Perbedaan Dan Manfaat Asuransi Jiwa Dan Asuransi Unit Link - Dfixed
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perbedaan Dan Manfaat Asuransi Jiwa Dan Asuransi Unit Link

Perbedaan Dan Manfaat Asuransi Jiwa Dan Asuransi Unit Link
Perbedaan asuransi jiwa dan asuransi unit link- Produk asuransi yang beredar di Indonesia banyak banget macamnya, enggak jarang masyarakat Indonesia kebingungan buat beli produk asuransi yang sesuai. Dengan pemahaman dari agen asuransi yang kurang tepat maka membuat masyarakat Indonesia merasa bahwa asuransi menjadi nggak penting karena banyak banget orang yang ngerasain gak ada manfaatnya dalam memiliki asuransi.

Padahal punya asuransi itu penting banget loh, asuransi ini pada umumnya bisa bantu kamu meminimalkan resiko. Sekarang ini banyak agen asuransi yang nawarin asuransi jiwa atau asuransi unit link. Apa bedanya sih dan mana yang sebaiknya kita ambil.
 

Perbedaan dan manfaat antara asuransi jiwa dan asuransi unit link

1. Asuransi jiwa 

asuransi jiwa ini adalah asuransi yang wajib dimiliki oleh tulang punggung keluarga,kenapa? asuransi jiwa ini akan memberikan perlindungan berupa kerugian finansial akibat kematian seseorang yang merupakan sumber nafkah keluarganya. Seperti yang kita tahu kematian ataupun musibah merupakan hal yang gak bisa kita duga duga.

Dengan memiliki asuransi jiwa ini, akan menanggung kebutuhan finansial anggota keluarga yang ditinggalkan. Sehingga kelangsungan hidup orang yang mereka tinggalkan juga tetap terjamin. Jumlah uang pertanggungan asuransi jiwa ini sudah disepakati di awal perjanjian, buat menerima manfaat ini tertanggung wajib membayar sebuah premi baik bulanan maupun tahunan.

Asuransi jiwa ini juga bisa memberikan pergantian biaya perawatan dan pengobatan kalau terjadi kecelakaan atau waktu kamu terserang penyakit. Selain itu dengan memiliki asuransi jiwa juga kamu bisa jadi lebih disiplin dalam mengelola keuangan dengan membelanjakan uang kamu, penghasilan yang dialokasikan buat asuransi tentu saja lebih berguna.

Asuransi jiwa ini juga akan memberikan manfaat pemakaman waktu kamu meninggal. Kamu nggak mau kan membebani keluarga atas kebutuhan pemakaman sebagai hal terakhir yang kamu inginkan. Terlebih lagi ada beberapa adat yang menggunakan prosesi pemakaman yang membutuhkan dana yang besar banget, makanya kalau kamu memiliki asuransi jiwa tentu akan memberikan manfaat biaya makanan mulai dari proses sampai biaya perawatan makam kamu.

Dengan adanya asuransi jiwa ini juga anggota keluarga yang masih hidup bisa melakukan klaim asuransi buat mengganti biaya makanan di mana hal ini akan meringankan beban mereka.

Keuntungan lainnya ketika kamu mengambil asuransi jiwa adalah biaya premi yang biasanya relatif lebih murah dan bisa disesuaikan. Selain itu juga dengan biaya premi yang murah uang pertanggungannya juga bisa tinggi. Asuransi jiwa ini kalau kamu nggak ada klaim selama masa kontrak maka dana premi yang dibayarkan akan hilang.

Selain itu asuransi jiwa ini juga nggak bisa untuk mengklaim penyakit kritis maupun kesehatan. Sehingga dirasakan kurang manfaatnya oleh masyarakat Indonesia.
 
Baca juga : Kenali Manfaat Jasa Asuransi Handphone

2. Asuransi unit link

asuransi unit link hadir sebagai jawaban atas kemudahan ingin mendapatkan manfaat asuransi seperti asuransi jiwa, asuransi kesehatan, penyakit kritis, kecelakaan dan lain sebagainya. Selain itu asuransi unit link ini juga menawarkan manfaat investasi di mana nilai tunai nasabah yang terkumpul akan diinvestasikan dalam bentuk not di dalam suatu instrumen investasi.

Keunggulan dari asuransi unit link ini yang pertama adalah periode rotasi lebih lama. Biasanya asuransi murni atau asuransi jiwa memberikan proteksi sampai umur 60 atau diatasnya. Tetapi pada asuransi unit link waktu proteksi bisa mencapai sampai 100 tahun tergantung dari ketentuan perusahaan penyedia asuransi unit Link yang bersangkutan.

Keunggulan kedua asuransi unit link ini juga bisa mendapatkan manfaat investasi saat kamu membayarkan premi. Kamu juga nggak perlu bingung lagi dalam mengurus investasi. Pada perusahaan asuransi unit link bertindak sebagai manajer investasi, dengan demikian kamu pun sebagai pemegang polis hanya bertugas untuk memiliki instrumen investasi yang tepat dan sesuai dengan rencana keuangan kamu.

Keuntungan ketiga adalah nilai tunai yang terdapat dalam asuransi unit link ini akan tidak akan hangus. kamu bisa mengambil nilai tunai yang terdapat dalam asuransi unit link, kalau kamu mengajukan klaim asuransi jiwa biasa.

Manfaat keempat kamu pun diberikan manfaat asuransi tambahan yang ditawarkan berupa layanan seperti biaya kecelakaan, keadaan kritis, caca total, bebas premi dan juga biaya rawat inap rumah sakit.


Kamu juga harus mengetahui kerugian dari memiliki asuransi unit link

Pertama, Biaya premi yang ditawarkan bulanan lebih mahal karena biasanya kamu akan membayar asuransi jiwa beserta asuransi lainnya.

Kedua, Kamu juga nggak akan menikmati keuntungan investasi yang besar, karena asuransi unit link memiliki fokus utama sebagai proteksi bukan pada produk investasinya. Jadi jangan membandingkan keuntungan investasi pada asuransi unit link dengan investasi murni sebenarnya.

Pemilihan jenis asuransi ini tergantung kebutuhan masing-masing. Maka buat kamu yang berencana ingin membeli sebuah asuransi. Maka terlebih dahulu pahami dan juga lihat mafaat yang bisa di berikan dari jasa asuransi tersebut. Thanks.

sumber : www.finansialku.com

Post a comment for "Perbedaan Dan Manfaat Asuransi Jiwa Dan Asuransi Unit Link"