Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Cara Mengatasi Cat Tembok Yang Menggelembung Pasti Berhasil

Dfixed.com - 3 Cara Mengatasi Cat Tembok Yang Menggelembung Pasti Berhasil. Menggelembungnya cat dinding barangkali merupakan satu hal yang kerap ditemukan pada sebagian besar hunian rumah atau bangunan. Lazimnya, cat yang menggelembung pada dinding ini berpola 1-2 gelembung berukuran relatif besar dikelilingi oleh beberapa gelembung lain dengan ukuran yang lebih kecil. Untuk mengatasi permasalahan seperti ini, informasi seputar 3 cara mengatasi cat menggelembung pada dinding rumah berikut akan sangat membantu. 

3-cara-mengatasi-cat-tembok-yang-menggelembung-pasti-berhasil

Menggelembungnya cat pada dinding sering disebut dengan cat melepuh. Secara teknis, cat telah kehilangan daya atau kemampuan rekatnya pada lapisan dasar atau permukaan di bawahnya. Disini yang dimaksud dengan permukaan tersebut adalah semisal plester, kayu dan juga drywall. Pada beberapa kasus, gelembung cat akan mengempis atau meletus sendiri kemudian memasuki proses pengeringan. Berikut ada 3 cara mengatasi cat menggelembung berdasarkan penyebabnya:


1. Kotornya Permukaan Dinding

Sebab pertama dari ulasan seputar 3 cara mengatasi cat menggelembung berdasarkan penyebabnya adalah karena saat melakukan pengecatan, permukaan dinding yang dicat tidak benar-benar bersih. Permukaan dinding yang masih sangat berdebu dan kotor akan membuat cat kesulitan untuk menempel dan merekat dengan kuat pada permukaan dinding. 

Cat yang baru diaplikasikan pada dinding kotor akan mengering dan pada suatu batas tertentu akan menyusut hingga cat tersebut akhirnya terangkat dari permukaan dinding. Akibat selanjutnya tentu berupa terbentuknya gelembung dengan bintik-bintik di sekitarnya. Solusinya adalah:

- Lakukan pengikisan terlebih dahulu pada cat di dinding  .

- Dilanjutkan dengan melakukan penambalan pada permukaan dinding yang tidak rata.

- Setelah penambalan rampung, bersihkan terlebih dahulu permukaan dinding dengan menggunakan spons dan campuran air sabun.

- Lalu seka kembali dengan air biasa.

- Lap tembok dan tunggu hingga mengering. 

 Setelah tembok benar-benar kering, maka lakukan pengecatan ulang termasuk pada area yang telah ditambal.


2. Dinding Tanpa Primer

Penyebab berikutnya dari 3 cara mengatasi cat menggelembung adalah karena dinding yang tidak dilapisi primer. Dinding yang terbuat dari plester ataupun drywall mampu menyerap pigmen serta resin dengan jumlah lebih banyak dibandingkan permukaan yang telah dilapisi primer terlebih dahulu. Oleh karenanya, hasil pengecatan pada dinding yang tidak dilapisi primer terlebih dahulu akan membuat cat kurang kuat merekat pada dinding tersebut sehingga rentan memicu gelembung. Solusinya sebagaimana solusi pada poin sebelumnya yakni; 

- Lakukan langkah pengikisan pada dinding.

- Lanjutkan dengan menambal dan membersihkan dinding.

- Kemudian  aplikasikan lapisan primer terlebih dahulu sebelum melakukan pengecatan ulang (dalam hal ini disarankan untuk menggunakan primer anti noda dengan bahan berbasis lateks atau minyak yang disesuaikan dengan jenis dari cat yang hendak dipoleskan setelahnya).


3. Permukaan Dinding Lembab dan Terpapar Panas

Penyebab selanjutnya adalah tingkat kelembaban yang tinggi serta paparan terhadap panas secara terus menerus. Jenis gelembung yang dipicu oleh kondisi kelembaban tinggi biasanya ditemukan pada dinding kamar mandi atau dinding yang berdekatan dengan air. Adapun gelembung yang disebabkan oleh panas umumnya ditemukan pada dinding area dapur atau dinding yang berdekatan dengan sumber panas. Terpaan sinar matahari pun bisa memicu munculnya ini. Cara mengatasinya juga hampir sama dengan 2 poin sebelumnya dari 3 cara mengatasi cat menggelembung pada dinding, yakni:

- Kikis gelembung yang terbentuk pada dinding.

- Tambal bagian dinding yang rusak dan lanjutkan dengan membersihkan dinding.

- Kemudian aplikasikan lapisan primer (hanya saja ketika akan mengaplikasikan lapisan primer pastikan suhu ruangan berada pada suhu minimal 10oC dan maksimal 29oC).

- Setelah primer benar-benar kering sempurna, lakukan pengecatan ulang.


Penutup

Munculnya gelembung pada dinding memang bisa cukup mengganggu keindahan dinding rumah dan membuat cat tidak berumur lama. Ada beberapa cara mengatasi cat menggelembung pada dinding diatas bisa dicoba untuk mengatasi masalah penggelembungan cat berdasarkan sebab pemicunya. Ketahui penyebabnya dan terapkan solusinya dengan seksama untuk mendapatkan warna dinding yang indah dan tahan lama.

Posting Komentar untuk "3 Cara Mengatasi Cat Tembok Yang Menggelembung Pasti Berhasil"