Cara Membuat Lampu Emergency Dengan Trafo LHE - Dfixed
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Lampu Emergency Dengan Trafo LHE

Cara Membuat Lampu Emergency Dengan Trafo LHE
Membuat lampu emergency dengan trafo LHE - Komponen Trafo LHE merupakan sebuah komponen elektronika pendukung pada lampu yang biasanya terdapat di rumah sebagai sumber penerangan.

Trafo LHE joule thief merupakan salah satu kompnen vital yang kan meneruskan tegangan 220 Volt AC menuju bola lampu agar bisa memancarkan cahaya.

Ternyata trafo LHE yang terdapat pada sebuah bola lampu yang sudah rusak ini tetap bisa kita gunakan untuk membuat rangkaian lampu emergency yang cukup sederhana.

Selain itu tetap perlu beberapa komponen dan bahan pendukung untuk membuat lampu emergency dengan trafo LHE.

Berikut ini bahan, komponen dan juga cara membuat lampu emergency dengan trafo LHE

  • 1 buah trafo LHE
  • 2 buah transistor TIP 31 dan TIP 32
  • 2buah resistor 680 Ohm
  • Baterai handphone atau baterai bertegangan 3,5 Volt DC jenis lain
  • Fitting lampu
  • Lampu 5 watt
  • Timah dan kabel secukupnya

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencari dimana letak kedua kaki pin trafo LHE joule thief yang berhubungan menggunakan bantuan multitester atau AVO meter.

Pada umum nya kaki pin dari trafo LHE ini memiliki jumlah yang variasi dimulai dari 3 kaki pin, 4 kaki pin sampai 5 kaki pin. Namun pada tutorial kali ini Dfixed akan menggunakan jenis trafo LHE dengan 4 kaki pin saja.

Skema diagram untuk membuat  lampu emergency dengan trafo LHE

Pin A dan pin B adalah letak pin yang saling terhubung dan nantinya sekaligus akan dijadikan jalur untuk menuju ke lampu.

Pada kaki pin trafo bertanda X adalah berupa pin kosong, jadi tentu saja tidak akan digunakan dalam proses merakit lampu emergency.

Trafo joule thief LHE 4 pin
Selanjutnya perhatikan contoh gambar dibawah ini, lakukan instalasi semua bahan dan komponen sesuai dengan petunjuk yang ada di gambar. Pastikan komponen terhubung dengan baik. Pada gambar terdapat lingkaran merah yang menandakan itu merupakan jalur untuk menuju ke lampu.

Skema diagram untuk membuat  lampu emergency dengan trafo LHE
Selanjutnya agan/sis bisa melakukan uji coba dengan memberikan sumber listrik dari sebuah baterai handphone atau jenis baterai lain yang memiliki tegangan sebesar 3,5 Volt DC. apabila lampu bisa menyala maka proses perakitan lampu emergency dengan trafo LHE joule thief sudah berhasil. 

Baca Juga: Cara Membuat Rangkaian Power Bank Sederhana

Apabila masih ada kendala atau lampu tidak bisa menyala, coba periksa kembali setiap sambungan rangkaian komponen, apakah sudah tersolder dengan baik atau tidak.

Jika agan/sis masih merasa bingung bisa bertanya melalui kolom komentar di bawah ya.

Demikianlah tutorial sederhana yang bisa Dfixed berikan tentang cara membuat lampu emergency dengan trafo LHE. tentunya rangkaian lampu seperti ini lebih efisien dan juga hemat biaya. Thanks.

Post a comment for "Cara Membuat Lampu Emergency Dengan Trafo LHE"