Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Terbaik Memasang LCD HP Samsung Galaxy Agar Presisi

Cara Memasang LCD HP Samsung Galaxy Agar Presisi
 
Cara memasang LCD HP Samsung Galaxy agar presisi - Beberapa tipe ponsel Samsung Galaxy masih setia dengan penggunaan panel LCD AMOLED, karena memang jenis LCD AMOLED ini akan menghasilkan kualitas warna yang jernih.

Namun bisa menjadi mimpi buruk jika ponsel Samsung Galaxy yang agan/sis miliki terjatuh dan mengakibatkan layar LCD AMOLED menjadi pecah dan rusak.

Selain akibat ponsel yang terjatuh, LCD AMOLED juga sangat sensitive jika terkena tumpahan air. Apabila air meresap ke bagian dalam ponsel bisa mengakibatkan layar ponsel mati secara tiba-tiba.

Harus agan/sis ketahui untuk sebuah harga LCD AMOLED Samsug Galaxy dibandrol dengan haga yang cukup mahal. Apalagi jenis LCD ini tidak ada di jual bebas pada toko sparepart HP.

Biasanya untuk pergantian LCD Samsung Galaxy berjenis AMOLED harus membawanya ke Samsung Service Center. Taksiran harga pergantian layar nya dimulai dari angka Rp 600.000 hingga diatas Rp 2juta an tergantung dari tipe ponsel nya ya. Ini merupakan angka yang bikin pusing kepala, ganti layar ponsel tapi harganya bisa buat beli ponsel baru.

Tetapi harga pergantian layar yang cukup mahal tadi masih bisa di akali dengan cara mengganti LCD dengan kualitas KW, ini merupakan jenis LCD murah meriah, biasanya dibandrol diharga mulai Rp 150rb sampai Rp 250rb. Tentunya jenis layar ponsel ini bukan lagi AMOLED, tetapi LCD display berjenis TFT ataupun IPS ya.

Namun tetap saja ada kendala jika agan/sis berbencana mengganti layar ponsel Samsung Galaxy dengan LCD kualitas KW ini. Kendala paling utama adalah ketebalan nya. Untuk layar original pada ponsel Samsung biasanya memiliki ketebalan yang sangat tipis. Sehingga jika dipasangkan ke frame akan sangat presisi tanpa ada nya cacat fisik di saat pemasangan.

Sedangkan untuk jenis layar ponsel KW berjenis TFT atau IPS tadi pastinya berukuran sangat tebal. Sehingga jika di coba pasangkan ke frame pada ponsel akan terlihat menggantung dan tidak bisa terletak secara presisi. Tentunya hal ini akan membuat tampilan ponsel telihat jelek dan juga akan mudah sekali LCD kualitas KW tadi menjadi rusak jika tertekan dan terjatuh.
Baca Juga: Mengganti Touchscreen Pecah Apa Harus Dengan LCD ?

Lalu apakah ada cara agar LCD kualitas KW bisa dipasangkan dengan presisi pada smartphone android Samsung Galaxy?  Maka pada postingan ini Dfixed akan berbagi pengalaman tentang bagaimana cara agar bisa memasangkan LCD kualitas KW di ponsel android Samsung Galaxy dengan presisi.

Berikut ini adalah tips dan trik untuk memasang LCD Samsung Galaxy agar lebih presisi

Beli LCD kualitas KW yang bisa kontras

Ditoko sparepart handphone terdapat 2 jenis LCD kualitas KW yaitu yang bisa di atur kontras cahaya nya dan yang tidak bisa di atur kontras sama sekali. Maka agan/sis bia memilih LCD yang bisa diatur kontras cahaya nya.

Cek dan uji fungsi LCD

Sebelum melakukan pembayaran, alangkah baiknya agan/sis  melakukan pengecek fisik dari layar ponsel yang akan di beli. Dan juga lakukan pegujian pada fungsi nya seperti touchscrren nya dan juga kualitas cahaya dan juga gambar yang di hasilakan dar LCD kualitas KW tadi.

Langkah pemasangan LCD kualitas KW pada ponsel Samsung Galaxy

Untuk dapat memasangkan LCD lebih presisi di fame pada ponsel, tentunya harus extra kerja keras agar hasil nya juga bisa sempurna. Untuk tahapan nya bisa di lihat pada penjelasan di bawah ini.

Tipsikan bagian frame LCD

Tipiskan frame alumunium LCD

Ya langkah ini merupakan tahapan yang cukup memakan waktu dan juga tenaga. Dimana agan/sis dituntut untuk menipiskan bagian frame di ponsel yang berbahan alumunium. Beberapa cara yang bisa dilakukan yaitu menggunakan kertas pasir kasar ataupun grinda.

Pastikan seluruh bagian frame di tipiskan secara keseluruhan dan perhatikan juga di setiap sudut nya apakah sudah sama rata. Untuk finishing nya gunakan kertas pasir yang lebih halus agar hasil pengerjaan nya lebih rapih ya.

Potong bagian frame tempat IC Touchsceen

Potong dudukan IC touchscreen pada frame LCD

Setelah menipiskan bagian frame dengan menggunakan kertas pasir. Biasanya LCD masih tidak bisa terletak dengan rapat karena terganjal oleh IC touchscreen, maka untuk mengakali nya coba lakukan pemotongan pada bagian frame tempat IC touchscreen.

Untuk setiap ponsel letak bagian IC touchscreen pada frame berbeda-beda. Maka perlu keterampilan untuk memotong nya.

Tambahkan busa atau double tip pada kaca touchscreen

Dengan menambahkan busa atau double tips pada sisi atas dan bawah kaca touchscreen bisa membuat layar LCD lebih presisi dan kokoh saa dipasang ke frame.

Pasang LCD

Untuk proses pemasanagn LCD bisa dilakukan seperti biasa. Dan pastikan juga apakah soket flexible dari layar LCD sudah sejajar dengan konektor yang berada pada PCB. Untuk merekatkan layar ponsel agan/sis bisa menggunakan lem khusus bermerek T7000 ataupun T9000. Agan/sis bisa membeli lem khusus LCD dan touchscreen di toko sparpart handphone atau secara online.

Setelah dilakukan pengeleman secara merata pada LCD, langkah selanjutnya agan/sis bisa membuat layar lebih presisi dengan menjepit nya dengan alat penjepit khusus atau juga bisa menggunakan karet gelang. Namun jika menggunakan karet gelang pastikan jangan mengikat nya telalu kencang ya.

Biarkan ponsel selama 20 hingga 30 menit, sampai lem benar-benar kering. Untuk melindungi LCD dan touchscreen di ponsel agan/sis bisa juga memasangkan anti gores atau tempered glass. Langkah ini bisa meminimalisir pecah atau retak pada layar jika ponsel tertekan atau jatuh.

NB: Apabila peroses pemasangan LCD kualitas KW pada smartphone Samsung Galaxy terasa cukup sulit. Agan/ sis bisa untuk membeli jenis LCD yang lebih bagus yaitu LCD display OLED. Jenis LCD OLED ini memiliki ukuran dan tampilan yang serupa dengan layar AMOLED. Untuk harga LCD OLED berkisar dari harga Rp. 350 ribuan sampai Rp. 500 ribuan tergantung jenis ponsel nya.

Demikianlah tutorial dan tips bagaimana cara agar bisa memasang LCD HP Samsung Galaxy agar presisi. Untuk tingkat presisi nya pemasangan LCD kualitas KW bisa sampai 90%, dan itu tergantung bagaimana agan/sis mengkikis laumunium pada frame ponsel dan juga pemasangan layar nya. Thanks.

Posting Komentar untuk "Cara Terbaik Memasang LCD HP Samsung Galaxy Agar Presisi"