 

2. Siapkan bahan dan alat untuk plamir

Setelah tahap awal sudah selesai. Selanjutnya anda menyiapkan bahan dan alat untuk proses plamir pada tembok. Untuk bahan plamir tembok, anda bisa membuat sendiri atau jika tidak ingin ribet, anda bisa langsung membelinya di toko bangunan terdekat yang sudah pasti kualitasnya teruji.

kape plastik dempul plamir

Untuk alat untuk plamir tembok, para ahli dibidangnya biasanya menggunakan kape PVC plastik/kapi dempul. Anda bisa membelinya di toko bangunan maupun pada online shop.
 

3. Pengaplikasian plamir pada tembok

Ini merupakan suatu tahap yang harus dilakukan secara tepat agar hasilnya memuaskan. Yang harus anda lakukan, ialah :
  • Menempatkan bahan plamir dalam suatu wadah.
  • Gunakan kape untuk proses plamirnya.
  • Lihatlah bagian tembok mana yang memiliki tekstur tidak rata, berpori, belubang dan retak.
  • Kemudian oleskan plamir menggunakan kape dan lakukan mulai dari atas kebawah agar proses terlihat rata dan rapi.
  • Pastikan semua bagian tembok yang ingin dicat sudah diplamir dengan sempurna.

4. Pengeringan plamir

Apabila seluruh permukaan tembok sudah rata atau sudah diplamir. Maka anda hanya perlu menunggu plamir/dempul tersebut mengering dan menempel dengan sempurna. Proses ini biasanya memakan waktu 1 harian, maka bersabarlah.
 

5. Pengamplasan pada tembok

Pengamplasan pada tembok dengan kertas pasir

Setelah plamir benar-benar sudah mengering. Anda bisa melakukan pengamplasan dengan menggunakan amplas yang bertekstur halus. Lakukan secara perlahan pada tembok yang telah di plamir, agar permukaan menjadi lebih halus dan siap untuk di cat. 
 
Setelah itu jangan lupa untuk membersihkan seluruh permukaan tembok dari debu dan sisa partikel kecil pada saat menggosok dengan amplas tersebut.
 

6. Cek ulang seluruh permukaan tembok

Sebelum memutuskan mengecat. Alangkah baiknya anda mengecek kembali tembok yang sudah dikerjakan sebelumnya. Pastikan semua permukaan sudah rata dan halus agar mempermudah proses pengecatan selanjutnya. 
 
 
Cara plamir tembok diatas bisa anda kerjakan sendiri apabila telah memahami semua proses yang ada. Namun, jika anda tidak ingin melakukan proses plamir pada tembok. 
 
Sebaiknya anda membaca terlebih dahulu artikel yang berjudul "Cat dasar tembok tanpa plamir, bisakah ?" Diartikel itu, anda akan mendapat pemahaman bagaimana jika mengecat tanpa menggunakan plamir.

Posting Komentar untuk "Cara Plamir Tembok Dengan Tepat Dan Mudah"