Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4+ Cara Menghidupkan Laptop Asus Tanpa Tombol Power 100% Work

Dfixed.com - Cara Menghidupkan Laptop Asus Tanpa Tombol Power 100% Work. Pernahkah kamu menyalakan laptop Asus tanpa menekan tombol power? Umumnya, ketika menghidupkan sebuah laptop kita harus menekan tombol power terlebih dahulu, lalu laptop akan mati atau nonaktif. Hal ini sebenarnya memang kadang diperlukan. Mungkin saja kamu sedang dalam keadaan terburu-buru atau kepepet untuk melakukan pekerjaan atau aktivitas yang lainnya atau bahkan tombol power kamu rusak.

4-cara-menghidupkan-laptop-asus-tanpa-tombol-power-100-work

Buat kamu yang belum tahu, tombol power tersebut terhubung ke motherboard. Jadi ketika ditekan, switch yang ada di bagian motherboard akan aktif loh. Jika tombol power laptop kamu rusak, untungnya ada cara untuk menghidupkan laptop tanpa harus menekan tombol power.

Ada beberapa untuk menyalakan laptop tanpa menekan tombol power.  Namun dengan catatan disini kamu harus bisa masuk ke BIOS terlebih dahulu walaupun hanya satu kali. Kemudian ikuti langkahnya berikut ini.

1. Pastikan bahwa baterai laptop telah terisi penuh

Disini kita harus mengakses BIOS terlebih dahulu. Pertama yang harus dilakukan, yakni memastikan bagaimana  kondisi baterai laptop apakah sudah penuh atau belum. Adapun alasannya dalam mengakses BIOS ini sama dengan membuka sebuah sistem, yang mana membutuhkan daya walaupun memang tidak seberapa. 

Atau kalau mau , kamu bisa sambil men-charge laptopnya. Karena terkadang ada juga beberapa laptop yang bisa menyala dengan lepas-pasang kabel charge beberapa kali.

2. Siapkan keyboard eksternal

jika baterai laptop kamu sudah dalam keadaan penuh ataupun sambil di charge. Selanjutnya yakni siapkan keyboard eksternal.

Untuk keyboard eksternal ini, disarankan dengan keyboard yang sudah ada tombol FN nya. Hal ini dikarenakan ada beberapa sebagian merk laptop ketika masuk ke BIOS dengan menggunakan kombinasi yakni dengan tombol FN.

Pada tahap ini kamu bebas bisa menggunakan keyboard wireless ataupun dengan kabel,  yang penting semua tombolnya bisa berfungsi dengan baik dan normal.

3. Masuk ke BIOS

Jika baterai sudah dalam keadaan penuh dan kamu juga  sudah menyiapkan keyboard eksternal, maka sekarang kamu saatnya untuk masuk menu BIOS dengan keyboard

Saat laptop kamu sedang booting disini biasanya  akan ditampilkan tombol untuk masuk ke BIOS. Seperti contoh ketika booting dibagian bawahnya ada tulisan seperti F2 to Enter Setup.

Tak hanya tombol F2 saja loh, melainkan kamu juga bisa dengan menekan tombol seperti F8, F12, DEL ataupun ESC, tergantung pada seri laptop yang kamu gunakan.

Jika masih tidak bisa dengan tombol-tombol tersebut, maka silahkan kamu mencoba dengan kombinasi tombol FN. Misalnya  FN + F12, FN + Esc, FN + F2 dan sebagainya.

4. Atur power management ke keyboard

Setelah kamu sudah masuk ke BIOS, maka kamu bisa mengatur keyboard supaya bisa difungsikan menjadi tombol power alternatif, guna menghidupkan laptop kamu.

Untuk pengaturannya yakni sebagai berikut.

- Masuk pada menu Power Management Setup, dalam mengarahkannya, kamu bisa memakai keyboard kemudian pilih dengan cara menekan Enter.

- silahkan arahkan navigasi pada menu Power On by Keyboard.

- Kemudian tekan Enter, dan pilihlah opsi Enabled untuk mengaktifkan.

- Maka akan bisa muncul kolom untuk mengganti tombol keyboard, sini kamu bisa isi tombol sesuai dengan keinginanmu.

- tekan tombol Enter.

- Lalu save konfigurasi tersebut, kemudian klik Exit untuk keluar dari BIOS.

- Maka laptop akan restart secara otomatis.

- Untuk mengatur tombol ini, dianjurkan tombol yang jarang dipakai dengan tujuan untuk menghindari tidak sengaja tertekan.

- Contoh tombol yang jarang dipakai seperti tombol Page Up atau Page Down, Pause, Home, dan lain sebagainya. Pengaturannya juga bisa diatur ke touchpad atau mouse.


Penutup

Demikianlah penjelasan cara menghidupkan laptop Asus tanpa tombol power, semoga membantu.

Posting Komentar untuk "4+ Cara Menghidupkan Laptop Asus Tanpa Tombol Power 100% Work"