Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Terbaik Untuk Memperbaiki Kamera Bermasalah Xiaomi Redmi Note 7

5 Cara Memperbaiki Kamera Bermasalah Xiaomi Redmi Note 7

Cara memperbaiki kamera bermasalah - Sebuah fitur kamera pada ponsel smartphone merupakan salah satu hal penting dan sangat sering digunakan. Beberapa moment penting bisa agan/sis abadikan dengan jepretan kamera yang ada di handphone.

Namun tidak selamanya fungsi kamera ponsel bisa berjalan dengan baik, ada beberapa masalah dan kerusakan yang sering timbul pada fitur kamera. Seperti halnya kamera tidak bisa dibuka, kamera tidak dapat terhubung dan terkadang hasil foto kamera menjadi terbalik.

Pada postingan kali ini, Dfixed akan coba membahas dan memberikan solusi dari masalah kerusakan kamera tidak bisa terbuka atau tidak dapat terhubung ke kamera pada perangkat ponsel android Xiaomi Redmi Note 7.

Biasanya ciri-ciri kamera ponsel yang mengalami masalah, saat kamera akan dibuka akan muncul notifikasi “  Kamera Bermasalah, masih tidak dapat terhubung ke kamera. Coba mulai ulang perangkat”

Dan setalah agan/sis melakukan intruksi untuk merestart ponsel dan coba membuka fitur kamera maka akan tetap mendapatkan notifikasi pesan yang sama. Tentunya hal itu bakal bikin pusing dan juga kesal ya.

Oke agar tidak panjang X lebar pembicaraan nya. Yuk mari kita bahas tentang masalah kerusakan kamera terhenti atau tidak dapat terhubung ke kamera pada smartphone Xiaomi Redmi Note 7 beserta solusi perbaikan nya.

 

5 langkah perbaikan kamera bermasalah pada ponsel Xiaomi Redmi Note 7

 

1. Hapus data dan cache


Sebagai langkah awal, agan/sis bisa mencoba melakukan pengahapusan data dan juga cache pada aplikasi kamera di smartphone Xiaomi. Caranya agan/sis bisa masuk ke pengaturan ponsel lalu pilih menu aplikasi dan cari aplikasi kamera dan hapus data dan cache nya.

Selanjutnya coba jalankan fitur kamera pada ponsel, apakah sudah bisa berjalan dengan normal atau tetap saja tidak ada perubahan.
 

2. Gunakan aplikasi kamera berbeda


Sebagai pembanding agan/sis bisa mencoba menginstal aplikasi kamera yang berbeda. Agan/sis cukup mendownload aplikasi kamera melalui Google Playstore. Selanjutnya install aplikasi seperti biasa dan jalan kan aplikasi kamera yang telah di download tadi. Dan perhatikan apakah kamera sudah bisa di buka dan berfungsi dengan normal.
 

3. Hard reset


Masalah kamera terhenti atau tidak dapat terhubung ke kamera di perangkat smartphone android bisa juga di sebabkan oleh malfungsi pada software yang ada di ponsel. Untuk mengatasi hal tersebut agan/sis bisa melakukan hard reset pada ponsel Xiaomi tersebut. Untuk dapat melakukan hard reset bisa mengakses nya pada menu pengaturan pada handphone. Ohh iya pastikan sebelum melakukan hard reset, backup terlebih dahulu ya semua data penting milik agan/sis ke sebuah SD Card ataupun ke PC dan laptop.
 

4. Perbaikan pada komponen internal

Jika dengan melakukan hard reset kondisi kamera pada handphone Xiaomi Redmi Note 7 tetap tidak ada perubahan. Maka dipastikan terdapat kerusakan pada komponen internal yang ada pada mainboard ponsel.

Dibawah ini Dfixed telah memberikan sebuah gambar diagram yang bisa membantu agan/sis untuk meyelesaikan kerusakan kamera terhenti.

Memperbaiki Tidak Dapat Terhubung Ke Kamera Xiaomi Redmi Note 7

Agan/sis bisa memeriksa seperti komponen dioda, kapasitor, resistor pada area yang di tandai pada gambar. Jika terdapat komponen yang rusak atau korslet maka segera lakukan pergantian pada komponen tersebut. Atau bisa juga cukup lepaskan komponen yang rusak tadi. Selanjutnya coba uji fungsi dari kamera apakah sudah bisa berfungsi dengan normal. Jika kamera sudah bisa dibuka dan berfungsi maka agan/sis bisa memasang seluruh bagian ponsel ke posisi semula dan ponsel pun siap di gunakan kembali.
Baca JUga : Memperbaiki Layar Touchscreen Xiaomi 4A Tidak Bisa Di Sentuh

5. Ganti modul kamera

Ganti Modul Kamera Xiaomi Redmi Note 7

Untuk cara terakhir ini bisa agan/sis lakukan apabila memang tidak terdapat komponen internal yang rusak, sesuai langkah pada nomor 4 tadi. Mengganti modul kamera pada ponsel Xiaomi bisa menjadi jawaban jika beberapa langkah diatas tidak memberikan hasil terbaik ya.
 

Itulah 5 langkah perbaikan yang bisa dilakukan untuk memperbaiki kerusakan kamera terhenti atau tidak dapat terhubung ke kamera smartphone android Xiaomi Redmi Note 7. Semoga informasi dan tutorial ini bisa bermanfaat bagi agan/sis semua. Thanks.

Posting Komentar untuk "5 Cara Terbaik Untuk Memperbaiki Kamera Bermasalah Xiaomi Redmi Note 7"