Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengecat Dasar Tembok Tanpa Plamir

Sebagian orang masih meragukan "Apakah bisa cat dasar tembok tanpa plamir" ? Pertanyaan ini menandakan masih ada keraguan dalam diri dan ketidakyakinan seseorang dalam mengambil langkah tersebut. Untuk menjawab keraguan itu semua. Anda perlu simak penjelasan berikut ini.
 

Cara Cat Dasar Tembok Tanpa Plamir

Cat Dasar Tembok Tanpa Plamir

Ada yang beranggapan, sebelum memulai cat tembok yang baru di plaster, terlebih dahulu harus melalui proses plamir. Memang anggapan tersebut benar, apabila plester yang dihasilkan tidak rata/bergelombang dan juga terdapat beberapa retak (bukan retak rambut).

Jadi ketika suatu plasteran memiliki masalah yang sudah disebutkan diatas. Maka bisa mengaplikasikan plamir pada objek tertentu saja. Contoh seperti retak pada dinding plasteran. Retakan tersebut dapat disisip dengan plamir sampai tertutup dengan rata.

Kemudian perhatikan kembali dan pastikan bahwa dinding plasteran sudah tidak terdapat retak dan juga bergelombang. Setelah semua sudah rata, maka anda bisa memulai dengan menggosoknya area yang akan dicat agar permukaan menjadi halus.

Setelah itu, barulah bisa memulai cat dengan menggunakan cat dasar atau yang disebut dengan sealer ini. Jadi intinya tidak perlu untuk melakukan plamir keseluruh area tembok plasteran. Jika sudah rata maka bisa langsung memulai cat tembok dengan memenuhi syarat seperti ulasan dibawah ini.
 

1. Pastikan hasil plester rata

Cara Mengecat Dasar Tembok Tanpa Plamir

Jika anda menggunakan jasa plaster tembok yang ahli pada bidangnya. Tentu hasil akhir dari plester tersebut bisa dikatakan sempurna. Nah, jika hasil plasternya rata pada setiap bidang, anda tidak perlu melakukan plamir. Anda hanya perlu mengikuti langkah selanjutnya, seperti yang ada di bawah ini.
 

2. Tunggu sampai plesteran kering total

Sebelum mengecat dasar tembok. Anda hanya perlu menunggu sampai plesteran benar-benar sudah kering total. Biasanya hal ini memakan waktu paling lama 1 bulan. Namun itu semua tergantung dari intensitas cahaya dan suhu udara di daerah masing-masing.
 

3. Membersihkan permukaan tembok sebelum di cat

Bisakah Mengecat Tembok Tanpa Plamir

Ketika dinding baru akan di cat, terlebih dahulu anda harus membersihkan dan menghaluskan permukaan tembok tersebut. Caranya hanya dengan menggosoknya dengan menggunakan amplas sampai benar-benar permukaan tembok tersebut halus.
 

4. Gunakan cat dasar yang berkualitas

Agar hasilnya maksimal. Anda bisa menggunakan cat dasar atau sealer yang memiliki keunggulan menutup retak rambut pada dinding plasteran. Ada banyak pilihan cat sealer dari berbagai merk ternama yang bisa anda gunakan untuk mengatasi masalah tersebut.

 

Itulah beberapa syarat yang bisa anda lakukan sebelum memutuskan cat dasar tembok tanpa plamir. Setelah cara diatas sudah anda lakukan, maka anda bisa langsung mengecat tembok tersebut dengan cat primer/dasar.

Diartikel sebelumnya Dfixed.com sudah membahas Cara Plamir Tembok Dengan Tepat Dan Mudah. Anda bisa membacanya jika ingin mengaplikasikan plamir sendiri tanpa menggunakan jasa profesional.

Posting Komentar untuk "Cara Mengecat Dasar Tembok Tanpa Plamir"