Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Langkah Perbaikan Samsung Galaxy J3 J320F No Charging

Langkah Perbaikan Samsung Galaxy J3 J320F No Charging

Pada posting ini kita akan membahas tentang masalah kerusakan Samsung galaxy J3 J320F no charging dan beserta cara perbaikan nya. Dfixed tentunya akan memberikan agan/sis saran tentang menyelesaikan masalah kerusakan ini. Misalnya, agan/sis tidak akan dapat mengisi daya baterai ponsel menggunakan pengisi daya dengan kabel USB ke ponsel, menggunakan pengisi daya universal menjadi tidak mungkin ketika agan/sis menggunakan ponsel yang ditenagai oleh jenis baterai non-removable.

Ketika perangkat smartphone android seperti Samsung J3 J320F tidak akan mengisi daya, bisa saja masalah tersebut berasal dari hardware dan aksesorisnya, atau bisa juga terjadi gangguan dengan firmware.

Sebaiknya agan/sis harus melakukan beberapa prosedur untuk menyelesaikan masalah no charging pada smartphone samsung galaxy J3, sehingga penyebab kerusakan bisa terdeteksi dan masalah kerusakan bisa segera teratasi.

Agan/sis mungkin suka dengan Samsung J3 J320F dengan berbagai fitur yang bisa diunggulkan. Salah satu fitur terbaik dari Samsung J3 J320F adalah baterainya, dimana merupakan baterai dengan kapasitas 2600 mAh. Tentunya ini akan memberikan ponsel waktu penggunaan antara 27 dan 31 jam, dan waktu siaga 1 harian lebih hingga 2 hari (tergantung pada penggunaan aplikasi, kekuatan sinyal jaringan, penggunaan WiFi, dan banyak faktor lainnya).

Alasan kerusakan hardware bisa menimbulkan masalah pengisian daya Samsung J3 J320F no charging


Ada empat alasan dasar terkait perangkat keras sehingga smartphone Samsung J3 J320F agan/sis mengisi daya secara perlahan atau malah no charging, dan Dfixed akan menjelaskan masing-masing secara berurutan dan dalam rangka meningkatkan probabilitas. Beberapa kemungkinan yang bisa terjadi antara lain:

  1. Ada kotoran dan debu yang bersarang di lobang pengisian daya Port USB.
  2. Adaptor daya mengalami kerusakan.
  3. Kabel USB tidak lagi berfungsi dengan baik.
  4. Anda menggunakan adaptor daya yang salah untuk ponsel, charger palsu atau abal-abal.


Solusi dari masalah kerusakan Samsung Galaxy J3 J320F no charging atau tidak mengisi daya baterai

Pada gambar digaram dibawah ini Dfixed akan memberikan skema diagram yang menggambar cara pengisian Daya pada Samsung J3 J320F dan kontinuitas pemeriksaan jumper menggunakan multimeter jika ada kerusakan jalur,sehingga agan/sis bisa melakukan jumper jalur pada mainboard Samsung Galaxy J3 J320F.

Cara Memperbaiki Samsung Galaxy J3 J320F No Charging, Fake Charging
Sumber Gambar: www.mobilerdx.com

Beberapa langkah memperbaiki Samsung J3 J320F no caring atau tidak bisa mengisi daya baterai

Setelah melakukan 3 langkah diatas,maka segera lakukan pengujian fungsi pengisian daya pada smartphone Samsung Galaxy J3, apabila pengisian daya kembali normal maka permasalah telah selesai. Namun apabila keruskan no charging belum juga terselesaikan maka agan/sis harus melakukan analisa dan perbaikan yang lebih mendetail lagi.
 

Langkah lanjutan dalam memperbaiki Samsung Galaxy J3 J320F no charging, fake charging

Setelah ponsel dibongkar, agan/sis harus mengambil beberapa langkah yang ditunjukkan dalam gambar diagram.

Periksa port USB Pengisian dan poinnya apakah menghasilkan nilai tegangan sebesar 4 hingga 5 volt DC, selain itu agan/sis juga harus melakukan pengukuran dengan multimeter atau AVO meter pada setiap jalur yang terdapat pada gambar diagram. Apabila terdapat jalur yang putus maka bisa lakukan perbaikan jalur dengan metode jumper jalur.

Selain kerusakan pada port USB charger dan jalur pada mainboard, terdapat beberapa hardware lainya yang bisa menyebabkan munculnya kerusakan no charging di android Samsung Galaxy J3 :

  • Dioda rusak
  • Kapasitor rusak
  • resistor rusak
  • Coil pengisian daya rusak
  • Komponen IC charger bermasalah
  • Kerusakan pada baterai yang digunakan pada handphone Samsung Galaxy J3 J320F


Sebagai catatan tambahan: Apabila HP Samsung Galaxy J3 J320F tidak dapat dicas, no charging, fake charging akibat terkena tumpahan air, maka sebaiknya segera lakukan pembongkaran pada HP dan lakukan pembersihan pada setiap komponen dan juga mainboard.

Hal ini dilakukan agar menghindari terjadinya korosi, timbulnya jamur dan karat yang bisa mengakibatkan jalur dan komponen pada mainboard mengalami kerusakan yang parah.


Demikianlah informasi yang bisa Dfixed berikan  tentang cara memperbaiki Samsung Galaxy J3 J320F tidak bisa dicas, no charging, fake charging. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu agan/sis semua dalam menyelesaikan kasus kerusakan no charging di HP Samsung Galaxy. Thanks

Posting Komentar untuk "Langkah Perbaikan Samsung Galaxy J3 J320F No Charging"