Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3+ Cara Memperbaiki Tembok yang Keropos Terbukti Berhasil

Dfixed.com - 3+ Cara Memperbaiki Tembok yang Keropos Terbukti Berhasil. Tahukah kamu bahwa plesteran dinding yang tidak bagus tentulah akan mengakibatkan dinding tembok akan menjadi keropos atau kopong. Keropos yang dimaksud adalah saat dinding atau tembok di ketuk, maka akan mengeluarkan bunyi gaung. Akan saya jelaskan secara detail mengenai cara menambal tembok yang rontok serta penyebabnya tembok yang telah rusak.

3-cara-memperbaiki-tembok-yang-keropos-terbukti-berhasil

Hal ini bisa terjadi karena struktur tembok yang memang tidak sempurna. Pada kondisi tembok seperti ini maka akan membuat tembok menjadi mudah runtuh. Yang menjadi masalah bahkan kerap sekali menjengkelkan yaitu pada saat kita hendak menggantung sesuatu seperti foto dengan menggunakan paku, maka bisa dipastikan jika paku tersebut tidak bisa terpasang dengan sempurna. Lalu apakah ada cara memperbaiki tembok yang keropos? Berikut penjelasannya.


Cara Menutupi Dinding Yang Rusak Dengan Mudah

Tahukah kamu bahwa rumah bukan sekadar bangunan, melainkan tempat manusia tinggal dan melangsungkan kehidupannya. Itulah mengapa, sebuah rumah memang sudah seharusnya kuat, tahan lama dan aman. Untuk cara menutupi tembok yang rusak silahkan ikuti langkah dibawah ini. 

Saat membangun sebuah rumah, maka kita juga harus memperhatikan material terbaik seperti semen.  Semen adalah salah satu komponen yang paling dominan serta yang nantinya akan menentukan kekuatan dan kualitas sebuah bangunan. Silahkan simak cara menutupi dinding yang rusak dengan detail :

1. Buat adonan semen

Cara memperbaiki tembok yang keropos yang pertama adalah dengan cara ini. sederhana saja yaitu, jika nanti seluruh plesteran yang keropos dikupas dan dibersihkan sampai tuntas, maka yang perlu dilakukan yaitu dengan membuat adonan. 

Jangan lupa jika semen di sini haruslah yang berkualitas baik. Caranya bisa sesuai dengan petunjuk yang ada pada kemasan semen. Lalu kemudian tambahkan air sedikit untuk mengencerkan adonan tadi. Aduklah perlahan supaya nanti adonan bisa tercampur rata.

2. Plester Ulang dan Haluskan Plester 

Cara memperbaiki tembok yang keropos selanjutnya yaitu, gunakan adonan semen tadi untuk memplester kembali dinding yang rontok dan sudah Anda bersihkan tadi. Pada tahap ini, diperlukan keterampilan yang oke supaya nanti hasil plesteran terlihat rata dan rapi. 

Jika misalnya lapisan plesteran sudah mengering, maka Anda bisa menghaluskannya densgan menggunakan adonan acian dari semen. Karena ini berada di lapisan paling luar, maka acian yang terbentuk harus benar-benar rapi.

3. Cat ulang

Terakhir cara memperbaiki tembok yang keropos yaitu Anda dapat mengecat lapisan plester baru itu dengan warna yang sesuai permukaan dinding lainnya. Catlah hati-hati supaya lebih maksimal dan tidak belang-belang.


Alternatif Lain Cara Menutupi Tembok Yang Rusak

Apabila rumah mengalami kerusakan seperti keropos misalnya, tentunya ini akan mengurangi kenyamanan seluruh anggota keluarga di rumah, bahkan dapat membuat penghuni rumah menjadi tidak betah. Pertanyaannya adalah jika tembok rumah kita keropos, adakah cara menutupi tembok yang rusak dengan cepat dan gampang? Sima dibawah ini :

1. Membobok Tembok Dinding 

Dinding yang keropos silakan di bobok dahulu sampai semua bidang yang rapuh itu terbuka semua. Disini Anda bisa memakai alat palu atau pahat. Silakan lakukan cara ini dengan hati-hati jangan sampai nanti mengenai ya tembok yang masih baik.

Jika sudah, silakan bersihkan bekas bobokan itu dengan memakai kuas supaya debu yang masih menempel pada tembok bisa bersih semua, supaya nanti plesteran yang diaplikasikan pada tembok tidak menempel dengan kuat.

2. Aplikasi Semen Instan Mortar Utama

Cara memperbaiki tembok yang keropos selanjutnya yaitu membuat adonan semen instan dengan cara menambahkan air dan semen instan. Akan tetapi sebelum menempelkan aplikasi ini, ada baiknya tembok disiram dahulu dengan air sampai semua bidang yang akan diplester basah semua. Hal ini bertujuan supaya semen menempel dengan kuat. Kemudian oleskan adukan semen ke bidang tembok yang rusak.

Dalam hal ini pakailah alat jidar untuk meluruskan permukaan adukan semen pada dinding. Nantinya plesteran adukan semen yang berlebih akan ikut secara otomatis terbawa oleh jidar. Kemudian ratakan adukan yang sudah rata dengan flat trowel untuk menghaluskan permukaan plesteran. Jika misalnya plesteran sudah halus dan agak mulai kering, silakan beri acian di permukaan plesteran sebelum tembok siap di cat lagi.


Apa Saja Penyebab Tembok Keropos Atau Rusak?

Apakah saat ini tembok rumah Anda keropos setelah melakukan pengecoran? Hal ini memang cukup mengkhawatirkan dan bisa disebabkan oleh beberapa hal. Itulah mengapa, kita perlu menyelidiki apa yang menjadi penyebabnya dan bagaimana upaya yang tepat. Dan itu bisa saja terjadi karena:

1. Adanya Bekisting yang Kotor

Hal pertama yang bisa saja menyebabkan permukaan beton keropos yaitu terjadi karena memakai bekisting untuk kedua, ketiga bahkan sampai kesekian kalinya, sehingga terjadi masalah dimana masih tersisa beton lama yang menempel di bagian bekisting, yang mana tidak dibersihkan dahulu. 

Kurangnya Air Sehingga Permukaan Beton Cepat Keropos

Kurangnya air ketika mengaduk semen pun nyatanya bisa menjadi penyebab permukaan beton menjadi keropos yang menyebabkan agregat tidak tercampur dengan sempurna yang mana akan mengakibatkan beton menjadi mudah keropos. 

2. Campuran Semen yang Tidak Merata

Kurangnya bahan perekat pun nyatanya bisa menyebabkan permukaan dinding beton menjadi mudah keropos sehingga material seperti pasir atau kerikil tidak bisa dengan sempurna melekat. Selain itu pun juga karena kurangnya semen sehingga masalah keropos ini bisa terjadi pada bagian yang tidak tercampur dengan maksimal.

3. Proses Pemadatan Tidak Sempurna

Beton yang keropos pun nyatanya bisa terjadi karena kesalahan pada saat proses pengecoran, dimana ada bagian yang masih kosong yang tidak terisi oleh hasil adukan semen. Hal ini bisa terjadi karena memang ada beban tambahan di atas batas perencanaan, atau bisa juga karena struktur yang dibuat tidak sesuai dengan persyaratan kekuatan bangunan yang dibutuhkan.


Penutup

Jika saat ini tembok rumah Anda ada yang keropos maka bisa langsung menggunakan cara yang sudah dijelaskan di atas. Semoga setelah mengikuti sedikit arahan diatas bisa memberikan manfaat bagi kita semua. Selamat mencoba yaa.


Posting Komentar untuk "3+ Cara Memperbaiki Tembok yang Keropos Terbukti Berhasil"