Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6+ Cara Mengecat Dinding Batu Bata Tanpa Plester Terbukti Berhasil

Dfixed.com - 6+ Cara Mengecat Dinding Batu Bata Tanpa Plester Terbukti Berhasil. Pemilik rumah biasanya ingin memiliki nilai yang estetik pada rumahnya yang mana sudah menjadi nilai yang fungsional karena dengan begitu akan membuat rumah lebih indah dan nyaman untuk dihuni dan kebanyak orang lebih memilih warna tembok rumah yang sesuai dengan tema rumahnya. Yang mana rumah yang terlihat buram akan terlihat cerah dan ceria jika menggunakan warna cat yang sesuai.

6-cara-mengecat-dinding-batu-bata-tanpa-plester-terbukti-berhasil

Tapi tidak semua juga dinding rumah kalian ada yang sudah di plester  yang mana plester sendiri merupakan sebuah tahap akhir dari pembuatan dinding akhir dengan dilakukan dengan memberikan lapisan adonan dari campuran air, pasir dan semen. Biasanya juga dalam hal pengecatan akan diplester terlebih dahulu supaya cat nanti bisa melekat dengan mudah yang mana itu akan memberikan kesanyang mudah bagi kalian yang ingin ngecat rumah. Ada banyak sekali merk cat untuk batu bata yang bisa kita temui, sobat cukup menanyakan saja merknya di toko terdekat.


Ada sebuah tren eksterior dan tren interior yang mana itu adalah tren dan desain yang klasik, yang mana itu merupakan desian yang saat ini popular dan banyak diminati karena dari awal pembangunan memang tidak dilakukan plesteran atau pelur pada dinding dengan tujuan memunculkan motif asli pada tembok. Banyak sekali desain dengan dinding batu bata tanpa plester maupun desain rumah batako tanpa plester yang telah menjadi hal yang unik dikalangan para desainer rumahan. Untuk sedikit akan saya jelaskan beberapa cara mengecat dinding batu bata tanpa plester dengan mudah dan pasti berhasil. 


Cara Mengecat Tembok Yang Belum Diplester Dengan Hasil Maksimal

Jika saat ini kalian berniat untuk tidak memplester terlebih dahulu dan ingin mengaplikasikan cat tembok yang mana anda harus mengetahui cara mengecat tembok yang belum diplester terlebih dahulu yang mana harus dilakukan dengan benar dan tepat. Inilah beberapa Langkah yang bisa dilakukan untuk mengecat tembok yang belum di plester :


1. Bersihkan dinding

Ini merupakan tahap pertama yang sangat harus kalian lakukan terlebih dahulu dimana, dengan melakukan proses pembersihan pada tembok kalian terlebih dahulu karena kotoran dan jamur akan mudah mengganggu proses pengecatan yang mana tembok bisa menjadi tidak rata dan tentunya semua permukaan akan tidak rapi maka lebih baik bersihkan terlebih dahulu sampai bersih dan keliatan dengan kondisi yang rapi. Anda juga bisa belajar cara mengecat dinding motif bata merah yang tidak kalah menarik.

Tapi jangan lupa juga untuk selalu berhati-hati daam melakukan tahap pembersihan ini yang mana dengan menyikat terlalu keras akan menyebabkan runtuhnya spasi mortar atau bahkan menggerus material yang ada pada tembok dinding rumah kalian.


2. Persiapkan alat cat

Di tahap kedua ini kalian harus mempersiapkan semua alat cat yang mana alat cat yang digunakan seperti kuas besar, kuas kecil, dan koran atau kain lap yang mana fungsinya sebagi pelapis agar cat tmebok tidak mengotori lantai rumah kalian.

Mengecat dinding tidak bisa dilakukan dengan menggunakan roll kenapa karena memang jika tidak memakai plester terlebih dahulu Sebagian tembok akan memiliki permukaan yang tidak merata pada kesemua bagiannya, maka dari itu kalian bisa menggunakan kuas besar dan kuas kecil supaya cat bisa dilakukan dengan baik dan tentunya bisa dilakukan dengan rapi pada bagian yang sulit untuk di cat juga.


3. Pemilihan pada cat

Dimana tembok yang belum di plester akan memiliki permukaan yang agak kasar dan mudah menyerap air, maka dengan begitu untuk rekomendasi cat nya jga harus yang sesuai. Yang pertama kalian bisa menggunakan cat dasar atau cat lapisan pertama yang mana digunakan untuk permukaan dinding bahkan kalian juga bisa menggunakan plamir sebagai lapisan dasar pada tembok kalian.

Karena plamir juga akan membantu menahan cat supaya tidak terlalu diserap juga ke dalam tembok dinding  kalian, dan untuk melakukan cat kedua kalian bisa memiih cat tembok yang sesuai dengan warna yang kalian inginkan, dan jika ingin memiliki warna yang bagus cocokan dengan warna yag sesuai dengan lingkungan kalian.


4. Cat diaduk sesering mungkin

Pada tahap ini merupakan tahap yang dimana kalian akan melakukan adukan pada cat yang akan digunakan untuk mengecat rumah, karena dengan mengaduk cat yang akan dilakukan tentunya supaya cat yang akan digunakan dalam jangan waktu menengah tidak akan mengalami kekeringan dan juga tidak kental.

Karena semakin kental suatu cat maka pengaplikasiannya akan lebih susah tapi dengan cat yang adukannya pas akan membuat kualitas hasil yang bagus dan kuat untuk bisa mengikat di tembok tanpa plester tersebut.


5. Lakukan cat dengan perlahan

Untuk tahap ini anda mengecat tidak boleh terlalu cepat karena bisa saja, kualitas yang akan dihasilkan tidak merata maka dari itu untuk dasar dari awalan ini kalian bisa lakukan dengan menggunakan kuas dan biarkan mengering terlebih dahulu sampai mengering dengan sempurna.

Dan jika sudah kering maka kalian bisa bersihkan terlebih dahulu da bisa dilanjutkan dengan mengecat dengan tahapan lapisan yang kedua dengan cat warna yang diinginkan.


6. Sabar menunggu kering

Ini tahap terakhir jika kalian sudah melakukan pengecatan yaitu menunggu untuk kering, dan sambil menunggu ini kalian bisa melakukan untuk melakukan pembersihan pada lantai yang terjadi karena cipratan saat kalian mengecat tadi. Karena sehebat apapun kalian menutupi bagian lantai tetap saja akan ada noda yang terciprat dan kalian juga bisa lakukan pembersihan pada alat cat yang sudah digunakan supaya suatu saat nanti bisa digunakan Kembali dengan baik dan simpan di tempat yang seharunya.

Itulah beberapa cara yang bisa kalian gunakan untuk melakukan cat pada rumah yang belum di plester yang mana bisa dilakukan mandiri atau bisa juga dengan menyuruh pada tukang yang akan menghasilkan hasil yang bagus.


Penutup

Demikianlah tadi mengenai ulasan cara mengecat dinding batu bata tanpa plester terbukti berhasil yang bisa anda lakukan dirumah tercinta. Jangan lupa juga untuk terlebih dahulu memilih kualitas cat yang sesuai dengan tembok dan tentunya memiliki kualitas yang tahan lama supaya bisa bertahan lebih lama dan sekurang-kurangnya 1 tahun. Semoga dengan sedikit arahan di atas bisa memberikan manfaat buat kita semua.

Posting Komentar untuk "6+ Cara Mengecat Dinding Batu Bata Tanpa Plester Terbukti Berhasil"