Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Tips Membeli Rumah Pertama Menurut Professional

 Membeli Rumah Pertama Anda – Membeli rumah itu bukanlah perkara yang sederhana. Apalagi jika Anda adalah orang pertama di keluarga anda yang ingin membeli rumah. Belum lagi metode pembayaran yang Anda pilih memiliki dampak signifikan pada proses yang akan Anda lalui.

Apakah Anda keluarga baru atau bersiap untuk membeli rumah pertama? Jangan meremehkan beberapa hal berikut sehingga Anda tidak menyesalinya nanti. Dengan memperhatikan beberapa aspek yang akan dijelaskan nanti bisa membuat prosedur transaksi Anda juga bisa berjalan lancar.

10 Tips Membeli Rumah Pertama Menurut Professional

Tips praktis bagi Anda yang ingin membeli rumah pertama


1. Tentukan Waktu Yang Tepat Saat Membeli Rumah

Harga properti tumbuh dan turun karena banyak faktor seperti penawaran dan permintaan, serta status ekonomi secara keseluruhan. Ketika harga properti turun, itu adalah saat terbaik untuk membeli rumah.

Jika Anda menemukan bahwa harga properti sekarang tinggi, tetapi Anda mengharapkan mereka untuk menurun dalam satu atau dua tahun mendatang karena kebijakan pemerintah baru, Anda mungkin ingin menunda pembelian Anda untuk sementara waktu dan meningkatkan tabungan Anda bahkan lebih, sehingga Anda dapat membayar lebih untuk uang muka rumah di masa depan.


2. Tanya Calon Tetangga Baru Anda

Tidak ada yang mengerti tempat yang lebih baik daripada mereka yang telah tinggal di sana sepanjang hidup mereka. Bertanya dengan pemilik rumah lain mungkin bisa memberikan informasi seperti keadaan saat ini di wilayah tersebut. Apakah daerah ini bebas dari banjir? Pada saat yang sama, status keamanan lingkungan. Ini juga membantu dalam pengembangan hubungan positif dengan tetangga baru jika Anda memutuskan untuk membeli properti nanti.


3. Rencana Jangka Panjang Properti

Biasanya, rumah yang Anda beli adalah untuk tempat tinggal permanen Anda, tetapi apakah Anda mempertimbangkan strategi jangka panjang? Jika Anda ingin menjualnya di masa depan, lokasi properti akan memiliki pengaruh signifikan terhadap harga. Saat memutuskan lokasi rumah yang akan dibeli, maka pertimbangan dengan serius.


4. Ukuran Rumah Itu Penting

Ketika rumah besar menjadi keinginan Anda, perlu diingat bahwa ukuran yang lebih besar memiliki dampak harga yang lebih tinggi.

Ketika anda disajikan dengan keputusan antara dua nilai properti identik di mana satu lebih lebar dari yang lain, tentu akan tergoda untuk memilih rumah berukuran lebih besar, dan dalam banyak situasi, itu akan menjadi pilihan yang bijaksana.

Properti yang lebih besar, di sisi lain, akan membutuhkan lebih banyak pemeliharaan dan pada akhirnya dapat membuat tagihan pemeliharaan bulanan yang lebih tinggi.


5. Permintaan Sewa Properti

Jika Anda ingin membeli rumah dan menyewakannya, teliti permintaan sewa properti. Bahkan jika pasar sewa properti cukup tinggi, jangan berharap untuk menemukan penyewa dalam waktu yang cepat.



 

6. Program Kepemilikan Rumah Dari Pemerintah

Pemerintah menawarkan sejumlah inisiatif untuk membantu orang membeli rumah mereka sendiri. Lakukan penelitian, untuk menentukan mana yang mencakup dengan keuangan serta kualifikasi Anda.


7. Pertimbangkan Dana Pinjaman Rumah

Banyak pembeli berniat untuk mendapatkan pinjaman rumah dari bank. Namun, dengan begitu banyak bank yang menawarkan pinjaman rumah, Anda dapat menghemat sejumlah besar uang untuk pembayaran bunga jika Anda mengevaluasi opsi pinjaman perumahan alternatif.



8. Perhatian Inflasi

Awasi tren inflasi untuk mengevaluasi apakah pinjaman rumah jangka panjang (seperti hipotek 30 tahun) lebih menguntungkan daripada hipotik jangka pendek.

Hal ini dapat menyebabkan Anda menjadi lebih hemat ketika membayar bunga. Jika inflasi signifikan, jumlah utang yang akan Anda bayar dalam waktu satu tahun mungkin bernilai kurang dari penilaian saat ini.

9. Siapkan Dana Darurat

Ketika Anda membeli properti, Anda harus memiliki dana darurat. Jika Anda tiba-tiba kehilangan sumber pendapatan yang signifikan, Anda memerlukan strategi untuk melakukan pembayaran hipotek bulanan Anda.

Dana darurat Anda harus cukup untuk menutupi pembayaran hipotek selama beberapa bulan, serta biaya rumah tangga, sampai Anda mendapatkan pekerjaan baru.

 

10. Siapkan Anggaran Dana Tambahan Ketika Membeli Rumah

Anda mungkin terlalu fokus pada nilai properti dan mengabaikan uang terhubung lainnya. Akan ada biaya hukum dan pajak yang harus dibayar. Anda juga akan diminta untuk membayar komisi agen real estat yang membantu Anda dalam membeli rumah.

Jangan Biarkan diri Anda untuk diambil oleh emosi di saat menjadi pembeli rumah pertama kali, Pikirkan baik-baik, pelajari semua yang Anda bisa, dan timbang semua alternatif Anda, terutama ketika datang ke penawaran pinjaman rumah.

Kepala yang jernih dan kesabaran akan memungkinkan Anda untuk membuat penilaian terbaik untuk membeli properti dan manfaat dalam  jangka panjang.a

Posting Komentar untuk "10 Tips Membeli Rumah Pertama Menurut Professional"