Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tips Memilih Multimeter Terbaik Update 2022

Memilih Multimeter Terbaik - Membeli multimeter dari toko online di internet sangat sederhana. Ada beberapa pilihan produk, fitur, dan variasi harga yang tersedia, sehingga sulit untuk memilih jenis multimeter digital ataupun multimeter analog terbaik untuk dibeli.

5 Tips Memilih Multimeter Terbaik

Untuk menemukan alat multitester yang memenuhi kebutuhan Anda, Dfixed.com telah menyusun daftar pedoman untuk menentukan multimeter terbaik.


Berikut 5 Tips sederhana dalam memilih Multimeter terbaik


1. Pahami kebutuhan

Pertimbangkan mengapa Anda membeli multimeter. untuk digunakan secara teratur atau hanya d saat tertentu saja.

Multimeter untuk persyaratan profesional tidak sama dengan multitester untuk hobi, Multimeter untuk kebutuhan profesional biasanya jauh lebih dapat diandalkan, memiliki kualitas material yang lebih tinggi, dan lebih ringkas dan nyaman untuk digunakan saat bekerja.



2. Pahami fungsi dari multimeter

Secara umum, fitur dasar multimeter meliputi pengukuran tegangan, arus, resistansi, dan kontinuitas.

Tetapi jika Anda memerlukan pengukuran khusus seperti perlunya pengukuran peralatan elektronik maka fitur pengukuran frekuensi, kapasitansi, induktansi, dan fitur tambahan lainnya yang membantu dalam proses pengukuran perlu menjadi perhatian untuk dimiliki pada multimeter.


3. Daya tahan Multitester

Multimeter dengan harga jual yang murah hampir selalu memiliki kualitas material yang buruk, tidak tahan lama, dan menghasilkan hasil pengukuran yang salah.

Pastikan bahwa multimeter yang Anda beli bukanlah produk palsu, karena kualitasnya yang buruk walaupun dengan desain dan spesifikasi yang sama. Jika hal ini terjadi, maka pertimbangan untuk mendapatkan multimeter berdasarkan kualitas yang bagus daripada harga yang murah.


4. Perhatikan dari sisi keamanan

Tidak disarankan untuk menggunakan multimeter untuk tujuan hobi dalam mengukur pada tegangan tinggi. Pastikan bahwa standar batas keamanan multimeter yang anda pilih sesuai dengan kebutuhan penggunanya.


5. Harga Multimeter

Pasaran cukup banyak menawarkan berbagai macam harga multitester, mulai dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah. Tapi apakah aman untuk menghabiskan puluhan ribu untuk sebuah multimeter?

Jika kebutuhan untuk menggunakan hanya sekedar hobi, multimeter dalam kisaran harga Rp50.000 hingga 500 ribuan bisa dibilang cukup; Tentu saja, kualitas yang dapat bersaing dengan harga ditawarkan.


Namun, jika kebutuhan untuk menggunakan anda lebih dalam, tuntutan pekerjaan sehari-hari atau tujuan profesional, di mana berbagai faktor seperti akurasi pengukuran, ketergantungan, dan keamanan pada pengukuran tegangan tinggi adalah penting. Maka pilihan jatuh pada multimeter dengan harga lebih dari 500 ribuan.

 

Demikianlah tips singkat yang bisa anda terapkan di saat akan memilih dan membeli multimeter terbaik. Semoga tips ini bisa bermanfaat bagi anda semua ya. Thanks

Posting Komentar untuk "5 Tips Memilih Multimeter Terbaik Update 2022"