Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Cat Pelapis Anti Bocor Terbaik Untuk Kolam Ikan

8 Cat Pelapis Anti Bocor Terbaik Untuk Kolam Ikan

Cat Pelapis Anti Bocor Terbaik Untuk Kolam Ikan - Sebelum memutuskan membeli cat pelapis anti bocor untuk kolam ikan. Sebaiknya anda mencari tau terlebih dahulu merk cat mana saja yang bagus untuk digunakan pada kolam ikan yang nantinya akan anda bangun. Nah, untuk itu anda bisa membaca refrensi cat pelapis terbaik disini.
 

Cat Pelapis Anti Bocor Untuk Kolam Ikan

Penggunaan cat lapisan anti bocor memang jarang sekali digunakan dengan alasan hemat biaya. Namun apa jadinya jika kolam ikan yang dibangun tidak dilapisi cat anti bocor yang bagus. Kebanyakan kasus kolam akan mengalami rembes/kebocoran. Untuk itu diperlukan lapisan cat waterproof yang berkualitas untuk kolam ikan.

Dan disini saya akan membahas merk apa saja yang bagus serta nantinya bisa anda pertimbangkan sebelum membelinya. Untuk itu langsung saja kita bahas cat pelapis anti bocor terbaik menurut versi Dfixed.com.
 

1. Cat No Drop 100

Cat Pelapis Anti Bocor no drop 100

Berbeda dengan cat no drop yang biasa. No drop 100 memang dikhususkan sebagai pelapis anti bocor untuk daerah yang sering terkena air atau terendam air. Cat pelapis ini terdiri dari 2 komponen seperti mortar dan liquid. Anda bisa melapiskannya pada dinding kolam dan juga dasar kolam agar tidak bocor.


Jika ingin menggunakan dinding keramik. Sebaiknya lapiskan cat no drop 100 ini sebelum pemasangan keramik, agar kolam nantinya tidak akan mengalami rembes di masa mendatang.
 

2. Cat Aquagard

Cat Pelapis Anti Bocor aquagard

Aquagard salah satu produk andalan dari aquaproof yang dikhususkan sebagai cat pelapis yang tahan terhadap genangan air, salah satunya kolam ikan. Bahan pelapis ini diklaim mampu bertahan hingga 5 tahun atau lebih. Dan juga tahan terhadap cuaca yang panas.
 

3. Flexicoat Waterponding

Cat Pelapis Anti Bocor flexy coat waterproofing

Cat Flekxycoat merupakan cat khusus untuk ikan yang cukup sensitive terhadap kandungan zat dalam air, seperti ikan koi. Cat flexycoat ini juga diklaim anti bocor dan anti rembes, sehingga sangat cocok apabila anda ingin mengisi kolam dengan jenis ikan koi.
 

4. Cat Indeks

Cat Pelapis Anti Bocor indeks

Jika ingin memberi sentuhan warna pada dinding kolam. Anda bisa melapiskan cat indeks ini untuk kolam ikan anda. Cat ini mampu bertahan pada kolam ikan dan sangat flexibel. Cat indeks memiliki keunggulan seperti tahan terhadap alkali, menahan terbentuknya jamur dan lumut, flexibel dan jug tidak mudah luntur.
 

5. Cat kolam Glotex
Cat Pelapis Anti Bocor glotex

Glotex cat kolam adalah cat dengan formula yang dirancang khusus untuk pengecatan kolam renang, kolam ikan, ruang lab/ rumah sakit, bak air ( bukan bak air minum), tangki tangki yang penggunaanya bukan untuk penyimpanan bahan kimia dengan pelarut kuat atau untuk air minum.

Cat ini sifatnya cepat mengering dan juga tersedia dalam pemilihan warna - warna yang menarik. Cocok bagi anda yang ingin menghiasi kolam dengan warna - warna pastel dan cerah.
 

6. Cat Aquatite

Cat Pelapis Anti Bocor aquatite
 
Aquatite adalah lapisan anti bocor dengan sistem membran elastis berbahan dasar Acrylic. Cat Aquatite mempunyai daya tahan yang prima terhadap tekanan air dan penetrasi bahan kimia, serta pelindung yang baik dari berbagai jenis jamur dan lumut. Aquatite adalah produk ramah lingkungan, yang cocok digunakan baik di dalam maupun di luar ruangan serta aplikasi di dalam air pada ketebalan tertentu.
 

7. Cat Lemkra Hybrid Waterlock

Cat Lemkra Hybrid Waterlock
 Lemkra Waterlock Hybrid Waterproofing Coating merupakan cat waterproofing yang dapat digunakan pada kolam renang maupun kolam ikan. Cat pelapis anti bocor untuk kolam ikan ini mampu mengatasi segala macam kebocoran dengan waterlock teknologi hybrid steryne Acrilic+ Polyurethane. Lemkra hybrid waterlock memiliki daya tahan lebih lama hingga 10 tahun.

Sangat cocok bagi anda yang ingin mencari cat pelapis kolam ikan terbaik untuk jangka waktu yang panjang. Walaupun harus mengeluarkan kocek yang sedikit lebih mahal.

8. Cat Propan Ultralastic UL-920

Cat Propan Ultralastic UL-920
 
ULTRALASTIC UL-920 adalah semen mortar waterproofing dari bahan resin cementitious 2 komponen, yang dapat digunakan untuk melindungi struktur bangunan dari rembesan air, terutama area yang tergenang air terus-menerus. ULTRALASTIC UL-920 juga merupakan produk yang tidak beracun dan ramah lingkungan.
 
Cat ini bisa menjadi pilihan terakhir anda untuk membangun sebuah kolam ikan yang anti terhadap bocor.

 
Nah, setelah mengetahui beberapa merk cat pelapis anti bocor untuk kolam ikan. Sekarang saya akan memberikan sedikit tips sebelum memasukan ikan ke dalam kolam yang baru saja di cat, agar zat kimia pada kolam baru dapat di sterilkan.
 

 

Tips Cepat Mensterilkan Kolam Ikan Yang Baru Saja Di Cat

Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mensterilkan kolam ikan dari racun yang berbahaya bagi ikan. Berikut caranya :
 
1. Menggunakan pupuk nonorganik
Untuk mempercepat proses mensterilkan racun pada kolam. Anda bisa menggunakan pupuk nonorganik seperti pupuk NPK, pupuk urea dan pupuk TSP. Caranya yaitu taburkan pupuk tersebut ke dalam kolam secukupnya. 
 
Kemudian diamkan pupuk selama beberapa hari hingga tumbuh lumut. Setelah lumut telah tumbuh, maka bersihkan kolam menggunakan air, lalu kuras kembali. Lakukan sebanyak 2 – 3 kali dan kolam ikan siap digunakan.
 
2. Menggunakan larutan Ranica MSG 3
Cara menggunakan larutan ranica MSG 3 yaitu, isi kolam ikan dengan air bersih sampai penuh. Kemudian siapkan 500 ml RANICA MSG 3 ditambahkan dengan 50 liter air bersih (untuk kolam berukuran 3x4x1). Kemudian aduk larutan RANICA tadi sampai merata. Setelah larutan tercampur rata, tebarkan larutan ke seluruh bagian kolam. Dan tunggu hingga 1 minggu.
 
Setelah 1 minggu apabila terdapat buih-buih putih pada air kolam ikan tersebut, maka itu pertanda jika bakteri baik hidup dalam kolam ikan. Kemudian ganti air kolam ikan dengan air yang baru. Dan kolam ikan siap digunakan.
 
3. Menggunakan probiotik BlueGreen Biotech
Untuk mensterilkan efek bau dan racun kolam semen yang baru jadi anda bisa menggunakan probiotik BlueGreen Biotech ini. Untuk cara pengunaannya anda perlu kondisikan air di kolam selama 1 minggu dengan tata cara yang sudah diajarkan di panduan dalam paket yang anda terima.
 
Setelah itu buang air setelah seminggu, lalu dinding dan dasar kolam semen beton sudah siap dipakai.
 
4. Menunggu sampai kolam terdapat lumut
Dari pengalaman beberapa orang yang memiliki kolam ikan. Mereka biasanya melakukan car sederhana yang tentunya dapat menetralisirkan kolam dari racun berbahaya. Caranya ialah dengan mengisi kolam dengan air lalu membuat filter kolam sampai lumut tumbuh pada dinding kolam. 
 
Setelah kolam sudah berlumut, maka kuras dan ganti dengan air yang baru. Setelah itu berikan larutan garam ikan dan kolam siap dimasukan ikan hias.

 
Itulah beberapa tips sederhana dari saya, semoga dapat bermanfaat bagi anda yang sedang membuat kolam ikan hias sebagai hewan peliharaan nya. Namun perlu di ingat, jangan langsung memasukan ikan pada kolam baru yang belum saja disterilkan. Karena hal ini dapat membuat ikan ikan yang anda pelihara dapat mati keracunan.

Posting Komentar untuk "8 Cat Pelapis Anti Bocor Terbaik Untuk Kolam Ikan"