Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3+ Cara Memperbaiki Freezer Box Tidak Dingin Terbukti Berhasil

Dfixed.com - 3+ Cara Memperbaiki Freezer Box Tidak Dingin Terbukti Berhasil. Kerap kali freezer box yang ada di kulkas Anda menjadi tidak dingin karena beberapa penyebabnya sendiri. Jika hal ini terjadi akan mengkhawatirkan Anda sebagai pemilik sebab kulkas bisa berpotensi mengalami kerusakan parah. Oleh sebab itu, jika Anda mendapati freezer box yang sudah tidak lagi dingin maka tidak perlu khawatir. Pasalnya ada beberapa cara memperbaiki freezer box tidak dingin yang paling efektif dan bisa dicoba langsung.

3-cara-memperbaiki-freezer-box-tidak-dingin-terbukti-berhasil

Kendati demikian, untuk memperbaiki freezer box yang sudah tidak lagi dingin, penting untuk Anda mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Dengan demikian, perbaikan yang Anda lakukan bisa lebih efektif dan dimaksimalkan agar tidak menimbulkan masalah baru pada freezer box atau kulkas tersebut. Oleh karena itu, jika dirasa tidak bisa memperbaiki sendiri, Anda bisa memanggil jasa reparasi kulkas yang sudah ahli.


Cara Memperbaiki Freezer Box Tidak Dingin yang Tepat

Sebuah freezer tentu berguna untuk mendinginkan makanan atau minuman. Kendati demikian, tidak sedikit para pemilik kulkas menemukan masalah freezer yang mengalami kerusakan dan membuat freezer box menjadi tidak dingin. Kondisi tersebut sangatlah mengganggu dan membuat freezer box tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Bagi Anda yang belum tahu, berikut ada banyak cara memperbaiki freezer box tidak dingin dijamin berhasil, simak dibawah ini :


1. Menambal atau Mengganti Evaporator

Solusi dalam 3 cara memperbaiki freezer box tidak dingin yang pertama yaitu Anda bisa memperbaiki pada bagian evaporatornya. Sebab, kebocoran evaporator bisa menjadi penyebab freezer box menjadi tidak dingin. Kerusakan pada evaporator biasanya terjadi akibat pemakaian benda tajam dan mengenai dinding bagian freezer. Pasalnya saat dingin rusak, otomatis air atau bunga es bisa menetes pada bagian evaporator.

Hal itu menyebabkan gangguan pada sistem sirkulasi. Agar bisa mengatasinya, maka bersihkan dulu bunga es yang menempel di bagian dinding dan usahakan airnya agar tidak menetes dan baru ditambal. Tetapi, apabila sudah tak dapat ditambal sebaiknya Anda mengganti evaporator dengan yang baru. Dengan evaporator baru, maka freezer box bisa berfungsi kembali sebagaimana mestinya.


2. Mengganti Kompresor Dengan yang Baru

Opsi berikutnya dalam 3 cara memperbaiki freezer box tidak dingin yaitu dengan mengganti kompresor dengan yang baru. Ini bisa Anda lakukan jika thermostat kulkas sudah putus dan membuat freezer box menjadi tidak dingin lagi. Hal itu lantaran thermostat mempunyai fungsi sebagai pengatur temperatur suhu. Bukan itu saja, thermostat juga berfungsi untuk mengatur mesin freezer harus mati atau tetap hidup.

Jadi, saat thermostat rusak nantinya begitu berdampak pada freezer. Para pemilik kulkas juga perlu mengecek pada kompresor lantaran bagian tersebut mempunyai peranan yang penting dalam pendinginan di dalam freezer box. Jadi jika terjadi masalah pada kompresor tentu berpengaruh terhadap kinerjanya. Ketika kompresor ternyata sudah lemah, ada baiknya Anda mengganti dengan yang baru.


3. Memperbaiki Freon

Pilihan berikutnya dalam 3 cara memperbaiki freezer box tidak dingin yaitu perlu memperbaiki freon. Sebab, penyebab freezer tidak lagi dingin bisa juga adanya masalah pada freon. Jika sudah seperti itu, harap cek kulkas dengan memegang bagian belakang yang posisinya dekat dengan grill. Kalau posisi itu masih panas atau hangat, maka freon masih berfungsi. Jika tidak segera diperbaiki karena mungkin freon habis, bocor atau mampet.


Akhir Kata

Itulah beberapa cara memperbaiki freezer box tidak dingin dengan mudah dijamin berhasil yang bisa Anda coba terapkan kalau freezer box mengalami masalah menjadi tidak dingin. Kendati demikian jika Anda tidak memahami tentang benda tersebut segera hubungi jasa service.

Posting Komentar untuk "3+ Cara Memperbaiki Freezer Box Tidak Dingin Terbukti Berhasil"