-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Memilih Ukuran Senar Bass 4 String Yang Tepat

Tips Memilih Ukuran Senar Bass 4 String Yang Tepat

Ukuran senar bass 4 string - Nada dan kemampuan bermain bass listrik Anda sangat dipengaruhi oleh kualitas senar yang digunakan. Pada Artikel ini Anda bisa mengetahui cara memilih ukuran senar bass 4 string serta kualitas nya. Tentunya Dfixed akan memberi anda panduan terbaik dalam memilih senar bass yang sesuai untuk lagu dan instrumen musik Anda.


Kapan saya harus mengganti senar bass ?

Penggantian senar bass bisa ditentukan dari sering nya ada memainkan bass dan cara anda mengambil nada serta jenis genre musik yang anda sering mainan. Maka hal itulah yang bisa menjadi patokan untuk mengganti senar bass.

Anda mungkin pernah menjumpai bassis yang belum menggantikan string bass mereka dalam beberapa dekade. Kemungkinan hal itu terjadi karena sang bassis lebih cenderung memainkan musik yang slow dan rajin dan rajin dalam perawatan nya, tentu saja itu bisa memperpanjang umur pakai si senar bass.

Namun, ingatlah bahwa string bass yang terlalu lama dan mulai muncul karat cenderung menyebabkan korosi pada fret dan pickup Anda, yang mengakibatkan kerusakan yang jauh lebih mahal daripada serangkaian penggunaan senar baru.

Dengan mengganti senar bass baru serta kualitas yang baik, maka anda akan mendapatkan kejelasan tone nada dari masing-masing senar, tentunya cukup berbeda dibandingkan disaat anda menggunakan senar mati.

Namun, sedikit kelemahan apabila anda mengganti senar bass baru, maka anda akan sering melakukan tuning nada karena senar mengalami peregangan, hal itu cukup wajar karena senar akan memposisikan peregangan hingga ke posisi yang tetap dan stabil.


Apa yang harus diperhatikan saat membeli senar bass


Berikut ini adalah pertimbangan yang paling penting ketika membeli untuk senar gitar bass:

  • Jumlah string bass Anda
  • Panjang skala bass Anda
  • Selera musik dan gaya bermain Anda
  • Seberapa sering Anda bermain
  • Anda ingin mencapai karakter dan nada suara tertentu.


Variabel berikut memiliki efek pada parameter tersebut:

  • String tension
  • Bahan konstruksi string
  • Tipe gulungan string
  • Jenis coating


Selanjutnya, kita akan melihat masing-masing faktor ini untuk menentukan senar bass mana yang paling cocok untuk gitar bass dan teknik permainan anda.


Bahan dan lilitan membuat string bass

Bungkus luar mengelilingi kawat inti baja di sebagian besar senar bass listrik. Stainless steel dan nikel adalah logam yang paling populer. Jenis gulungan memiliki dampak pada nada string.

Mengenal bahan dan lilitan pada senar bass

Berikut ini adalah daftara gulungan yang paling umum terdapat pada senar bass:

Roundwound: Sejauh ini yang paling umum, string roundwound mengandung stainless steel atau nikel. Stainless steel menghasilkan suara yang lebih cerah dan lebih keras. Roundwounds memiliki tekstur bergerigi dan populer di kalangan bassis rock dan funk.


Flatwound: Flatwound memiliki kawat inti baja yang dibungkus dengan kawat datar yang halus dan menciptakan nada yang lebih lembut dan lebih bulat daripada roundwounds. Mereka populer di kalangan jazz dan old-school soul bassists. 

Ketika roundwound diciptakan popularitas nya cukup cepat meningkat di kalangan gitaris dan bassis. Bassist jazz, country, dan blues terus memanfaatkannya. Flatwound sangat populer pada bass fretless karena permukaan yang lebih halus, yang mengurangi keausan pada fretboard.


Tapewound:
Lapisan nilon melilit kawat logam dalam untuk jenis string bass ini. Gulungan dengan jenis tapewound ini menciptakan nada gelap dan lembut, selain memiliki sentuhan paling lembut. Sebagian besar dari senar dengan gulungan Tapewound ini  berwarna hitam.


Taperwound: Taperwound mampu menghasilkan high output dan suara dinamis dengan feel lembut dari nikel. Taperwound ini juga sangat cocok untuk meningkatkan sustain dan intonasi. Jika Anda mencari paket senar untuk musik rock, funk dan gaya musik lainnya, jenis senar bassini isa menjadi pilihan.


Groundwound: String ini adalah merupakan dasar dari roundwound, tetapi kawat dibuat sedemikian rupa sehingga tidak setipis flatwound tetapi lebih datar daripada roundwound. Hasilnya adalah string dengan kualitas suara yang mirip dengan roundwound namun dengan kehalusan flatwound.


Bahan untuk senar bass

Paduan logam yang digunakan dalam konstruksi string memiliki efek pada nada, dan masa pakai senar bass tersebut. Berikut adalah beberapa karakteristik bahan yang paling umum pada senar bass:

  1. Nickel-Plated Steel: ini merupakan bahan string yang paling populer, baja berlapis nikel menghasilkan anda yang clean, sangat cocok digunakan untuk berbagai jenis genre musik
  2.  Pure Nickel: menciptakan nada vintage yang lebih hangat karena mereka memiliki daya tarik magnet yang lebih sedikit daripada senar baja. Sangat cocok digunakan pada jenis musik pop, jazz dan country.
  3. Stainless Steel: Mampu menghasilkan nada yang sangat jelas dan tahan terhadap korosi. Musisi rock, dan metal sangat menyukainya.
  4. Copper-Plated Steel: Penutup tembaga tipis memberikan nuansa akustik yang kaya sambil mempertahankan respon dari baja yang menghasilkan suara yang cemerlang..
  5. Polymer-Coated Strings: Banyak produsen menggunakan bahan pelapis sintetis untuk mencegah string dari korosi dan memperpanjang masa pakai senar bass tersebut. Namun akan menghasilkan efek nada yang berbeda tergantung bahan Polymer-Coated nya.
  6. Color-Coated Strings: Beberapa lapisan termasuk bahan kimia pewarna yang dapat meningkatkan efek estetika instrumen bass Anda. disisi lain tetap mempertahankan kualitas senar dan juga kenyamanan di saat bermain bass.


Ukuran Senar Bass

Di pasaran cukup banyak terdapat ukuran senar bass yang bisa menjadi pilihan, bisanya semakin besar ukuran dari senar bass maka akan memberikan tension yang semakin kuat. Tentunya butuh tenaga extra di saat anda memakainya.

Untuk mengetahui ukuran yang tepat dari senar bass yang akan digunakan, biasa nya terdapat informasi dan tabel pada kemasan senar bass seperti 'light', 'medium', 'heavy' untuk memudahkan mengetahui ukuran senar dalam kemasan.

Berikut tabel ukuran senar bass 4 sting dan 5 string

ukuran senar bass 4 sting dan 5 string

Coating

Coating pada senar bass atau gitar tentunya sangat berguna untuk memberikan daya tahan pada senar tersebut, coating pada senar bass bisa memberikan perlindungan dari korosi dan juga karat yang bisa mempengaruhi kualitas nada yang dihasilkan.
Memang Senar yang dilapisi coating akan menghasilkan suara yang cukup berbeda dibandingkan senar un-coating,namun seiring perkembangan teknologi perbedaaan itu tentunya bisa diminimalisir.

Scale Length

Hal ini sangat penting saat anda membeli senar baru untuk bass, Ketahui jenis scale length bass anda termasuk dalam tipe short, medium, long scale, dan extra long scale? agar tidak salah pilih saat membeli senar bass nantinya.

Kenapa harus perhatikan scale length?
Hal Ini tentu sangat perlu diperhatikan agar tidak salah dalam memilih panjang senar bass, jika salah bisa saja anda membeli senar yang terlalu pendek atau malah kepanjangan.


Oke,mungkin sampai disini dulu artikel tentang tips memilih ukuran senar bass 4 string yang tepat. See you next article.

Posting Komentar untuk "Tips Memilih Ukuran Senar Bass 4 String Yang Tepat"