-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membuat TPA3118 Mono Amplifier Terkoneksi Ke Bluetooth

Membuat TPA3118 Mono Amplifier Terkoneksi Ke Bluetooth
TPA3118 Mono Amplifier merupakan tipe amplifier Class D yang cukup sederhana. Dengan ukuran dimensi dan rangkaian yang cukup kecil namun mampu memiliki daya sampai 60 watt. 

TPA3118 Amplifier merupakan rangkaian mono jadi apabila agan/sis ingin berencana membuat sebuah rangkaian sound system dengan kualitas suara stereo maka diharuskan untuk menggunakan 2 rangkaian amplifier TPA3118.

Dalam proses perakitan rangkain amplifier class D dengan sebuah modul TPA3118 mono amplifier cukuplah gampang. Tidak seperti halnya apabila membuat sebuah rangkaian amplifier konfensional di mana perlu cukup banyak rangkaian tambahan seperti tone control, rangkaian power supplay dan lain nya.

Pada kesempatan ini melalui artikel yang Dfixed tulis akan memberikan sebauh tutorial untuk merangkai sebuah TPA3118 mono amplifier menjadi rangkaian stereo dan di gabungkan dengan sebuah rangkaian Bluetooth Module. Tentunya dengan tambahan Bluetooth Module akan mempermudah ketika agan/sis akan memutar musik melalui perangkat ponsel android. 

Dibandingkan dengan menggunakan kabel jack audio sebagai sumber dari audio, penggunaan Bluetooth Module bisa meredam noise, selain itu pada sebuah Bluetooth Module juga dilengkapi dengan slot SD Card dan port USB, sehingga agan/sis juga bisa memutar file audio mp3 melalui memory card ataupun flashdisk.

Diagram rangkaian TPA3118 Mono Amplifier terkoneksi ke Bluetooth Module


Pada gambar diagram dibawah ini terlihat sebuah diagram sebagai panduan untuk membuat rangkaian amplifier class D dengan menggunakan 2 rangkaian modul TPA3118.

Diagram rangkaian TPA3118 Mono Amplifier terkoneksi ke Bluetooth Module
Untuk jenis speaker agan/sis bisa menggunakan ukuran speaker 6 inch sampai 8 inch. Sedangkan untuk konsumsi sumber arus listrik modul TPA3118 Mono Amplifier bisa dinyalakan dengan tegangan 12 Volt DC sampai 24 Volt DC, apabila agan/sis memiliki power supply dengan ukuran ampere yang besar maka itu juga bisa membuat kinerja dari modul amplifier class D ini akan lebih baik.

Baca Juga: Kekurangan Dan Kelebihan Power Amplifier Class A/B Dan D

Untuk komponen dan bahan tambahan gunakan juga potensio stereo dan juga beberapa kabel untuk menghubungkan rangkaian amplifier, modul bluetooth, dan juga power supply.

Demikianlah informasi dan juga tutorial dasar untuk membuat rangkaian amplifier class D stereo dengan menggunakan TPA3118 Mono Amplifier 60 Watt. Tentunya dengan membuat rangkaian audio amplifier seperti ini akan lebih menghemat biaya dan juga ruang untuk meletakan sound amplifier tersebut. Thanks

Posting Komentar untuk "Membuat TPA3118 Mono Amplifier Terkoneksi Ke Bluetooth"