Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Memilih Cat Rumah Dari Sudut Pandang Yang Berbeda


Pada kesempatan ini, Dfixed.com akan memberikan beberapa tips memilih cat rumah dari sudut pandang yang berbeda. Memiliki hunian dengan warna yang indah merupakan sebuah impian semua orang.

Tidak semua orang memiliki impian tersebut. Jadi bersyukurlah kita jika sudah memiliki rumah walaupun hanya sepetak saja. Sekecil apapun rumah akan terlihat indah apabila dilapisi oleh pemilihan warna cat yang tepat.

Untuk itu, saya akan memberikan beberapa tips pemilihan cat rumah dari sudut pandang yang berbeda - beda. Simak ulasan berikut ini sampai selesai agar anda dapat memahaminya.

 

Tips Memilih Cat Rumah Untuk Bagian Luar/Eksterior

Tips Memilih Cat Rumah Dari Sudut Pandang Yang Berbeda

Pembahasan pertama kita adalah memilih cat rumah untuk diaplikasikan pada dinding luar/eksterior. Mengecat bagian luar rumah dibutuhkan cat khusus yang mampu menahan segala cuaca. Karena itu pemilihan cat yang tepat akan memberikan hasil yang memuaskan dan tentunya tahan lama.

Ada hal - hal yang harus diperhatikan saat memilih cat untuk ekstrior rumah, seperti berikut ini ...


Memilih Cat yang Tahan Terhadap Segala Cuaca

Karena untuk diaplikasikan pada luar rumah. Maka anda harus memilih cat eksterior yang tahan terhadap cuaca panas dan air hujan. Anda bisa juga menggunakan cat waterproof agar dinding luar tidak mengalami rembes yang dapat mengakibatkan masuknya air dari luar ke dalam.

Dengan pemilihan yang tepat, maka anda sudah termasuk melindungi dinding luar dari serangan jamur.
 

Pemilihan Warna Cat


Warna cat yang cerah dan anti pudar sangat cocok untuk diaplikasikan pada dinding eksterior rumah. Selain itu warna - warna tua juga sangat bagus karena dibantu dengan pencahayaan yang cukup. Sehingga warna tersebut dapat memancarkan warna yang sangat kontras nantinya.

Untuk warna eksterior biasanya banyak orang yang menggunakan warna seperti abu - abu, hijau, putih, cream, cokelat dan kombinasi warna lainnya.
 

Pilih Sesuai Dengan Karakter Anda

Kenapa saya bilang harus memilih sesuai karakter anda ? Karena warna dapat mengubah suasana mood seseorang. Apabila anda salah dalam memilih warna untuk hunian, maka hal ini dapat mengubah mood anda. Coba saja anda banyangkan apabila rumah anda dipenuhi dengan warna yang tidak anda suka.

Pasti anda akan segera menggantinya dengan warna terfavorit yang akan mengubah mood anda kembali. Maka dari itu pilihlah warna rumah sesuai dengan karakter diri anda dan juga pasangan anda.
Selain itu, anda juga harus mengetahui jenis dari cat eksterior tersebut. Sebab cat eksterior ini dibagi dalam 2 jenis, yaitu cat berbahan dasar minyak dan berbahan dasar air.


Cat Eksterior Berbahan Dasar Minyak

Pada umumnya cat minyak ini digunakan untuk keperluan mengecat sebuah objek yang terbuat dari kayu dan besi. Penggunaan pada rumah bisa diaplikasikan pada pintu, jendela, pagar, dan juga jerjak pada jendela.

Cat minyak memiliki hasil yang sangat mengkilap dan juga tahan terhadap air maupun cuaca panas. Adapun kelebihan lainnya ialah dapat dengan mudah dibersihkan apabila terdapat kotoran yang menempel.

Menggunakan cat minyak sangatlah berbeda dengan cat berbahan dasar air. Karena cat minyak diperlukan bahan kimia seperti thinner sebagai campurannya. Selain itu cat ini juga memiliki harga yang cukup mahal dibanding yang berbahan dasar air.
 

Cat Eksterior Berbahan Dasar Air

Untuk jenis cat eksterior yang berbahan dasar air tentu harganya relatif murah jika di bandingkan dengan yang berbahan dasar minyak. Cat dengan bahan dasar air memiliki kelebihan daya lengket yang kuat terhadap dinding. Namun warna yang dihasilkan umumnya tidak begitu mengkilap.

Cat ini banyak digunakan karenakan sangat mudah diaplikasikan dan banyak pilihan warna yang menarik. Cat ini hanya perlu menggunakan air sebagai bahan pencampurannya dan bisa langsung diaplikasikan pada dinding.

Namun sebelum mengecat sebuah dinding, sebaiknya diberi lapisan cat dasar terlebih dahulu. Agar nantinya hasil yang didapat akan memuaskan dan warna pun semakin mendekati aslinya.

Dengan memiliki sudut pandang tersebut. Maka akan mempermudah anda dalam memilih sebuah cat eksterior rumah yang nantinya akan digunakan.

 

 

Tips Memilih Cat Interior Rumah

Pemilihan cat untuk interior rumah tentu tidak jauh berbeda dengan cara memilih cat eksterior. Hanya saja dalam pemilihan warna serta kualitas catnya harus lebih diperhatikan. Sebab bagian dalam rumah tentu akan menggunakan warna lebih dari satu.
 

Memilih Cat Berkualitas Dan Awet

Untuk bagian dalam, anda harus memilih cat dengan kualitas yang bagus dan tentunya awet. Ada banyak merk cat ternama dengan harga yang terjangkau yang bisa anda beli. Rata - rata produk cat yang ditawarkan memiliki ketahanan minimal 5 tahun atau lebih.
 

Memilih Warna Interior Rumah

Pemilihan warna untuk bagian dalam terbilang sangat sensitif. Mengapa ? Karena bagian dalam rumah memiliki ruangan - ruangan yang memang harus disesuaikan dengan warna - warna yang indah. Contohnya ruang tamu, keluarga, kamar tidur, dapur dan juga kamar mandi.

Tentunya setiap ruangan memiliki warna yang berbeda - beda agar terlihat tidak membosankan. Disinilah tentu anda membutuhkan sebuah inspirasi warna agar dapat membantu membuka jalan pikiran.


Hal yang Harus Dihindari Dalam Memilih Cat Rumah

Ada beberapa hal yang harus anda hindari dalam memilih sebuah cat rumah. Pertama, jangan memilih cat yang murahan. Karena biasanya cat yang harganya sangat murah memiliki kualitas yang biasa dan bahkan cepat pudar.

Kedua, cat murah tentu sering mengapur. Apabila disentuh, maka cat akan meninggalkan bekas seperti kapur pada tangan kita.

Ketiga, akan membuat anda semakin boros nantinya. Sebab anda akan sering melakukan pergantian cat dalam waktu yang singkat. Hal ini dapat membuat boros pengeluaran anda hanya untuk sebuah cat saja.

Keempat, penampilan rumah anda terkesan biasa saja. Tidak memiliki kesan yang mewah. Sebab warna catnya juga tidak begitu mencolok dan pilihan warnanya juga sangat terbatas.

Kelima, cat murah mau berjamur apabila sering menghadapi cuaca yang lembab. Hal ini dapat membuat rumah anda terlihat seperti tidak berpenghuni.

Setelah membaca tips memilih cat rumah diatas. Tentu pastinya anda sudah dapat memahami bagaimana cara pemilihan cat dengan berbagai sudut pandang yang berbeda. Selektiflah dalam memilih agar kedepannya anda tidak kecewa dengan pilihan anda sendiri.

Posting Komentar untuk "Tips Memilih Cat Rumah Dari Sudut Pandang Yang Berbeda"