Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara Mengecat Tembok Lama Dengan Warna Baru Dijamin Berhasil

Dfixed.com - 6 Cara Mengecat Tembok Lama Dengan Warna Baru Dijamin Berhasil. Bagi pemilik rumah mungkin akan sangat bosan jika rumah kalian masing-masing masih menggunakan cat lama pada rumah atau dinding yang mana itu sudah terlihat kusam karena jamur sendiri dan retak rambut, nah maka untuk solusinya pada kali ini adalah dengan mengecat ulang tembok yang mana itu dapat mengubah suasana rumah yang lebih segar dan tentunya terlihat lebih baru lagi.

cara-mengecat-tembok-lama-dengan-warna-baru-dijamin-berhasil

Tapi kalian mungkin bertanya-tanya apakah mengecat rumah ulang rumah itu harus dilakukan berapa kali dalam satu tahun? Untuk jawabannya sendiri tergantung pribadi kalian masing-masing yang mana secara umum bagian dalam pada rumah tidak memerlukan pengecatan ulang sesering dinding pada di luar rumah.


Ada beberapa bagian dalam rumah yang memang memerlukan pengecatan ulang secara berkala dan tentunya karena sudah menjadi pemakaian sehari-hari. Dan terutama untuk ruangan yang sering banget dipakai seperti dapur dan kamar mandi. Untuk itu akan saya jelasakan mengenai cara mengecat tembok lama dengan warna baru yang bisa memberikan anda solusi yang terbaik.


Dimana ruang keluarga pun dan ruang makan tidak harus perlu untuk di cat ulang kurang lebih selama 5-7 tahun, itupun jika kalian menggunakan kualitas cat yang tinggi dan tentunya tahan lama. Karena selain untuk memperbarui keindahan rumah, mengecat ulang rumah adalah salah satu cara merawat rumah juga. Bagi anda yang sedang mencari cara mengecat tembok yg sudah ada cat lama maka melalui artikel ini pilihan yang tepat.


Yang mana tak hanya untuk perawatan juga, mengecat ulang ini dapat meningkatkan nilai jual property jika suatu saat ingin menjualnya. Tapi ada hal yang perlu diketahui juga bahwa mengecat tembok rumah yang lama memerlukan perhatian yang lebih ekstra karena kalian harus menghabiskan banyak tenaga untuk penanganan sebelum di cat ulang.


Jangan pernah hanya ingin beres begitu saja karena dengan begitu tentunya suatu saat anda tidak mau memperbaiki kekurangan pada cat tembok yang akan begitu lagi, dan jika kalian ingin melakukan cara mengecat ulang tembok lama menjadi baru kembali maka kalian bisa lakukan dengan mengikuti step di bawah ini dengan benar.


Cara Mengecat Tembok Yang Sudah Pernah Dicat Untuk Pemula

Alangkah baiknya sebelum mengecat ulang kalian juga mengamplas dinding agar cat lama bisa terkelupas yang dimana amplas sampai rata supaya pengaplikasian cat dasar bisa rapi dan rata serta siapkan juga rollan buat mengaplikasikan cat nya dan siapkan ember sebagai wadah serta pilih cat dengan kualitas yang bagus dan bisa tahan lama. Mari kita lakukan tahapan-tahapan cara mengecat tembok yang sudah pernah dicat agar lebih fresh melalui panduan dibawah ini :


1. Siapkan terlebih dahulu area yang akan di cat

Ini merupakan Langkah pertama yang mana dengan memindahkan barang-barang terlebih dahuulu dari area yang akan di cat ulang tersebut supaya tidak terkena cipratan cat nanti. Jika mungkin barang itu besar seperti lemari cukup pindahkan ke tengah ruangan itu saja supaya kalian bisa dengan mudah untuk mengecat nya.

Tapi anda juga bisa menutupi semua barang dengan menggunakan plastic dan bisa diikat dengan isolasi yang mana itu akan membantu barang anda terlindung dari terkena cipratan dan percikan cat serta debu dari amplas.


2. Amplas cat yang lama

Seperti yang sudah disinggung di awal kalian harus mengikis terlebih dahulu cat yang lama dengan tujuan supaya aplikasi cat nanti bisa bagus dan hasil yang baik, dan mungkin kalian juga tergoda untuk bisa langsung mengoleskan cat baru di atas cat yang lama, namun itu tidak disarankan sama sekali yang mana sebenarnya itu bisa juga amun tidak akan menghasilkan hasil yang maksimal.


 3. Tembok dibersihkan

Pembersihan tembok ini adalah merupakan upaya agar saat mengecat nanti tidak ada lagi kotoran yang menempel yang mana akan membuat hasil yang tidak enak dilihat seperti cat yang bergelombang dan yang lainnya.  Maka sebelum melakukan cat ulang alangkah baiknya kalian terlebih dahulu untuk membersihkan tembok terlebih dahulu yang mana jika ada tambalan tambal terlebih dahulu dan lakukan pembersihan sampai bersih dan rata dengan amplas.

Karenaa tentunya anda sendiri tidak ingin kotoran dan noda Nampak pada cat yang baru saja anda lakukan pada dinding rumah kalian, yang mana jika anda sengaja mengecat tampa membersihkan itu hanya akan membuat cat tembok mudah terkelupas di lain hari.


4. Perbaiki atau tambal pada tembok yang berlubang

Tambal terlebih dahulu pada tembok yang berlubang maka dengan melakukan ini anda akan dengan mudah untuk melakukan pengecatan yang mana anda juga akan mendapatkan permukaan tembok yang halus dan tentunya siap untuk di cat dengan cat yang baru.

Gunakannlah dempul tembol dan kape untuk menambal lubang dan yang retaknya sudah kelihatan, dan jika sudah dilakukan maka amplas lagi untuk memperhalus permukaan tembok, dan lakukan pengamplasan juga dengan rapi di setiap sudut tembok yang akan di cat ulang.


5. Menggunakan cat dasar

Untuk tahap ini menggunakan cat dasar adalah sebuah kewajiban yang mana dengan menggunakan warna primer ini lapisan pada warna cat yang akan anda gunakan akan lebih kentara warnanya, karena jika dari awal tidak menggunakan warna primer maka akan membuat tampilan dinding tidak terlihat baik.


6. Biarkan sampai kering

Ini merupakan tahap yang dimana anda hanya tinggal menunggu sampai cat tembok yang sudah di cat ulang mengering, karena dengan dua kali lapisan cat yang mana dengan beberapa jeda kalian harus tunggu sampai mengering, dan untuk kurang waktu pengeringan bisa mengakibatkan warna cat yang tidak maksimal atau cat dasarnya yang tidak menutupi warna tembok.


Akhir Kata

Nah itulah beberapa cara mengecat tembok lama dengan warna baru untuk pemula dengan mudah agar suasana rumah menjadi lebih indah dan nyaman yang ingin anda perbarui, bisa dilakukan sendiri ataupun bisa dengan memanggil tukang, sekian dan semoga bermanfaat. 

Posting Komentar untuk "6 Cara Mengecat Tembok Lama Dengan Warna Baru Dijamin Berhasil"