Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Solusi Paling Ampuh Mengatasi Baterai HP Dicas Tidak Bertambah Fake Charging

Memperbaiki Baterai HP Dicas Tidak Bertambah Fake Charging

Solusi Baterai HP Dicas Tidak Bertambah Fake Charging - Masalah baterai HP dicas atau di charger tidak bertambah tapi malah berkurang ini sering sekali terjadi pada perangkat ponsel smartphone Android ataupun iPhone.

Tentunya hal ini bakal bikin agan/sis heran, jika dilihat pada layar ponsel menunjukan bahwa baterai terhubung dan dalam peroses pengisian daya baterai. Namun di tunggu sampai berjam-jam pun baterai ponsel tidak dapat bertambah malah semakin berkurang.

Dan pastinya hal ini bakal bikin repot agan/sis terlebih lagi jika HP android yang agan/sis miliki sudah menggunakan baterai non-removable atau baterai tanam. Karena akan menyulitkan untuk melepas baterai untuk di cas menggunakan charger desktop atau cas batok sebagi alternatif untuk mengisi daya baterai.
 

Kenapa HP dicas malah berkurang baterainya?

Masalah kerusakan seperti ini belum tentu di akibatkan terjadinya gangguan pada HP ataupun komponen internal. Bisa saja faktor dari luar juga akan menimbulkan masalah hp dicas malah berkurang baterainya. Seperti sumber listrik yang tidak setabil atau terdapat masalah pada kabel cas yang digunakan. 

Kenapa ngecas baterai HP tidak bertambah?

Hal ini bisa disebabkan tegangan yang masuk di HP tidak sesuai dengan toleransi. Sebuah baterai HP memiliki tegangan sebesar 3.7 sampai 3.8 Volt DC, maka untuk dapat mengisi baterai tersebut seharus nya tegangan input yang masuk harus lebih besar dari tegangan yang ada pada baterai HP. Dan bisanya tegangan yang normal untuk dapat mengisi sebuah baterai HP sebesar 4 sampai 4.3Volt DC. 

Lalu bagaimana cara memperbaiki baterai HP dicas tidak bertambah?

Maka pada kesempatan ini Dfixed akan berbagi tips dan tutorial cara memperbaiki kerusakan baterai HP di charger tapi tidak bertambah. Untuk langkah perbaikan nya agan/sis bisa melakukan analisa dan juga perbaikan yang mudah dulu sebelum melangkah ke perbaikan yang lebih mendetail.
 

5 Cara memperbaiki baterai HP dicas tidak bertambah fake charging


1. Periksa atau ganti kabel cas dan juga kepala charger

Kondisi kabel cas yang mulai kurang bagus juga bisa menjadi salah satu penyebab  baterai hp tidak bertambah jika di charger.

Selain itu kepala charger juga perlu agan/sis periksa, agan/sis bisa mencoba meminjam kabel cas dan juga kepala charger milik teman ataupun anggota keluarga untuk di coba pada ponsel yang agan/sis miliki. Lakukan pengisian baterai sekitar 30 menit dan coba amati apakah daya baterai pada HP bertambah atau malah semakin berkurang.
 

Jika tetap saja baterai pada HP berkurang, maka bisa dipastikan tedapat kerusakan pada HP dan juga komponen internal nya.

2. Ganti atau tes dengan baterai yang berbeda

Untuk memastikan sumber masalah yang terjadi pada pengisan daya baterai. Ada baiknya agan/sis mencoba mengganti atau pun meminjam baterai ponsel milik teman atau saudara yang bertipe sama. Karena dengan cara ini bisa diketahui apakan terdapat masalah pada baterai, yang membuat saat di cas daya baterai tidak dapat bertambah.
Baca Juga: Tips Dan Trik Memperbaiki Baterai Tanam Ponsel Yang Rusak
 

3. Ganti konektor USB charger
Konektor charger yang mulai kendor atapun terdapat kotoran yang menumpuk pada lobang konektor USB charger bisa menyebabkan tegangan yang masuk ke baterai HP tidak maksimal.
 

Agan/sis bisa coba memeriksa kondisi fisik dari lobang USB charger di ponsel, apakah terdapat kotoran menumpuk. Jika dijumpai hal tersebut maka bisa dilakukan pembersihan dengan bantuan jarum dan sedikit cairan thinner ataupun bensin.

Namun apabila kondisi fisik konektor cas sudh jelek dan kendor. Maka dianjurkan untuk melakukan pergantian pada konektor cas dengan part yang baru.

Selanjutnya kembali uji fungsi pengecasan pada baterai HP, apakah sudah bisa berjalan dengan baik atau tidak.


Memperbaiki kerusakan baterai HP tidak bertambah saat di charger dengan melakukan pemeriksaan komponen 

4. Kerusakan pada jalur dan komponen internal
Untuk melakukan perbaikan pada jalur dan komponen yang terdapat pada maindoard. Sebaikanya agan/sis melihat panduan melalui gambar diagram sekema sesuai dengan merek ponsel yang agan/sis punya. 

Kerusakan pada jalur komponen bisa disebabkan oleh korosi akibat udara lembab ataupun air yag meresap dari sela-sela bagian ponsel. Sehingga menimbulkan karat dan membuat korosi jalur komponen pada area pengisian baterai. Tentu saja hal ini akan membuat pasokan tegangan untuk pengisian baterai akan terganggu dan mengakibatkan baterai pada ponsel tidak bisa bertambah saat di charger.
 

Namun jika agan/sis kesulitan untuk melakukan perbaikan pada jalur komponen di mainboard ponsel. Maka bisa membawa nya ke tempat service HP terpercaya yang ada di sekitar tempat tinggal agan/sis ya.

5. Lakukan jumper jalur dengan dioda zener

Masalah kerusakan baterai HP tidak bertambah saat di cas atau sering disebut fake charging ini bisa datasi dengan melakukan metode jumper jalur dengan komponen dioda zener.
 

Dan cara ini bisa di terapkan untuk setiap merek smartphone android Xiaomi, Lenovo, Samsung, Oppo, Sony Xperia, Advan dan berbagi macam merek lainya.
 

Pada gambar diagam di bawah ini Dfixed memberikan sebuah contoh dengan menggunakan main board ponsel Lenovo A6000. Dan untuk merek ponsel android lain nya cara penerapan nya tetap sama walupun posisi jalur konektor cas dan juga jalur pin Vbat nya berbeda – beda.

Solusi Baterai HP Dicas Tidak Bertambah Fake Charging

Setelah melakukan metode jumper jalur dengan dioda zener, maka langkah selanjutnya lakukan uji coba apakah ponsel bisa mengecas dengan normal. Menurut pengalaman yang Dfixed jalani, metode ini biasanay berjalan dengan baik dan work 100% asalkan dilakukan dengan baik dan benar.
 

Demikianlah solusi perbaikan yang bisa Dfixed berikan tentang masalah kerusakan baterai HP dicas tidak bertambah atau fake charging. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi agan/sis semua. Thanks.

Posting Komentar untuk "5 Solusi Paling Ampuh Mengatasi Baterai HP Dicas Tidak Bertambah Fake Charging"