Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3+ Cara Menghilangkan Cat Kapur Pada Dinding Terbukti Ampuh

Dfixed.com - 3+ Cara Menghilangkan Cat Kapur Pada Dinding Terbukti Ampuh. Satu dari sekian permasalahan yang sering terjadi pada dinding rumah adalah cat pada dinding yang berkapur. Tentu dibutuhkan solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut karena sangat berpengaruh pada keindahan rumah khususnya bagian dinding. Lalu bagaimana langkah penanganan yang tepat untuk cat kapur pada dinding? Untuk menjawabnya, penjelasan seputar 3 cara menghilangkan cat kapur pada dinding di bawah tentunya akan sangat berguna. 

3-cara-menghilangkan-cat-kapur-pada-dinding-terbukti-ampuh

Sebelum membahas ke cara menghilangkan cat kapur pada dinding, perlu diketahui bahwa proses pengapuran cat dinding atau istilah teknisnya disebut chalking disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya karena penggunaan cat berkualitas rendah, jenis cat yang keliru penggunaannya, keliru mengencerkan cat, hingga rusaknya binder atau komponen pelarut dalam cat. Ke semua sebab ini adalah hal yang mengakibatkan munculnya kapur pada cat dinding.


Beberapa Cara Menghilangkan Cat Kapur pada Dinding Rumah

Munculnya kapur pada cat dinding pada sebuah rumah atau bangunan dapat dijumpai dengan ciri terdapatnya bubuk-bubuk kapur yang halus saat permukaan dinding disentuh. Pengapuran yang terjadi pada cat dinding pasti sangat menganggu penghuni rumah terlebih dalam hal kenyamanan beraktivitas di dalam di rumah. Hal yang sering terjadi pada penghuni rumah yang cat dindingnya berkapur adalah pakaian yang dikenakan akan berwarna putih saat bersandar atau bersentuhan dengan dinding rumah. Lalu, bagaimana solusinya? Berikut akan dijelaskan 3 cara menghilangkan cat kapur pada dinding: 


1. Menggosok Halus Dinding

Dari 3 cara menghilangkan cat kapur pada dinding, mengusap atau menggosok dinding secara halus adalah cara paling mudah dan singkat. Cara ini memang tidak melenyapkan kapur secara menyeluruh, tetapi lebih pada meminimalisir kapur yang terdapat pada cat dinding. Bahan yang digunakan juga cukup berbekal kain atau kain lap. Caranya, basahi kain atau lap dengan air lalu usapkan secara halus pada permukaan dinding. Setelah selesai, diamkan sejenak hingga kering. 


2. Membersihkan Cat Dinding

Cara lain yang masih tergolong mudah dan praktis dari 3 cara menghlangkan cat kapur pada dinding adalah dengan membersihkan dinding menggunakan sebuah alat khusus. Alat yang dimaksud adalah ‘kapi’ yang mampu menghilangkan lapisan-lapisan kapur yang terdapat pada dinding. Lakukan pengikisan atau pembersihan dengan menggunakan kapi secara hati-hati dan menyeluruh hingga dinding benar-benar bersih. Setelah itu, bilas dinding dengan air dan kemudian keringkan. 


3. Pengecatan Ulang

Bila tingkat pengapuran dinding atau chalking telah parah dan pengikisan atau pengusapan dinding malah membuat cat terkelupas dan rusak, maka solusi yang bisa dilakukan dari 3 cara menghilangkan cat kapur pada dinding ini adalah dengan melakukan pengecatan ulang pada tembok. Pengaplikasian primer juga sangat disarankan sebelum lapisan cat, namun bila pengapuran masih cukup sedikit, maka pengecatan ulang bisa dilakukan meski tanpa primer dasar. 

Begitu juga sebaliknya, bila kapur memang telah terlihat begitu jelas pada permukaan dinding, maka pemberian lapisan dasar harus dilakukan terlebih dahulu sebelum pengecatan ulang dilakukan. Satu saran yang juga tak kalah penting adalah pilih cat dengan kualitas yang tinggi sebagai lapisan akhirnya. Bila perlu, gunakan waterproof seeler untuk hasil akhir yang tahan rembes.


Penutup

Demikianlah tadi beberapa cara menghilangkan cat kapur pada dinding diatas bisa dipilih untuk mengatasi masalah cat kapur yang sering muncul pada permukaan dinding. Begitu pun dengan mengetahui sebab kemunculan kapur pada dinding, maka langkah antisipasi bisa dilakukan untuk menghindari penyebabnya, semisal dengan tidak memilih cat bermutu rendah atau dengan melakukan langkah pengenceran cat yang tepat. Semoga ulasan ini bermanfaat.

Posting Komentar untuk "3+ Cara Menghilangkan Cat Kapur Pada Dinding Terbukti Ampuh"