Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara Terbaik Untuk Mengatasi HP Xiaomi Redmi 4A Tidak Bisa Dicas (Update 2022)

7 Cara Mengatasi HP Xiaomi Redmi 4A Tidak Bisa Dicas

Masalah kerusakan smartphone xiaomi 4a tidak bisa dicas mungkin sedang agan/sis alami saat ini. Tentunya akan sangat sulit dan repotkan  jika kerusakan ini terjadi pada HP xiaomi yang agan/sis miliki.

Karena penggunaan baterai non-removable yang digunakan pada Hp Xiaomi 4A, tentunya akan mempersulit jika akan dilakukan pengecasan dengan bantuan charger desktop, charger batok ataupun charger kodok. Berbeda halnya jika baterai yang digunakan berjenis removable yang bisa di lepas dan pasang.

Kenapa hp xiaomi redmi 4a tidak bisa dicas?

Banyak faktor dan penyebab terjadinya masalah kerusakan hp xiaomi redmi 4a tidak bisa di charge, selain dari faktor luar juga bisa disebabkan oleh masalah internal dari Hp Xiaomi 4A tersebut.

Penggunaan kabel maupun charger yang tidak bagus ( original ) juga bisa memicu timbulnya masalah kerusakan xiaomi redmi 4a tidak bisa di cas. Maka sebaiknya selalu gunakan aksesoris serata charger yang memiliki kualitas bagus serta original. Untuk menghindari munculnya masalah ponsel xiaomi tidak bisa di cas.


Solusi smartphone Xiaomi redmi 4a tidak bisa di cas

Untuk menyelesaikan masalah kerusakan ponsel xiaomi tidak bisa di charge, tentunya agan/sis harus melakukan beberapa langkah dan analisis terlebih dahulu untuk memastikan dari mana sumber kerusakan itu terjadi. Berikut ini Dfixed akan memberikan beberapa langkah perbaikan yang bisa agan/sis lakukan.


7 Cara mengatasi hp xiaomi redmi 4a tidak bisa dicas


Untuk dapat menyelesaikan masalah kerusakan no charging pada smartphone xiaomi redmi 4a, maka perlu dilakukan beberapa langkah perbaikan, dimulai dari perbaikan ringan hingga perbaikan dengan analisa yang lebih mendalam ( secara teknikal ).

1. Periksa kondisi charger yang digunakan

Salah satu faktor yang bisa menyebabkan ponsel xiaomi redmi 4a tidak bisa di charge adalah penggunaan kepala charger yang tidak bagus atau abal-abal.
Penggunaan charger yang tidak bagus bisa mengakibatkan tegangan listrik yang masuk ke baterai tidak stabil, sehingga menyebabkan persentase batre tidak kunjung bertambah malah semakin berkurang dan akhirnya ponsel xiaomi redmi 4a menjadi mati total dan tidak bisa di cas kembali.

Maka untuk mencegah hal itu terjadi sebaiknya selalu gunakan charger dengan kondisi bagus ataupun original dari Xiaomi nya itu sendiri.


2. Kabel cas USB yang tidak bagus

Kabel cas USB yang tidak bagus

Yups,selain aktor dari penggunaan charger yang kurang bagus, ternyata kabel USB cas yang memiliki kualitas jelek juga ikut berpengaruh besar terhadap munculnya masalah xiaomi redmi 4a tidak bisa di cas. Biasanya masalah yang muncul yaitu lamanya persentase baterai bertambah, daya listrik tidak bisa masuk ke baterai dan koneksi yang terputus-putus saat melakukan pengisian baterai hp Xiaomi.

Sebaislusinya maka unakanlah aksesoris seta kabel USB cas dengan kualitas bagus, bisanta memiliki serat kawat tembaga yang banyak di dalamnya.

3. Kondisi baterai yang mulai soak

Kondisi baterai yang mulai soak

Baterai yang mulai soak atau sering ngaco dalam persentase kapasitas daya, juga bisa menimbulkan masalah HP xiaomi redmi 4a tidak bisa di cas.

Bisanya ponsel yang menggunakan baterai yang soak, memiliki gejala sebagai berikut ini:

  • Ponsel sering mati secara tiba-tiba.
  • Persentase daya baterai tidak stabil.
  • Ponsel akan sering restart sendiri.
  • HP akan mati jika menggunakan kamera dengan tambahan lampu flash.
  • HP tidak bisa dilakukan pengisian daya baterai sama sekali.


Untuk solusi, coba gantilah baterai Hp xiaomi milik agan/sis dengan baterai non-removable dengan kualitas bagus. Diharapkan setelah melakukan pergantian baterai masalah HP xiaomi 4a tidak bisa di charge sudah bisa teratasi.

4. Gangguan pada konektor cas USB port

Solusi smartphone Xiaomi redmi 4a tidak bisa di cas

Yang namanya perangkat elektronika tentunya memiliki masa umur pakai, apalagi jika agan/sis sering menggunakan smartphone xiaomi dalam kondisi di charge.entah itu lagi bermain game, mendengar musik, atau nonton youtube.

ya , kondisi seperti ini biasanya bisa menyebabkan port USB charger lebih cepat mengalami kerusakan ataupun menjadi kendor. Tentunya jika hal tersebut terjadi akan menimbulkan masalah pada ponsel xiaomi redmi 4a tidak bisa di cas.

Untuk solusi dari masalah tersebut sebaiknya segera lakukan penggantian pada port USB charger pada smartphone xiaomi redmi 4a yang agan/sis miliki. Jika sulit untuk melakukan penggantian port USB, agan/sis bisa mengganti 1 set panel bagian bawah beserta port USB sekaligus.


5. Terjadi masalah pada jalur pengisian baterai atau kabel flexibel

Jika HP xiaomi redmi 4a milik agan/sis mengalami kerusakan tidak bisa di cas karena terkena tumpahan air, maka kemungkinan besar terdapat kerusakan pada jalur pengecas pada CB ataupun di kabel flexible yang menghubungkan panel PCB bagian bawah ke mainboard utama di HP.

Kenapa hal tersebut bisa terjadi? Pada umumnya papan PCB yang terkena tumpahan air akan bereaksi dan menimbulkan karat serta korosi pada jalur2 komponen yang terdapat pada mainboard. Walaupun reaksi itu tidak berlangsung secara instan tapi jika hal tersebut tidak ditangani secara cepat maka akan menimbulkan kerusakan lainya di samping kerusakan xiaomi redmi 4a tidak bisa di cas.

Sebagai langkah perbaikanya, sebaiknya segera keringkan tumpahan air yang terdapat pada papan PCB ponsel dengan mengeringkannya di bawah sinar matahari atau bisa membersihkan nya dengan menggunakan cairan thinner atau alkohol. Namun pastikan juga agan/sis mampu melakukan pembongkaran pada setiap part yang ada di HP xiaomi, jika agan/sis ragu bisa menyerahkannya ke jasa service HP yang terpercaya saja ya, agar meminimalisir terjadinya kerusakan yang semakin bertambah.


6 Ic charger rusak atau korslet

cara mengatasi hp xiaomi 4a tidak bisa dicas

HP xiaomi 4a tidak bisa di charge? Faktor lainya yang bisa menyebabkan munculnya kerusakan itu ialah terjadinya kerusakan pada komponen IC charger.

Biasanya gejala yang ditimbulkan adalah :

  • Baterai tidak bisa penuh walaupun di cas dalam waktu lama ( fake charging, pengisian daya baterai palsu).
  • Ponsel mengalami overheat akibat terjadinya korsleting pada IC charger.
  • Hp xiaomi tidak dapat dilakukan pengecasan sama sekali, walaupun sudah mengganti konektor USB cas dan kabel flexible.


Sebagai solusinya, sebaiknya segera lakukan penggantian pada IC charger di ponsel xiaomi redmi 4a, untuk tipe IC charger nya adalah berkode ( 358s2166 ) . untuk mendapatkan IC charger tersebut bisa memesan secara online atau membelinya di toko sparepart HP terdekat. 

 

7. Terjadi korsleting pada komponen atau IC power

Apabila hp xiaomi redmi 4a mati total dan tidak bisa di cas, bisanya terdpatkeruskn pada komponen internal seperti dioda atau kapasitor yang konslet. Maka untuk mengetahui letak kerusakan nya agan/sis perlu melakukan pemeriksaan dengan bantuan multimeter atau AVOmeter.

Selain itu jika terjadi full short bisa juga memberikan tegangan langsung dengan menggunakan alat yang bernama MBR, dengan menggunakan alat MBR ini bisa sangat gampang mengetahui komponen yang mengalami korsleting bisanya ditandai dengan timbulnya panas atau bara api di komponen yang rusak tadi.

Sebagai solusinya bisa mengganti komponen yang konslet tadi dengan komponen yang berjenis serta berukuran sama.

Selain komponen yang mengalami konslet, ternyata munculnya masalah kerusakan hp xiaomi redmi 4a mati total tidak bisa di charge bisa juga disebabkan kerusakan pada IC power nya, jika hal tersebut terjadi maka sebaiknya lakukan penggantian pada IC power. Apabila agan/sis tidak begitu mahir dalam proses pelepasan dan pemasangan IC power ,sebaiknya serahkan pengerjaan ini pada jasa service HP yang bisa di percaya.


Itulah beberapa langkah yang bisa agan/sis lakukan untuk mengatasi kerusakan pada smartphone xiaomi 4a tidak bisa dicas, Dixed harap salah satu cara di atas bisa menyelesaikan kerusakan tersebut ya.Thanks

Posting Komentar untuk " 7 Cara Terbaik Untuk Mengatasi HP Xiaomi Redmi 4A Tidak Bisa Dicas (Update 2022)"