Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3+ Cara Memperbaiki TV LCD Blank Putih Terbukti 100% Berhasil

Dfixed.com - 3+ Cara Memperbaiki TV LCD Blank Putih Terbukti 100% Berhasil. TV LCD di rumah pastinya kerap kali mengalami masalah dan mengganggu kenyamanan selama menonton siarannya. Salah satu masalah yang sering terjadi pada TV LCD biasanya yaitu layar menjadi blank putih. Jika Anda tengah mengalami hal itu, maka penting untuk mengetahui cara memperbaiki TV LCD blank putih dengan tepat. Dengan demikian, TV LCD Anda bisa menampilkan gambar siaran kembali seperti biasanya.

3-cara-memperbaiki-tv-lcd-blank-putih-terbukti-100-berhasil

Memang saat ini, jenis TV yang paling banyak dipakai yaitu TV LED dan TV LCD. Kedua jenis televisi tersebut akan memberikan pengalaman menonton yang paling nyaman. Walaupun begitu, jenis televisi seperti itu juga tidak luput dari adanya kerusakan. Terlebih kalau cara pemakaiannya tergolong asal-asalan. Karena itulah, jika tidak ingin kenyamanan menonton Anda terganggu, perlu mengetahui cara mengatasi kalau ada masalah.


Inilah Cara Memperbaiki TV LCD Blank Putih dengan Tepat

Sebelum mengetahui bagaimana cara memperbaiki TV LCD blank putih dengan tepat, Anda perlu memahami penyebab TV LCD menjadi blank putih. Penyebab yang paling umum terjadi yaitu T-Con atau timing control pada TV LCD atau LED yang berguna sebagai perangkat pengatur untuk menghidupkan panel dan dapat menghasilkan kualitas video atau siaran terbaik. Untuk mengatasi TV LCD blank putih dengan tepat, Anda bisa melihat informasinya di bawah ini:

1. Memperbaiki Backlight Mati

Untuk cara memperbaiki TV LCD blank putih dengan tepat yang pertama, Anda bisa memperbaiki backlight yang mati. Sebagai informasi, komponen backlight mati berada di bagian panel belakang TV yang dirangkai seri. Adanya masalah pada backlight bisa membuat panel tak mendapat penerangan dan membuat layar TV LCD blank putih sampai gelap. Kalau memang masalahnya terjadi karena hal itu, Anda bisa mengatasinya dengan cara di bawah ini:

- Pertama, silahkan ukur masing-masing lampu backlight di TV.

- Setelah itu, pastikan probe warna merah ke + dan probe hitam ke –.

- Kemudian, ganti lampu backlight yang mati atau ganti seluruh lampu supaya tahan lebih lama.

- Harap pastikan lampu pengganti yang dipakai mempunyai tegangan volt sama.


2. Masalah Pada Bagian T-Con

Salah satu cara memperbaiki TV LCD blank putih dengan tepat berikutnya yaitu dengan memeriksa bagian T-Con. Pasalnya, hal ini menjadi penyebab masalah yang kerap terjadi. Bagian T-Con di televisi berguna sebagai penyalur tegangan ke bagian panel. Masalahnya sendiri bisa bermacam-macam, misalnya suplai tegangan yang tak cukup, konektor putus maupun rusak sehingga harus diganti. Cara untuk memperbaiki masalah yang ada di T-Con:

- Pertama-tama harap pastikan tegangan di power supply dalam kondisi normal.

- Setelah itu, cek tegangan di bagian output driver LCD.

- Kalau tegangannya menunjuk angka nol, besar kemungkinan Anda harus mengganti IC driver.

- Harap pastikan dengan benar kalau layar blank putih itu karena konektor yang kurang menancap.


3. Membawanya ke Teknisi

Untuk cara memperbaiki TV LCD blank putih dengan tepat dan paling ampuh sebenarnya yaitu membawa ke teknisi berpengalaman. Untuk sejumlah masalah, cara memperbaikinya yakni dengan membutuhkan keterampilan dan peralatan yang khusus. Anda bisa mencari teknisi TV LCD terdekat agar bisa mengatasi semua masalahnya.

Demikian informasi cara memperbaiki TV LCD blank putih dengan tepat dijamin berhasil bisa Anda terapkan sekarang juga. Dengan cara di atas, besar harapan TV LCD Anda bisa berguna seperti biasanya.

Posting Komentar untuk "3+ Cara Memperbaiki TV LCD Blank Putih Terbukti 100% Berhasil"